Pelaksanaan Program Pembelajaran Minggu Keempat, Mengukur dan Menggambar Sudut untuk Siswa Kelas 4 serta Materi Perbandingan dan Skala untuk Siswa Kelas 5
- Oleh I Putu Saka Yudipastrawan
- Tuesday 03/08/2021
- Kelompok 255, Kelompok, Kelompok
Pada
minggu keempat, penulis kembali melanjutkan kegiatan KKNbD yang diancangkan
berlangsung secara semi daring melalui program pembelajaran matematika untuk
siswa kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar di Desa Bebetin. Pelaksanaan pembelajaran
kali ini berlangsung pada Selasa, 27 Juli 2021 dan Rabu, 28 Juli 2021 dengan
tempat pelaksanaan yang digunakan sama seperti pada minggu-minggu sebelumnya yakni
di Rumah Pembelajaran Smile Education Bebetin, Dusun Manuksesa, Desa Bebetin,
Kec. Sawan, Kab. Buleleng, Bali. Seperti biasa sehari sebelum pelaksanaan
program pembelajaran penulis mengingatkan kembali melalui WhatsApp Group KKNbD Desa Bebetin bahwa pada tanggal yang telah
ditentukan akan dilaksanakan kembali program pembelajaran secara tatap muka.
Selasa,
27 Juli 2021 penulis kembali melakukan program pembelajaran bersama mahasiswa
Program Studi Pendidikan Matematika yang tengah melaksanakan program Centre of Excellence (CoE) bagian Proyek
Kemanusiaan yang juga melaksanakan program pembelajaran Bahasa Inggris bagi
siswa kelas 3, 4, dan 5. Kegiatan pembelajaran pada hari pertama ini diikuti
oleh 6 orang masyarakat sasaran penulis (3 siswa kelas 4 dan 3 orang kelas 5),
serta 3 orang lainnya dari kelas 3 SD. Beberapa dari mereka mengonfirmasi bahwa
siswa yang tidak hadir tersebut 1 orang yang sedang pergi ke luar desa karena
acara keluarga dan 1 orang lagi diketahui mengaku sedang kurang enak badan. Adapun
urutan kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Penerapan
protokol kesehatan (mencuci tangan, penggunaan hand sanitizer dan pemberian masker bagi yang tidak menggunakan
2. Pendahuluan
yang diisi dengan bernyanyi bersama
3. Berdoa
bersama
4. Pembahasan
materi pembelajaran
5. Penyampaian-penyampaian
6. Bermain
games
7. Doa
bersama sebelum pulang
8. Selesai
Materi yang dibahas
pada saat pertemuan tersebut adalah mengenai cara mengukur dan menggambar sudut
dengan satuan baku (derajat) menggunakan busur derajat bagi siswa kelas 4,
serta pendahuluan perbandingan dan skala bagi siswa kelas 5.
Kemudian Rabu, 28 Juli 2021, penulis kembali melakukan
program pembelajaran secara tatap muka, namun kali ini penulis melakukan
kegiatan pembelajaran secara mandiri bersama masyarakat sasaran. Kegiatan
pembelajaran pada hari kedua ini diikuti oleh 7 orang masyarakat sasaran
penulis (3 siswa kelas 4 dan 4 orang kelas 5) dengan urutan kegiatan yang
dilalui sama seperti hari sebelumnya. Materi pembelajaran yang dibahas bersama
penulis yaitu mengenai pengukuran besar sudut bangun datar dan menggambar
bangun datar sesuai besar sudut yang diberikan bagi siswa kelas 4 serta
menentukan keliling dan luas bangun datar dengan skala dan penerapan
perbandingan dan skala di kehidupan sehari-hari bagi siswa kelas 5.
Perkembangan
yang dialami oleh masyarakat sasaran pada minggu keempat dapat dikategorikan
sangat memuaskan untuk siswa kelas 4 dan cukup signifikan untuk siswa kelas 5.
Masyarakat sasaran kelas 4 SD telah fasih dalam menggunakan busur derajat,
menggambar serta mengukur sudut dari suatu suatu bangun tertentu. Kemudian
untuk masyarakat sasaran kelas 5 SD secara umum telah mampu menentukan salah
satu antara jarak sebenarnya, jarak pada peta atau gambar, ataupun skala ketika
diketahui dua hal yang lainnya. Untuk siswa kelas 4 tidak memiliki kendala,
namun untuk siswa kelas 5 memiliki beberapa kendala dimana masih kurang fasih
dalam menentukan mengidentifikasi permasalahan skala dalam soal cerita yang
memerlukan konversi panjang terlebih dahulu, sehingga masih perlu bimbingan
lebih lanjut. Namun secara umum baik kelas 4 maupun kelas 5 dapat dikatakan
berkembang dengan sangat baik.
Untuk Dokumentasi
Kegiatan Minggu 4 Pembelajaran KKNbD di
Smile Education Bebetin (Sudut dan Perbandingan & Skala) dapat diakses pada
link berikut :