Pelatihan Pemakaian Platform Belajar Online Kepada Masyarakat Sasaran dan Diskusi Perkembangan serta Kendala Selama Pelaksanaan Program KMbD Tahun 2020
- Oleh Ni Putu Diah Mahendri Dewi
- Saturday 25/07/2020
- Kelompok 120, Kelompok, Kelompok
Sabtu,
25 Juli 2020. Kegiatan pelatihan dan diskusi dimulai pukul 19.00 WITA hingga
20.00 WITA,kegiatan dilaksanakan melalui panggilan video di aplikasi WhatsApp. Selama
panggilan video, adapun hal-hal yang dibahas yaitu:
1. Membahas
penggunaan aplikasi Zenius untuk alternatif pembelajaran selama pelaksanaan
pembelajaran jarak jauh (PJJ) seperti kendala dalam penggunaan aplikasi, cara
menggunakan aplikasi bagi masyarakat yang belum paham serta kesan setelah
menggunakan aplikasi dalam kurun waktu 1 hari.
2. Membahas tentang
materi-materi yang telah dibagikan mahasiswa seperti materi gaya belajar anak,
peran orang tua dalam membimbing anak belajar, ulasan tentang bimbel online
sampai tutorial menggunakan aplikasi Zenius. Mahasiswa menanyakan apakah
materi-materi tersebut telah dipelajari oleh masyarakat sasaran, apakah ada
poin-poin yang belum dimengerti oleh masyarakat sasaran dan mahasiswa
memberikan penjelasan tambahan untuk membantu masyarakat sasaran memahami
materi yang kurang jelas.
Pelakasaan
kegiatan pada 25 Juli 2020 dilaksanakan pada sore menjelang malam hari
dikarenakan masyarakat sasaran harus melakukan aktifitas masing-masing dari
pagi hingga sore, dan baru memiliki waktu luang pada sore menjelang malam hari.
Pada
pelaksanaan panggilan video, masyarakat sasaran yang telah memanfaatkan
aplikasi yang disarankan mahasiswa mengatakan bahwa aplikasi tersebut sangat
membantu anaknya, terutama karena anak dari masyarakat sasaran tersebut lebih
mudah mempelajari sesuatu dengan melihat dan mendapat penjelasan langsung,
tidak hanya membaca buku. Untuk masyarakat sasaran lainnya yang belum mencoba
bisa mendapatkan informasi secara langsung tentang kegunaan aplikasi bimbel
online untuk menambah alternatif pembelajaran di saat pelaksanaan pembelajaran
jarak jauh.
Setelah
melakukan panggilan video, mahasiswa mengirimkan catatan penting tentang hal
apa saya yang telah dibahas melalui panggilan video, karena ada beberapa
masyarakat sasaran yang mengalami gangguan teknis seperti sinyal dan kondisi
telepon selama pelaksanaan kegiatan dan tidak dapat mengikuti panggilan video
secara penuh.