Pelaksanaan Program Pembelajaran Minggu Kedua, Materi KPK & FPB untuk Siswa Kelas 4 serta Konversi Satuan (Waktu, Panjang, Volume) dan Debit untuk Siswa Kelas 5
- Oleh I Putu Saka Yudipastrawan
- Monday 02/08/2021
- Kelompok 255, Kelompok, Kelompok
Minggu
kedua, penulis melanjutkan kegiatan KKNbD yang dilaksanakan secara semi daring
dengan memberikan materi lanjutan kepada masyarakat sasaran. Pada minggu
tersebut penulis memutuskan untuk lebih menentukan jadwal pelaksanaan
pembelajaran menjadi Jumat, 16 Juli 2021 dan Sabtu, 17 Juli 2021. Jadwal
pelaksanaan tersebut sebelumnya telah dikonfirmasi terlebih dahulu pada
masyarakat sasaran pada pembelajaran di minggu sebelumnya. Hal ini diancangkan
oleh penulis karena menyesuaikan dengan permintaan beberapa orang tua
masyarakat sasaran dan jadwal kegiatan lain yang diikuti oleh masyarakat
sasaran.
Sebelum
itu, penulis kembali menghubungi masyarakat sasaran untuk mengingatkan jadwal
kegiatan pembelajaran selanjutnya yang telah disepakati melalui WhatsApp Group pada Kamis, 15 Juli 2021.
Pada hari yang sama penulis juga melakukan persiapan tempat kegiatan, yaitu
melakukan pembersihan dan memeriksa kelengkapan alat tulis dan protokol
kesehatan. Hal ini dilakukan penulis karena pada pagi harinya Rumah
Pembelajaran Smile Education Bebetin tersebut sempat digunakan sebagai tempat
pertemuan oleh masyarakat sekitar.
Pelaksanaan
pembelajaran secara tatap muka hari pertama pada minggu kedua dilakukan pada Jumat,
16 Juli 2021. Dalam hal ini penulis melakukan program pembelajaran bersama
beberapa mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang tengah melaksanakan
program Centre of Excellence (CoE)
bagian Proyek Kemanusiaan yang juga melaksanakan program pelatihan membaca,
menulis, dan menghitung (Calistung) bagi siswa kelas 1, 2, dan 3. Kegiatan
pembelajaran diikuti oleh 6 orang masyarakat sasaran penulis (3 siswa kelas 4
dan 3 orang kelas 5), serta 7 orang lainnya dari kelas 1, 2 dan 3 yang merupakan
masyarakat sasaran program Calistung Centre
of Excellence (CoE) Proyek Kemanusiaan mahasiswa Program Studi Pendidikan
Matematika tersebut. Alur kegiatan pembelajaran yang dilakukan tidak jauh
berbeda dengan tahapan pembelajaran yang diterapkan pada minggu sebelumnya
yaitu antara lain adalah sebagai berikut:
1. Penerapan
protokol kesehatan (mencuci tangan, pemakaian hand sanitizer, dan pemberian
masker bagi yang belum memakai masker atau masih menggunakan masker kurang
layak pakai)
2. Pendahuluan
yang diisi dengan bernyanyi bersama
3. Berdoa
bersama
4. Pembahasan
materi pembelajaran
5. Penyampaian-penyampaian
6. Bernyanyi
bersama
7. Doa
bersama sebelum pulang
8. Dokumentasi
kegiatan
9. Selesai
Materi yang dibahas
pada saat pertemuan tersebut adalah mengenai kelipatan bilangan, menentukan KPK
dengan kelipatan bilangan, dan menentukan KPK dengan faktorisasi prima bagi
siswa kelas 4 serta konversi satuan panjang, konversi satuan waktu, dan
menentukan kecepatan suatu benda bagi siswa kelas 5.
Kemudian pelaksanaan pembelajaran siswa pada hari kedua
minggu kedua dilaksanakan pada Sabtu, 17 Juli 2021. Dalam hal ini penulis kembali
melakukan program pembelajaran bersama mahasiswa Program Studi Pendidikan
Matematika yang tengah melaksanakan program Centre
of Excellence (CoE) Proyek Kemanusiaan dengan masyarakat sasaran yang sama
dengan penulis. Kegiatan pembelajaran pada hari tersebut diikuti oleh 7 orang
masyarakat sasaran penulis (4 siswa kelas 4 dan 3 siswa kelas 5) serta ditambah
dengan 2 orang siswa kelas 3 SD yang juga ingin bergabung dalam kegiatan.
Adapun alur atau urutan kegiatan yang dilakukan pada hari tersebut sama seperti
hari sebelumnya hanya saja terdapat perbedaan pada sesi pembelajaran siswa,
dimana setelah pembelajaran matematika oleh penulis selesai siswa disilakan
untuk beristirahat selama 15 menit dan dilanjutkan dengan pembelajaran Bahasa
Inggris selama 1 jam. Sedangkan materi materi pembelajaran yang dibahas bersama
penulis yaitu mengenai faktor bilangan, menentukan FPB dengan faktor bilangan,
menentukan FPB dengan faktorisasi prima, dan penerapan KPK dan FPB bagi siswa
kelas 4 serta konversi satuan volume dan menentukan debit suatu benda bagi
siswa kelas 5. Baik pada hari pertama maupun kedua pada minggu kedua diikuti
dengan antusias oleh siswa dan didukung oleh orang tua masyarakat sasaran.
Perkembangan
yang dialami oleh masyarakat sasaran cukup signifikan, dimana pada minggu
sebelumnya sebagian besar masyarakat mengaku bahwa telah mengerti dengan materi
pecahan yang diberikan. Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya masyarakat
sasaran dalam menjawab beberapa soal tambahan yang diberikan oleh penulis
sebagai pekerjaan rumah mereka pada minggu sebelumnya. Sedangkan pada minggu
kedua ini masyarakat sasaran mampu memahami materi dengan cukup baik seperti
mampu menentukan kelipatan dan faktor bilangan serta mencari KPK dan FPB dari 2
atau 3 bilangan dengan faktorisasi prima bagi siswa kelas 4, mampu mengonversi
satuan waktu dan panjang serta menghitung debit suatu benda bagis siswa kelas
5, walaupun masih perlu beberapa arahan dan pendampingan dari penulis.
Namun
selain perkembangan terdapat juga beberapa kendala siswa pada saat pembelajaran
minggu kedua. Di antaranya adalah beberapa siswa masih kebingungan dalam mengidentifikasi
permasalahan KPK atau FPB dalam soal cerita bagi siswa kelas 4, serta beberapa
siswa masih kesulitan dalam mengonversi satuan volume dan menghitung debit
benda yang melibatkan konversi satuan volume.
Untuk Dokumentasi Kegiatan Minggu 2 Pembelajaran KKNbD di Smile Education Bebetin (Pecahan dan Pecahan Lanjut) dapat diakses pada link berikut :