Pelatihan Penggunaan Aplikasi Manajemen Tugas dan Projek serta Aplikasi Media Kreatif Canva

    Pada selasa, 20 Juli 2021, Penulis melakukan persiapan materi yang akan disampaikan untuk pelatihan penggunaan aplikasi manajemen tugas dan projek yang meliputi Todoist dan Trello serta aplikasi media kreaif yaitu Canva. Todoist dan Trello merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mencatat dan manajemen tugas dan memberikan keterangan seperti deadline. Selanjutnya Canva merupakan aplikasi alat kreatif yang dapat digunakan untuk membuat berbagai hal seperti presentasi, motion graphic, poster, CV dan berbagai hal lainnya. Aplikasi akan dikenalkan kepada masyarakat sasaran dengan harapan dapat membantu untuk memaksimalkan kegiatan belajar mereka maupun dimanfaatkan dalam kehidupan sehari - hari nantinya.

    Pada Jumat, 30 Juli 2021 pukul 19:30 - 21:15 WITA, Penulis melaksanakan pelaihan penggunaan aplikasi task management  Todoist dan Trello serta aplikasi media kreatif canva. pelatihan dilakukan mulai dari pengenalan aplikasi manajemen tugas, sebuah aplikasi yang digunakan untuk mencatat kegiatan sehari hari, sehingga kita dapat memantau apa saja tugas yang sudah dikerjakan dan perlu dikerjakan. dalam aplikasi ini juga terdapat fitur projek yang bisa digunakan untuk mencatat tugas sekolah maupun tugas kelompok dimana kita dapat mengassign siapa yang harus mengerjakan tugas yang dicatat dalam aplikasi sehingga pekerjaan yang dikerjakan lebih terstuktur dengan baik. Dengan pengenalan aplikasi ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sasaran untuk memaksimalkan kegiatan pembelajarannya, yang memudahkan mereka untuk tetap melakukan kolaborasi walaupun dalam keadaan daring. 

    Selanjutnya penulis mengenalkan aplikasi Canva yang merupakan suatu media kreatif yang dapat digunakan untuk membuat hampir semua jenis desain namun dengan interface atau tampilan antarmuka yang mudah digunakan meski oleh orang awam. dalam aplikasi ini pengguna dapat membuat poster, daftar riwayat hidup, presentasi, bahkan motion graphic hanya dengan drag & drop ke dalam kanvas. Selain itu juga dalam aplikasi juga disediakan berbagai kebutuhan seperti shape, icon, graphic, gambar, bahkan template untuk suatu desain tertentu sehingga pengguna awam dapat dengan mudah mencari referensi. Aplikasi ini dikenalkan kepada masyarakat sararan bertujuan agar mereka dapat menggunakan aplikasi ini sebagai sarana untuk menuangkan kreatifitas mereka, untuk mengalihkan kebosanan mereka dalam belajar daring, dan juga untuk digunakan untuk keperluan mereka seperti pembuatan presentasi maupun pembuatan daftar riwayat hidup yang pastinya akan sangat diperlkukan nantinya.

Tentang Penulis