Pelatihan Tutorial Online Kedua (Terakhir) Mengenai Cara Memanfaatkan, Membuat, dan Menggunakan Power Point Interaktif dalam Mengoptimalkan Proses Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali
- Oleh Ni Made Diah Ariusnita
- Friday 23/07/2021
- Kelompok 141, Kelompok, Kelompok
Solusi yang diberikan mahasiswa dalam kegiatan KKNbD Undiksha 2021 untuk mengatasi persoalan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran (7 orang guru SD) di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali dituangkan dalam sebuah program pelatihan tutorial online cara memanfaatkan, membuat, dan menggunakan power point interaktif dalam mengoptimalkan proses pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19. Program pelatihan tutorial online ini dilaksanakan secara online melalui media zoom meeting yang dibagi menjadi dua kali pertemuan. Pelatihan tutorial online pertama telah dilaksanakan pada Jumat, 16 Juli 2021 melalui zoom meeting yang telah membahas setengah dari materi pelatihan. Oleh karena itu, pada hari ini Jumat, 23 Juli 2021 kembali lagi diadakan pelatihan tutorial online yang kedua sekaligus yang terakhir melalui media zoom meeting juga untuk melanjutkan pembahasan dari materi pelatihan yang telah dibuat sebelumnya. Jadi, pembahasan mengenai tujuan pembelajaran dan materi pelajaran telah dibahas pada pelatihan tutorial online yang pertama, sehingga pada tutorial online kedua ini membahas mengenai pemanfaatan, pembuatan, dan penggunaan quiz serta rangkuman dalam power point interaktif.
Pada hari Kamis, 22
Juli 2021, penulis telah menginformasikan kepada masyarakat sasaran melalui whatsapp group mengenai jadwal
pelaksanaan kegiatan pelatihan tutorial online kedua mengenai cara
memanfaatkan, membuat, dan menggunakan media pembelajaran power point interaktif.
Penulis bertanya pada seluruh masyakarakat sasaran bisa atau tidaknya mengikuti
pelatihan tutorial online kedua di zoom meeting. Hal ini dilakukan agar nantinya
dapat mencari jam atau hari lain untuk mengganti pelaksanaan kegiatan tutorial
ini, jika memang banyak guru yang tidak bisa hadir pada hari serta jam tersebut
untuk mengikuti pelatihan. Kemudian pada saat tersebut respon masyakarat
sasaran semua bisa mengikuti pada hari Jumat, 23 Juli 2021 pukul 15.00 WITA,
sehingga pelatihan tetap dilaksanakan pada hari, tanggal, dan waktu sesuai
dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya serta penulis juga memberikan
informasi kapan link zoom meeting akan dikirimkan pada Whatsapp Group. Kemudian tepat pada Hari Jumat, 23 Juli 2021
melalui Whatsapp Group penulis
mengirimkan link zoom meeting 30 menit sebelum zoom meeting dimulai. Kemudian,
penulis meminta masyarakat sasaran untuk bergabung pada zoom meeting sekitar 10
atau 5 menit sebelum pukul 15.00 WITA. Pelatihan ini diikuti oleh 7 orang
masyarakat sasaran yang berprofesi sebagai guru SD yang berasal dari lokasi
yang sama yaitu Desa Kaliakah.
Pelaksanaan zoom
meeting dimulai tidak tepat waktu, hal ini karena beberapa kendala, seperti
menunggu masyarakat sasaran yang belum bisa join saat waktu telah menunjukkan
pukul 15.00 WITA karena terganggu oleh jaringan internet yang buruk. Selain itu
karena sempat menunggu beberapa masyarakat sasaran yang belum bergabung, karena
masih ada sedikit kesibukan lain. Oleh karena itu, pelaksanaan zoom meeting
baru dapat dimulai lengkap oleh seluruh masyarakat sasaran sekitar pukul 15.10
WITA. Selanjutnya, ketika seluruh masyakarat sasaran sudah bergabung pada zoom
meeting, maka penulis langsung menyapa, memberi salam terlebih dahulu kepada
seluruh masyarakat sasaran yang hadir pada zoom meeting kali ini serta tidak
lupa juga mengucapkan terima kasih atas ketersediaan masyarakat sasaran dalam
pelaksanaan pelatihan tutorial online kali ini meskipun sedang memiliki
kesibukan lain. Tidak lupa pula penulis meminta masyarakat sasaran untuk
menyalakan kamera karena akan mengambil dokumentasi. Meskipun setelahnya banyak
masyarakat sasaran yang menonaktifkan kamera karena sembari melaksanakan
kegiatan lain serta karena kendala sinyal. Setelah itu, penulis langsung
memberikan tutorial online mengenai bagaimana cara memanfaatkan, membuat, dan
menggunakan powerpoint interaktif dalam proses pembelajaran, dimana sebelumnya
penulis telah menyiapkan materi berupa powerpoint interaktif yang akan
dijelaskan pada pelatihan tutorial pertama. Sehingga saat pemberian tutorial
online, maka penulis tinggal mengajarkan bagaimana langkah demi langkah dalam
pembuatan powerpoint interaktif sesuai dengan powerpoint interaktif yang telah
disiapkan oleh penulis sebelumnya. Pemberian pelatihan tutorial online dalam
pemanfaatan, pembuatan, dan penggunaan power point interaktif ini dijelaskan
secara langsung dan rinci tahapan demi tahapan pembuatan powerpoint interaktif.
