Pelaksanaan Program Pembelajaran Minggu Ketiga, Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas 4 serta Bangun Ruang untuk Siswa Kelas 5
- Oleh I Putu Saka Yudipastrawan
- Monday 02/08/2021
- Kelompok 255, Kelompok, Kelompok
Minggu
ketiga, penulis melanjutkan kegiatan KKNbD semi daring yaitu pemberian materi
pembelajaran matematika lanjutan kepada siswa atau masyarakat sasaran. Pada
minggu ini penulis mengambil jadwal pelaksanaan yaitu pada hari Rabu, 21 Juli
2021 dan Kamis, 22 Juli 2021. Sama seperti sebelumnya, jadwal pelaksanaan pembelajaran
tersebut berdasarkan kesepakatan dengan masyarakat sasaran dan penulis untuk
mengambil waktu di luar kegiatan lain dari masyarakat sasaran maupun penulis. Kemudian
seperti minggu sebelumnya pula, sehari sebelum pelaksanaan program pembelajaran
berlangsung, penulis mengingatkan kembali masyarakat sasaran melalui WhatsApp Group untuk hadir pada saat
pembelajaran berlangsung. Namun berbeda dari sebelumnya, penulis tidak lagi
melakukan persiapan tempat kegiatan pembelajaran karena telah disiapkan pada
pertemuan sebelumnya dan tidak terdapat kegiatan tambahan lagi di Rumah
Pembelajaran Smile Education Bebetin tersebut.
Pelaksanaan
pembelajaran secara tatap muka hari pertama pada minggu ketiga ini dilakukan
pada Rabu, 21 Juli 2021. Dalam hal ini penulis kembali melakukan program
pembelajaran bersama mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang tengah
melaksanakan program Centre of
Excellence (CoE) bagian Proyek Kemanusiaan yang juga melaksanakan program
pelatihan membaca, menulis, dan menghitung (Calistung) bagi siswa kelas 1, 2,
dan 3. Kegiatan pembelajaran pada hari pertama ini diikuti oleh 7 orang
masyarakat sasaran penulis (4 siswa kelas 4 dan 3 orang kelas 5), serta 6 orang
lainnya dari kelas 1, 2 dan 3 yang merupakan masyarakat sasaran program Calistung
Centre of Excellence (CoE) Proyek
Kemanusiaan. Adapun urutan kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Penerapan
protokol kesehatan (penggunaan hand
sanitizer dan pemberian masker bagi yang tidak menggunakan
2. Pendahuluan
yang diisi dengan bernyanyi bersama
3. Berdoa
bersama
4. Pembahasan
materi pembelajaran
5. Penyampaian-penyampaian
6. Bernyanyi
bersama
7. Doa
bersama sebelum pulang
8. Selesai
Materi yang dibahas
pada saat pertemuan tersebut adalah mengenai pengantar bangun datar,
jenis-jenis bangun datar, bangun segi banyak, dan keliling bangun datar bagi
siswa kelas 4 serta materi bangun ruang mulai dari pengantar bangun ruang,
menentukan jaring-jaring bangun ruang (kubus, balok, prisma, dan tabung) dan
luas permukaan bangun ruang (kubus dan balok) bagi siswa kelas 5.
Kemudian pelaksanaan pembelajaran siswa pada hari kedua
minggu ketiga dilaksanakan pada Kamis, 22 Juli 2021. Penulis kembali melakukan
program pembelajaran bersama mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang
tengah melaksanakan program Centre of
Excellence (CoE) Proyek Kemanusiaan yang menyelenggarakan kegiatan pembelajaran
Bahasa Inggris untuk siswa kelas 3, 4 dan 5. Jumlah masyarakat sasaran yang
hadir adalah sejumlah 7 orang yakni 3 orang kelas 4 dan 4 orang kelas 5,
kemudian ditambah 4 orang siswa kelas 3. Urutan kegiatan yang dilalui sama
seperti minggu sebelumnya dimana setelah pembelajaran matematika oleh penulis
selesai siswa disilakan untuk beristirahat selama 15 menit dan dilanjutkan
dengan pembelajaran Bahasa Inggris selama 1 jam. Materi pembelajaran yang
dibahas bersama penulis yaitu mengenai luas bangun datar serta penerapan
keliling dan luas bangun datar bagi siswa kelas 4, kemudian volume bangun ruang
serta penerapan luas permukaan dan volume bangun ruang bagi siswa kelas 5.
Perkembangan
yang dialami oleh masyarakat sasaran pada minggu ketiga hampir sama seperti
minggu sebelumnya yaitu cukup signifikan, dimana secara umum masyarakat sasaran
kelas 4 SD telah mampu menyebutkan dan membedakan berbagai jenis bangun datar,
mencari keliling bangun datar tanpa rumus dan mencari luas bangun datar dengan
menggunakan rumus. Sedangkan untuk masyarakat sasaran kelas 5 SD secara umum
telah mampu menggambar dan membedakan berbagai jenis bangun ruang, menentukan jaring-jaring
bangun ruang (kubus, balok, prisma, limas dan tabung), serta menentukan luas
dan volume bangun ruang dengan menggunakan rumus. Namun di samping perkembangan
tersebut terdapat pula kendala yang dimiliki oleh masyarakat sasaran secara
umum yaitu belum mampu mengingat rumus-rumus mencari keliling, luas atau volume
suatu bangun datar atau bangun ruang secara umum. Baik masyarakat sasaran kelas
4 maupun kelas 5 SD mereka masih harus melihat rumus terlebih dahulu sebelum
dapat menyelesaikan suatu soal yang diberikan. Disamping itu sebagian masyarakat
sasaran (
Untuk Dokumentasi Kegiatan Minggu 3 Pembelajaran KKNbD di Smile Education Bebetin (Bangun Datar dan Bangun Ruang) dapat diakses pada link berikut :