Pelaksanaan Program Pembelajaran Minggu Kelima, Evaluasi Pembelajaran dan Pemberian Reward
- Oleh I Putu Saka Yudipastrawan
- Tuesday 03/08/2021
- Kelompok 255, Kelompok, Kelompok
Kegiatan
KKNbD dengan program pembelajaran matematika secara langsung pada minggu kelima,
penulis melakukan evaluasi pembelajaran kepada masyarakat sasaran. Program
evaluasi ini dilakukan oleh penulis untuk mengetahui dan mengukur tingkat
efektivitas dan pengaruh kegiatan program pembelajaran yang dilakukan oleh
masyarakat sasaran bersama penulis terhadapat pemahaman konsep yang didapatkan
oleh masyarakat sasaran itu sendiri. Tanggal pelaksanaan yang diambil sebagai
pelaksanaan evaluasi ini yakni Minggu, 1 Agustus 2021 bertempat di Rumah
Pembelajaran Smile Education Bebetin. Waktu pelaksanaan ini ditetapkan oleh
penulis berdasarkan konfirmasi dari masyarakat sasaran yang juga menyetujui untuk
melaksanakan evaluasi di hari tersebut. Hal ini juga mengingat waktu
pelaksanaan kegiatan penyusunan laporan akhir program KKNbD yang semakin dekat.
Pada pelaksanaan minggu keempat di hari terakhir penulis juga sempat
mengingatkan masyarakat sasaran untuk mempersiapkan diri menghadapi evaluasi
pembelajaran tersebut.
Sehari
sebelum pelaksanaan program pembelajaran yang pada minggu ini diisi dengan
evaluasi pembelajaran secara langsung yakni Sabtu, 31 Juli 2021, penulis mulai
membuat soal-soal yang berkaitan dengan materi yang diberikan kepada masyarakat
sasaran selama 4 (empat) minggu
terakhir. Evaluasi pembelajaran tersebut masing-masing terdiri dari 20 soal
pilihan ganda untuk masing-masing kelas mulai dari tingkat mudah hingga soal
yang memerlukan analisis dan ketelitian lebih. Soal-soal tersebut sebagian
diambil oleh penulis dari sumber-sumber di internet dan sebagian dibuat secara
mandiri oleh penulis sesuai pengalaman pembelajaran siswa.
Minggu,
1 Agustus 2021 penulis kembali melaksanakan program pembelajaran kepada
masyarakat sasaran dalam bentuk evaluasi pembelajaran. Dalam hal ini penulis
melakukan kegiatan secara mandiri dan diikuti oleh ke delapan masyarakat
sasaran penulis, bahkan banyak siswa lain yang ikut bergabung yakni 3 orang
kelas 3 SD dan 5 orang kelas 2 SD sehingga dengan demikian total partisipan
yang bergabung yaitu sebanyak 16 orang. Hal ini dikarenakan terdapat masyarakat
sasaran yang turut menginformasikan bahwa pada hari tersebut akan dilaksanakan
evaluasi pembelajaran juga bagi siswa kelas 3 dan 2 SD. Walupun demikian hal
ini membuat penulis semakin antusias, karena melihat siswa kelas lain yang
turut bersemangat mengikuti evaluasi pembelajaran yang diadakan oleh penulis.
Untuk mengantisipasi hal tersebut penulis juga memberikan evaluasi secara
langsung dengan memberikan beberapa soal tentang operasi bilangan (penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian) dan dikerjakan bersama-sama dengan kelas
lainnya. Adapun urutan kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Penerapan
protokol kesehatan (penggunaan hand
sanitizer dan pemberian masker bagi yang tidak menggunakan
2. Berdoa
bersama
3. Pembagian
soal evaluasi pembelajaran
4. Pengerjaan
soal evaluasi pembelajaran
5. Pengumpulan
dan pemeriksaan hasil pekerjaan siswa
6. Istirahat
7. Pengumuman
hasil evaluasi pembelajaran siswa
8. Pemberian
reward bagi masyarakat sasaran sesuai
hasil evaluasi pembelajaran siswa
9. Selesai
Siswa diberikan waktu
pengerjaan soal selama 120 menit, kemudian dikumpulkan untuk dilakukan
pemeriksaan selama 30 menit. Dari hasil pemeriksaan evaluasi pembelajaran yang
dilakukan oleh penulis didapatkan hasil sebagai berikut :
Skor 70 : 3 orang (2
orang siswa kelas 4 dan 1 orang siswa kelas 5 SD)
Skor 75 : 1 orang (1
orang siswa kelas 5 SD)
Skor 80 : 2 orang (1
orang siswa kelas 4 dan 1 orang siswa kelas 5 SD)
Skor 85 : 1 orang (1
orang siswa kelas 4 SD)
Skor 90 : 1 orang (1
orang siswa kelas 5 SD)
Rata-rata skor yang
didapatkan oleh masyarakat sasaran adalah 76,25 untuk siswa kelas 4 dan 78,75
untuk siswa kelas 5, sehingga dengan demikian rata-rata skor yang didapatkan
oleh masyarakat sasaran secara keseluruhan adalah 77,5. Penulis memberikan
beberapa reward kepada masyarakat
sasaran sesuai hasil evaluasi yang mereka dapatkan. Hal ini sebagai bentuk
apresiasi dan rasa terima kasih penulis karena telah mau berkontribusi dan
antusias dalam mengikuti pelaksanaan program pembelajaran secara langsung yang
diadakan penulis. Selain itu di akhir kegiatan penulis juga menyebarkan
kuisioner untuk diisi oleh masyarakat sasaran. Kuisioner tersebut berisi
beberapa pertanyaan yang juga digunakan oleh penulis sebagai bahan evaluasi
pembelajaran yang dilakukan.
Untuk Dokumentasi Kegiatan Minggu 5 Pembelajaran KKNbD di Smile Education Bebetin (Evaluasi Pembelajaran) dapat diakses pada link berikut :
Sedangkan untuk file
soal evaluasi pembelajaran, kunci jawaban, dan kuisioner dapat dilihat pada
link berikut :
https://drive.google.com/drive/u/1/folders/1UsRcSk7AfPKzPdfpKjpJ8rouVO9NkChe