Pelaksanaan Program Pembelajaran Minggu Kelima, Evaluasi Pembelajaran dan Pemberian Reward

Kegiatan KKNbD dengan program pembelajaran matematika secara langsung pada minggu kelima, penulis melakukan evaluasi pembelajaran kepada masyarakat sasaran. Program evaluasi ini dilakukan oleh penulis untuk mengetahui dan mengukur tingkat efektivitas dan pengaruh kegiatan program pembelajaran yang dilakukan oleh masyarakat sasaran bersama penulis terhadapat pemahaman konsep yang didapatkan oleh masyarakat sasaran itu sendiri. Tanggal pelaksanaan yang diambil sebagai pelaksanaan evaluasi ini yakni Minggu, 1 Agustus 2021 bertempat di Rumah Pembelajaran Smile Education Bebetin. Waktu pelaksanaan ini ditetapkan oleh penulis berdasarkan konfirmasi dari masyarakat sasaran yang juga menyetujui untuk melaksanakan evaluasi di hari tersebut. Hal ini juga mengingat waktu pelaksanaan kegiatan penyusunan laporan akhir program KKNbD yang semakin dekat. Pada pelaksanaan minggu keempat di hari terakhir penulis juga sempat mengingatkan masyarakat sasaran untuk mempersiapkan diri menghadapi evaluasi pembelajaran tersebut.

Sehari sebelum pelaksanaan program pembelajaran yang pada minggu ini diisi dengan evaluasi pembelajaran secara langsung yakni Sabtu, 31 Juli 2021, penulis mulai membuat soal-soal yang berkaitan dengan materi yang diberikan kepada masyarakat sasaran  selama 4 (empat) minggu terakhir. Evaluasi pembelajaran tersebut masing-masing terdiri dari 20 soal pilihan ganda untuk masing-masing kelas mulai dari tingkat mudah hingga soal yang memerlukan analisis dan ketelitian lebih. Soal-soal tersebut sebagian diambil oleh penulis dari sumber-sumber di internet dan sebagian dibuat secara mandiri oleh penulis sesuai pengalaman pembelajaran siswa.

Minggu, 1 Agustus 2021 penulis kembali melaksanakan program pembelajaran kepada masyarakat sasaran dalam bentuk evaluasi pembelajaran. Dalam hal ini penulis melakukan kegiatan secara mandiri dan diikuti oleh ke delapan masyarakat sasaran penulis, bahkan banyak siswa lain yang ikut bergabung yakni 3 orang kelas 3 SD dan 5 orang kelas 2 SD sehingga dengan demikian total partisipan yang bergabung yaitu sebanyak 16 orang. Hal ini dikarenakan terdapat masyarakat sasaran yang turut menginformasikan bahwa pada hari tersebut akan dilaksanakan evaluasi pembelajaran juga bagi siswa kelas 3 dan 2 SD. Walupun demikian hal ini membuat penulis semakin antusias, karena melihat siswa kelas lain yang turut bersemangat mengikuti evaluasi pembelajaran yang diadakan oleh penulis. Untuk mengantisipasi hal tersebut penulis juga memberikan evaluasi secara langsung dengan memberikan beberapa soal tentang operasi bilangan (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) dan dikerjakan bersama-sama dengan kelas lainnya. Adapun urutan kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1.      Penerapan protokol kesehatan (penggunaan hand sanitizer dan pemberian masker bagi yang tidak menggunakan

2.      Berdoa bersama

3.      Pembagian soal evaluasi pembelajaran

4.      Pengerjaan soal evaluasi pembelajaran

5.      Pengumpulan dan pemeriksaan hasil pekerjaan siswa

6.      Istirahat

7.      Pengumuman hasil evaluasi pembelajaran siswa

8.      Pemberian reward bagi masyarakat sasaran sesuai hasil evaluasi pembelajaran siswa

9.      Selesai

Siswa diberikan waktu pengerjaan soal selama 120 menit, kemudian dikumpulkan untuk dilakukan pemeriksaan selama 30 menit. Dari hasil pemeriksaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh penulis didapatkan hasil sebagai berikut  :

Skor 70 : 3 orang (2 orang siswa kelas 4 dan 1 orang siswa kelas 5 SD)

Skor 75 : 1 orang (1 orang siswa kelas 5 SD)

Skor 80 : 2 orang (1 orang siswa kelas 4 dan 1 orang siswa kelas 5 SD)

Skor 85 : 1 orang (1 orang siswa kelas 4 SD)

Skor 90 : 1 orang (1 orang siswa kelas 5 SD)

Rata-rata skor yang didapatkan oleh masyarakat sasaran adalah 76,25 untuk siswa kelas 4 dan 78,75 untuk siswa kelas 5, sehingga dengan demikian rata-rata skor yang didapatkan oleh masyarakat sasaran secara keseluruhan adalah 77,5. Penulis memberikan beberapa reward kepada masyarakat sasaran sesuai hasil evaluasi yang mereka dapatkan. Hal ini sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih penulis karena telah mau berkontribusi dan antusias dalam mengikuti pelaksanaan program pembelajaran secara langsung yang diadakan penulis. Selain itu di akhir kegiatan penulis juga menyebarkan kuisioner untuk diisi oleh masyarakat sasaran. Kuisioner tersebut berisi beberapa pertanyaan yang juga digunakan oleh penulis sebagai bahan evaluasi pembelajaran yang dilakukan.


Untuk Dokumentasi Kegiatan Minggu 5  Pembelajaran KKNbD di Smile Education Bebetin (Evaluasi Pembelajaran) dapat diakses pada link berikut :

https://youtu.be/3YC_94Py0f8

Sedangkan untuk file soal evaluasi pembelajaran, kunci jawaban, dan kuisioner dapat dilihat pada link berikut :

https://drive.google.com/drive/u/1/folders/1UsRcSk7AfPKzPdfpKjpJ8rouVO9NkChe



Tentang Penulis