Pelaksanaan Program Pembelajaran Minggu Ketiga, Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas 4 serta Bangun Ruang untuk Siswa Kelas 5

Minggu ketiga, penulis melanjutkan kegiatan KKNbD semi daring yaitu pemberian materi pembelajaran matematika lanjutan kepada siswa atau masyarakat sasaran. Pada minggu ini penulis mengambil jadwal pelaksanaan yaitu pada hari Rabu, 21 Juli 2021 dan Kamis, 22 Juli 2021. Sama seperti sebelumnya, jadwal pelaksanaan pembelajaran tersebut berdasarkan kesepakatan dengan masyarakat sasaran dan penulis untuk mengambil waktu di luar kegiatan lain dari masyarakat sasaran maupun penulis. Kemudian seperti minggu sebelumnya pula, sehari sebelum pelaksanaan program pembelajaran berlangsung, penulis mengingatkan kembali masyarakat sasaran melalui WhatsApp Group untuk hadir pada saat pembelajaran berlangsung. Namun berbeda dari sebelumnya, penulis tidak lagi melakukan persiapan tempat kegiatan pembelajaran karena telah disiapkan pada pertemuan sebelumnya dan tidak terdapat kegiatan tambahan lagi di Rumah Pembelajaran Smile Education Bebetin tersebut.

Pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka hari pertama pada minggu ketiga ini dilakukan pada Rabu, 21 Juli 2021. Dalam hal ini penulis kembali melakukan program pembelajaran bersama mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang tengah melaksanakan program Centre of Excellence (CoE) bagian Proyek Kemanusiaan yang juga melaksanakan program pelatihan membaca, menulis, dan menghitung (Calistung) bagi siswa kelas 1, 2, dan 3. Kegiatan pembelajaran pada hari pertama ini diikuti oleh 7 orang masyarakat sasaran penulis (4 siswa kelas 4 dan 3 orang kelas 5), serta 6 orang lainnya dari kelas 1, 2 dan 3 yang merupakan masyarakat sasaran program Calistung Centre of Excellence (CoE) Proyek Kemanusiaan. Adapun urutan kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1.      Penerapan protokol kesehatan (penggunaan hand sanitizer dan pemberian masker bagi yang tidak menggunakan

2.      Pendahuluan yang diisi dengan bernyanyi bersama

3.      Berdoa bersama

4.      Pembahasan materi pembelajaran

5.      Penyampaian-penyampaian

6.      Bernyanyi bersama

7.      Doa bersama sebelum pulang

8.      Selesai

Materi yang dibahas pada saat pertemuan tersebut adalah mengenai pengantar bangun datar, jenis-jenis bangun datar, bangun segi banyak, dan keliling bangun datar bagi siswa kelas 4 serta materi bangun ruang mulai dari pengantar bangun ruang, menentukan jaring-jaring bangun ruang (kubus, balok, prisma, dan tabung) dan luas permukaan bangun ruang (kubus dan balok) bagi siswa kelas 5.

            Kemudian pelaksanaan pembelajaran siswa pada hari kedua minggu ketiga dilaksanakan pada Kamis, 22 Juli 2021. Penulis kembali melakukan program pembelajaran bersama mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang tengah melaksanakan program Centre of Excellence (CoE) Proyek Kemanusiaan yang menyelenggarakan kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa kelas 3, 4 dan 5. Jumlah masyarakat sasaran yang hadir adalah sejumlah 7 orang yakni 3 orang kelas 4 dan 4 orang kelas 5, kemudian ditambah 4 orang siswa kelas 3. Urutan kegiatan yang dilalui sama seperti minggu sebelumnya dimana setelah pembelajaran matematika oleh penulis selesai siswa disilakan untuk beristirahat selama 15 menit dan dilanjutkan dengan pembelajaran Bahasa Inggris selama 1 jam. Materi pembelajaran yang dibahas bersama penulis yaitu mengenai luas bangun datar serta penerapan keliling dan luas bangun datar bagi siswa kelas 4, kemudian volume bangun ruang serta penerapan luas permukaan dan volume bangun ruang bagi siswa kelas 5.

Perkembangan yang dialami oleh masyarakat sasaran pada minggu ketiga hampir sama seperti minggu sebelumnya yaitu cukup signifikan, dimana secara umum masyarakat sasaran kelas 4 SD telah mampu menyebutkan dan membedakan berbagai jenis bangun datar, mencari keliling bangun datar tanpa rumus dan mencari luas bangun datar dengan menggunakan rumus. Sedangkan untuk masyarakat sasaran kelas 5 SD secara umum telah mampu menggambar dan membedakan berbagai jenis bangun ruang, menentukan jaring-jaring bangun ruang (kubus, balok, prisma, limas dan tabung), serta menentukan luas dan volume bangun ruang dengan menggunakan rumus. Namun di samping perkembangan tersebut terdapat pula kendala yang dimiliki oleh masyarakat sasaran secara umum yaitu belum mampu mengingat rumus-rumus mencari keliling, luas atau volume suatu bangun datar atau bangun ruang secara umum. Baik masyarakat sasaran kelas 4 maupun kelas 5 SD mereka masih harus melihat rumus terlebih dahulu sebelum dapat menyelesaikan suatu soal yang diberikan. Disamping itu sebagian masyarakat sasaran ( ) baik kelas 4 maupun kelas 5 SD masih dinilai kurang mampu mengidentifikasi soal cerita ke dalam bentuk matematika dan menyelesaikannya.

 

Untuk Dokumentasi Kegiatan Minggu 3  Pembelajaran KKNbD di Smile Education Bebetin (Bangun Datar dan Bangun Ruang) dapat diakses pada link berikut :

https://youtu.be/dpFwAY612io


Tentang Penulis