Pelatihan Penjualan Online Minggu Pertama

Sabtu, 10 Juli 2021. Penulis melaksanakan kegiatan di minggu pertama yaitu mengenai Pelatihan Penjualan Online. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00-11.00, pelatihan dilaksanakan melalui WA Grup agar memudahkan masyarakat sasaran berpartisipasi dan mengikuti kegiatan dengan baik.

Kegiatan pelatihan diawali pembukaan dengan memberikan salam dan menjelaskan mekanisme pelatihan kepada masyarakat sasaran. Pada kegiatan inti, pertama-tama penulis mengirimkan materi dalam bentuk powerpoint dan foto agar memudahkan masyarakat sasaran dalam memahami materi. Materi yang diberikan yaitu pemahaman dasar mengenai penjualan online, seperti definisi, prinsip-prisip, keuntungan dan kerugian dari penjualan online itu sendiri.

Selanjutnya, kegiatan diskusi. Kegiatan diskusi adalah kegiatan memecahkan masalah. Nah, kenapa kegiatan diskusi dikatakan sebagai kegiatan pemecahan masalah? . Itu dikarenakan dalam kegiatan diskusi adanya pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat sasaran mengenai materi yang dipaparkan yang mungkin belum mereka pahami, di kegiatan diskusi inilah diberikan jawaban atas masalah atau pertanyaan dari masyarakat sasaran tersebut.

Kegiatan akhir pelatihan minggu pertama, yaitu memberikan absensi dalam bentuk google form yang berisi mengenai Nama masyarakat, alamat, kesan dan pesan pada saat mengikuti pelatihan pertama ini, dan dokumentasi pada saat mengikuti kegiatan (bisa dicantumkan screenshoot kegiatan dalam WA Grup atau foto masyarakat saat mengikuti kegiatan). Dengan diberikan absensi google form ini, diharapkan kesan pesan yang diberikan oleh masyarakat sasaran menjadi acuan untuk kegiatan KKNbD selanjutnya agar lebih baik lagi.

Dilaksanakannya pelatihan penjualan online ini untuk memenuhi target pada program kerja KKNbD yang pertama yaitu memberikan pemahaman mengenai penjualan online kepada masyarakat yang sedang merintis sebuah usaha  agar dapat lebih mengoptimalkan kegiatan usaha yang dilakukan dengan memanfaatkan berbagai media sosial. Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kelebihan dari penjualan online. Dimasa pandemic seperti ini seharusnya menjadi peluang besar bagi masyarakat yang memiliki sebuah usaha untuk lebih mengembangkan strategi pemasaran produknya dengan Penjualan Online.

 

Tentang Penulis