PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN KOMIK EDUKASI PADA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SECARA DARING DAN LURING
- Oleh I Made Yoga Suandita
- Tuesday 03/08/2021
- Kelompok 43, Kelompok, Kelompok
Pelaksanaan
KKNbD sudah sampai pada minggu keempat yaitu tanggal 26 Juli sampai 1 Agustus
2021. Pada minggu keempat ini saya melaksanakan pelatihan dan pendampingan
pembuatan komik edukasi pada pembelajaran audio visual. Sebelum melaksanakan
pendampingan saya meminta setiap masyarakat sasaran agar membuat satu buah
komik.
Pendampingan dan pelatihan ini
dilaksanakan dengan dua cara yaitu secara daring dan secara luring. Kenapa
dilaksanakan secara daring dan secara luring? karena setiap orang mempunyai
daya pemahaman yang berbeda-beda, ada yang dapat memahami materi melalui teori
saja dan ada pula yang dapat memahami suatu materi melalui praktek. Maka dari
itu saya melaksanakan pelatihan dan pendampingan secara daring untuk masyarakat
sasaran yang dapat mengerti atau memahami suatu materi dengan bertanya melalui
WhatsApp grup saja atau melalui video yang saya kirimkan pada minggu ketiga.
Pelatihan dan pendampingan secara daring dilaksanakan melalui WhatsApp grup.
Pelatihan secara luring dilaksanakan untuk masyarakat sasaran yang tidak dapat
mengerti dari teori dan video saja melainkan harus didampingi dan diberikan
pemahaman secara langsung. Pelatihan dan pendampingan secara luring ini saya
laksanakan dengan mendatangi rumah masyarakat sasaran yang membutuhkan
pelatihan dan pendampingan secara luring dengan tetap mengenakan protokol
kesehatan dan keamanan. Pelatihan dan pendampingan secara daring saya laksanakan
selama 24 jam (kapan saja sebelum saya tidur di malam hari) sedangkan pelatihan
dan pendampingan secara luring saya laksanakan sesuai dengan permintaan
masyarakat sasaran. Pelatihan dan pendampingan pembuatan komik edukasi pada
pembelajaran audio visual dilaksanakan karena masyarakat sasaran belum tentu
dapat dengan mudah memahami materi yang saya berikan melalui teori saja maka
dari itu diperlukan praktek agar terjadi implementasi dari teori-teori dan
video yang saya berikan. Selain itu dengan dilaksanakannya pelatihan dan
pendampingan ini saya berharap agar masyarakat sasaran dapat membuat komik
edukasi pada pembelajaran audio visual dengan baik.
Membuat komik edukasi pada
pembelajaran audio visual memang tidaklah mudah. Masyarakat sasaran harus memahami
dasar-dasar dari aplikasi yang digunakan, teori-teori mengenai pembelajaran
daring, komik audio visual, dan masih banyak lagi. Mungkin dalam pembuatannya
masyarakat sasaran belum bisa membuat komik edukasi pada pembelajaran audio
visual dengan sempurna. Akan tetapi, diharapkan kedepannya kemampuan masyarakat
sasaran dalam pembuatan komik edukasi semakin meningkat karena saya telah
memberikan dasar-dasar dalam pembuatan komik edukasi untuk memancing rasa ingin
tahu masyarakat sasaran sehingga mereka semakin menggali dan mencari tahu
fitur-fitur apa saja yang dapat dimanfaatkan dalam aplikasi Microsoft Power
Point yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan komik edukasi pada pembelajaran
audio visual.
Komik
yang dibuat oleh masyarakat sasaran dapat dilihat pada link berikut ini:
https://drive.google.com/drive/folders/1ojaMt76fZdWudW6jgjwS6Law_-gre1Jr?usp=sharing