Pelatihan membuat paper soap

Paper soap merupakan sebuah inovasi baru yang muncul akibat kreativitas manusia untuk menciptakan sabun praktis yang mudah dibawa kemana saja. Sabun dalam bentuk kertas ini sangat membantu kita dalam menghemat ruang atau barang bawaan ketika berpergian, terlebih lagi saat ini sedang dilanda pandemi. Karena paper soap berbentuk kertas sudah pastinya tidak memakan tempat yang banyak, selain itu penggunaan sabun juga menjadi lebih hemat. 

Dalam pelatihan yang dilaksanakan pada minggu kedua melalui pemberian video tutorial pada whatsapp group yang telah dibuatkan oleh penulis, masyarkat dapat meniru tutorial tersebut untuk membuat sabun yang lebih praktis. Dari pembuatan tersebut masyarakat akan terbuka pemikirannya untuk menciptakan sesuatu yang lebih praktis dan tidak memakan banyak tempat ketika hendak berpergian seperti menciptakan shampoo kertas dan lain sebagainya. 

Secara singkat alat dan bahan yang diburuhkan dalam membuat paper soap cukuplah mudah didapatkan seperti : sabun cair, kuas, alas, mangkok dan  kertas (dapat menggunakan kertas apapun asalkan kertas yang bersih). Untuk membuat paper soap tersebut kita tuangkan terlebih dahulu sabun cair kedalam mangkok, letakkan kertas di atas alas lalu oleskan sabun cair menggunakan kuas pada kertas hingga merata depan dan belakangnya. Selanjutnya kertas tersebut dijemur hingga kering dan dipotong sesuai dengan keinginan. 

Tentang Penulis