Pelaksanaan Program Pembelajaran Minggu Kedua, Materi KPK & FPB untuk Siswa Kelas 4 serta Konversi Satuan (Waktu, Panjang, Volume) dan Debit untuk Siswa Kelas 5

Minggu kedua, penulis melanjutkan kegiatan KKNbD yang dilaksanakan secara semi daring dengan memberikan materi lanjutan kepada masyarakat sasaran. Pada minggu tersebut penulis memutuskan untuk lebih menentukan jadwal pelaksanaan pembelajaran menjadi Jumat, 16 Juli 2021 dan Sabtu, 17 Juli 2021. Jadwal pelaksanaan tersebut sebelumnya telah dikonfirmasi terlebih dahulu pada masyarakat sasaran pada pembelajaran di minggu sebelumnya. Hal ini diancangkan oleh penulis karena menyesuaikan dengan permintaan beberapa orang tua masyarakat sasaran dan jadwal kegiatan lain yang diikuti oleh masyarakat sasaran.

Sebelum itu, penulis kembali menghubungi masyarakat sasaran untuk mengingatkan jadwal kegiatan pembelajaran selanjutnya yang telah disepakati melalui WhatsApp Group pada Kamis, 15 Juli 2021. Pada hari yang sama penulis juga melakukan persiapan tempat kegiatan, yaitu melakukan pembersihan dan memeriksa kelengkapan alat tulis dan protokol kesehatan. Hal ini dilakukan penulis karena pada pagi harinya Rumah Pembelajaran Smile Education Bebetin tersebut sempat digunakan sebagai tempat pertemuan oleh masyarakat sekitar.

Pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka hari pertama pada minggu kedua dilakukan pada Jumat, 16 Juli 2021. Dalam hal ini penulis melakukan program pembelajaran bersama beberapa mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang tengah melaksanakan program Centre of Excellence (CoE) bagian Proyek Kemanusiaan yang juga melaksanakan program pelatihan membaca, menulis, dan menghitung (Calistung) bagi siswa kelas 1, 2, dan 3. Kegiatan pembelajaran diikuti oleh 6 orang masyarakat sasaran penulis (3 siswa kelas 4 dan 3 orang kelas 5), serta 7 orang lainnya dari kelas 1, 2 dan 3 yang merupakan masyarakat sasaran program Calistung Centre of Excellence (CoE) Proyek Kemanusiaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika tersebut. Alur kegiatan pembelajaran yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan tahapan pembelajaran yang diterapkan pada minggu sebelumnya yaitu antara lain adalah sebagai berikut:

1.      Penerapan protokol kesehatan (mencuci tangan, pemakaian hand sanitizer, dan pemberian masker bagi yang belum memakai masker atau masih menggunakan masker kurang layak pakai)

2.      Pendahuluan yang diisi dengan bernyanyi bersama

3.      Berdoa bersama

4.      Pembahasan materi pembelajaran

5.      Penyampaian-penyampaian

6.      Bernyanyi bersama

7.      Doa bersama sebelum pulang

8.      Dokumentasi kegiatan

9.      Selesai

Materi yang dibahas pada saat pertemuan tersebut adalah mengenai kelipatan bilangan, menentukan KPK dengan kelipatan bilangan, dan menentukan KPK dengan faktorisasi prima bagi siswa kelas 4 serta konversi satuan panjang, konversi satuan waktu, dan menentukan kecepatan suatu benda bagi siswa kelas 5.

            Kemudian pelaksanaan pembelajaran siswa pada hari kedua minggu kedua dilaksanakan pada Sabtu, 17 Juli 2021. Dalam hal ini penulis kembali melakukan program pembelajaran bersama mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang tengah melaksanakan program Centre of Excellence (CoE) Proyek Kemanusiaan dengan masyarakat sasaran yang sama dengan penulis. Kegiatan pembelajaran pada hari tersebut diikuti oleh 7 orang masyarakat sasaran penulis (4 siswa kelas 4 dan 3 siswa kelas 5) serta ditambah dengan 2 orang siswa kelas 3 SD yang juga ingin bergabung dalam kegiatan. Adapun alur atau urutan kegiatan yang dilakukan pada hari tersebut sama seperti hari sebelumnya hanya saja terdapat perbedaan pada sesi pembelajaran siswa, dimana setelah pembelajaran matematika oleh penulis selesai siswa disilakan untuk beristirahat selama 15 menit dan dilanjutkan dengan pembelajaran Bahasa Inggris selama 1 jam. Sedangkan materi materi pembelajaran yang dibahas bersama penulis yaitu mengenai faktor bilangan, menentukan FPB dengan faktor bilangan, menentukan FPB dengan faktorisasi prima, dan penerapan KPK dan FPB bagi siswa kelas 4 serta konversi satuan volume dan menentukan debit suatu benda bagi siswa kelas 5. Baik pada hari pertama maupun kedua pada minggu kedua diikuti dengan antusias oleh siswa dan didukung oleh orang tua masyarakat sasaran.

Perkembangan yang dialami oleh masyarakat sasaran cukup signifikan, dimana pada minggu sebelumnya sebagian besar masyarakat mengaku bahwa telah mengerti dengan materi pecahan yang diberikan. Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya masyarakat sasaran dalam menjawab beberapa soal tambahan yang diberikan oleh penulis sebagai pekerjaan rumah mereka pada minggu sebelumnya. Sedangkan pada minggu kedua ini masyarakat sasaran mampu memahami materi dengan cukup baik seperti mampu menentukan kelipatan dan faktor bilangan serta mencari KPK dan FPB dari 2 atau 3 bilangan dengan faktorisasi prima bagi siswa kelas 4, mampu mengonversi satuan waktu dan panjang serta menghitung debit suatu benda bagis siswa kelas 5, walaupun masih perlu beberapa arahan dan pendampingan dari penulis.

Namun selain perkembangan terdapat juga beberapa kendala siswa pada saat pembelajaran minggu kedua. Di antaranya adalah beberapa siswa masih kebingungan dalam mengidentifikasi permasalahan KPK atau FPB dalam soal cerita bagi siswa kelas 4, serta beberapa siswa masih kesulitan dalam mengonversi satuan volume dan menghitung debit benda yang melibatkan konversi satuan volume.

 

Untuk Dokumentasi Kegiatan Minggu 2 Pembelajaran KKNbD di Smile Education Bebetin (Pecahan dan Pecahan Lanjut) dapat diakses pada link berikut :

https://youtu.be/XWx8pVRsWgQ


Tentang Penulis