Pelatihan strategi marketing berbasis media sosial instagram kepada pelaku UMKM di Desa Tibubeneng

Setelah persiapan, pada hari jumat, 27 juli 2021. Pelatihan dilakukan dengan zoom meeting dan menampilkan ppt yang sudah persiapkan 30 menit sebelumnya. Setelah itu mengirim link ke masyarakat sasaran dan masyarakat sasaran mengikuti pelatihan selama 2 jam. Adapun yang dilaksanakan selama pelatihan antara lain prosedur-prosedur dalam: 


1. Gunakan Akun Instagram Bisnis

Cara pertama ini bersifat wajib sebelum Anda melangkah ke strategi berikutnya. Sebab, akun bisnis memudahkan calon konsumen untuk menghubungi Anda dan memberikan kesan lebih profesional pada bisnis Anda.

Selain itu, akun Instagram bisnis (Instagram for Business) juga mempunyai beberapa fitur yang tak ada di akun Instagram pribadi. Beberapa di antaranya adalah Anda bisa membuat Instagram Ads serta Anda juga bisa mengakses Insights.


2. Optimasi Profil Bisnis Anda

Langkah pertama setelah merubah akun menjadi Instagram Bisnis adalah mengoptimasi profil Anda. Profil yang bagus dan profesional bisa mengubah calon konsumen menjadi konsumen tetap. Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan, yakni: 

-Pilih Username yang Simpel dan Mudah Dikenali

-Gunakan Foto Profil Brand Anda/ logo yang sudah dibuat dalam bimbingan

-Tulis Bio yang Menarik dan Informatif


3. Ketahui Jenis Postingan di Instagram

Di Instagram, konten dibagi menjadi empat, yakni feed Instagram, Instagram Stories, Instagram Live, dan Instagram TV yang merupakan fitur dari instagram. Dalam marketing suatu produk kita harus kreatif dalam membuat konten dan menarik


4. Optimasi Feed Instagram

Konten yang Anda posting di feed Instagram harus cocok dengan brand dan di saat yang sama juga bisa diterima dengan baik oleh follower. Oleh karena itu, Anda harus tahu jenis konten apa yang harus diposting di sana. 


5. Manfaatkan Instagram Stories

Instagram Stories berbeda dengan postingan Instagram pada umumnya. Selain karena hanya bertahan 24 jam, posisi Stories juga berada di atas feed Anda. Melalui instagram story anda bisa berinteraksi dengan followers seperti mengadakan polling, tanya jawab, update menu/pengumuman seperti diskon, giveaway. Kemudian story ini juga bisa dijadikan story highlight yang berguna sebagai portofolio akun bisnismu


6.Buat Caption yang Menarik

Caption yang menarik bisa membuat orang berlama-lama dalam postingan Anda, sehingga bisa meningkatkan engagement. Dalam caption anda juga bisa menambahkan hashtag agar orang selain followersmu juga bisa melihat postingan melalui hashtag.


7.Manfaatkan Berbagai Fitur Canggih Instagram Bisnis

Saat sudah beralih ke akun bisnis, Anda pasti akan menyadari ada beberapa opsi baru yang muncul. Akun bisnis Instagram memang memberikan fitur-fitur canggih yang bisa menunjang bisnis online Anda.

a. Insights

Insights merupakan sebuah fitur yang bisa memberikan analisis mengenai performa akun bisnis Anda. Fitur ini adalah fitur terbaik yang ada di akun bisnis.

b. Instagram Ads

Sebagai bisnis, tentu saja Anda perlu mempromosikan produk Anda, kan? Nah, akun bisnis juga memberikan fitur membuat iklan untuk dipromosikan di Instagram.

c. Tombol Kontak

Pada akun bisnis, tombol “Kontak” akan muncul tepat di bawah profil Anda. Di sini, Anda bisa memasukkan nomor telepon dan/atau alamat email. Semakin memudahkan calon konsumen untuk menghubungi Anda.



8.Tingkatkan Engagement

Engagement sangat penting di Instagram di mana para penggunanya selalu dibanjiri berbagai konten baru setiap saatnya.


9.Promosikan Bisnis Anda Melalui Kerjasama dengan Pihak Luar

Para pelaku bisnis berupaya meningkatkan penjualan produk melalui platform instagram dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melalui kerjasama dengan pihak luar yaitu dengan cara saling mempromosikan akun kepada audiens. Tujuannya adalah untuk mempercepat peningkatan jumlah followers dari masing-masing akun yang bekerjasama tersebut. Misal dengan orang terdekat Anda, agar membantu mempromosikan akun bisnis anda dengan instastory, paid promote, influencer, dan selebgram. 


Berikut merupakan hasil kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh masyarakat sasaran












Tentang Penulis
Kadek Intan Dwi Cahyani Dhyasa