Jika sebelumnya telah dijelaskan hingga slide materi, maka dilanjutkan untuk
menjelaskan mulai dari slide quiz. Jadi diawali dengan slide yang bertuliskan
latihan soal sebagai pembuka bahwa akan menuju latihan soal atau quiz interkatif
dalam proses pembelajaran. Setelah itu dilanjutkan dengan slide yang berisi
soal dari 1 sampai 5, kemudian slide rangkuman, dan terakhir slide penutup
(terima kasih). Jadi hampir sama dengan pelatihan yang pertama, penulis tetap menekankan
penggunaan fitur-fitur pada microsoft powerpoint yang digunakan untuk membuat
sebuah powerpoint menjadi interaktif seperti hyperlink, trigger, animation, dll. Selain itu, penulis juga
mengajarkan bagimana cara mendownload emoticon bergerak (gif) yang digunakan
untuk menunjukkan jawaban salah dan benar pada quiz, serta mendownload
gambar-gambar yang diperlukan pada quiz sekaligus dapat juga digunakan untuk
mempercantik tampilan power point. Serta selama proses pelatihan tutorial online
ini, penulis terbuka dan selalu mengizinkan masyarakat sasaran untuk bertanya mengenai
hal yang tidak dimengerti maupun memberikan masukan untuk mengoptimalkan power
point interaktif ini dalam pembelajaran. Setelah memberikan pelatihan tutorial
online kedua ini dengan rinci dan detail
serta telah melakukan sesi diskusi dan menjawab pertanyaan dari guru, maka
penulis kemudian mengakhiri share screen
pada zoom meeting. Selanjutnya penulis langsung menutup kegiatan pelatihan
tutorial online kedua sekaligus terakhir, dimana telah tuntas membahas seluruh
materi mengenai cara memanfaatkan, membuat dan menggunakan media pembelajaran
berupa powerpoint interaktif dan sebelum mengakhiri zoom meeting penulis
memberikan sedikit arahan dan informasi kepada masyarakat sasaran mengenai kegiatan
pada minggu berikutnya, sekaligus menginformasikan kembali bahwa masyarakat
sasaran diminta untuk membuat sendiri power point interaktif sesuai dengan
kreatifitas masing-masing serta materi yang telah dilatih dalam 2 kali
pertemuan ini. Selanjutnya untuk menutup zoom meeting ini penulis mengakhirinya
dengan mengucapkan salam penutup serta mengucapkan terima kasih kepada
masyarakat sasaran atas perhatian yang diberikan selama pelaksanaan pelatihan
online serta penulis tidak lupa meminta maaf apabila terdapat tutur kata yang
kurang berkenan selama kegiatan berlangsung. Terakhir penulis mengizinkan
masyarakat sasaran untuk meninggalkan zoom meeting. Setelah zoom meeting berakhir,
melalui whatsapp group penulis mengirimkan
file materi media powerpoint interaktif dari gabungan hasil tutorial online
pertama dan kedua yang telah diberikan pada zoom meeting, hal ini agar
masyarakat sasaran dapat menjadikan powerpoint interaktif tersebut sebagai
bahan referensi untuk membuat powerpoint interaktif yang nantinya masyarakat
sasaran akan kreasikan sendiri.
Materi pelatihan
online kedua yang diberikan dan dibahas, yakni melanjutkan pembahasan pada
pelatihan pertama, seperti membahas mengenai bagaimana cara guru memanfaatkan fitur
trigger untuk membuat power point
interktif di dalam proses pembelajaran tatap muka di kelas, lalu memberikan
tutorial online pada zoom meeting dengan memberitahukan cara pembuatan dan
penggunaan power point interaktif pada bagian quiz dan rangkuman. Mulai dari memberikan
background yang menarik, pemberian shape,
penulisan soal dan jawaban, pemberian ikon, serta pemberian hyperlink, trigger, animation, dan sound. Pelatihan tutorial online kedua
ini lebih difokuskan untuk memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan dan
penggunaan hyperlink, trigger, animation, dan sound pada
slide quiz dalam membuat power point interaktif. Jadi disana penulis memberikan
pelatihan kepada para masyarakat sasaran mulai dari mengetik soal hingga
membuat quiz menjadi interaktif dengan adanya hyperlink yang membuat kolom jawaban terhubung dengan ikon benar
dan salah yang dihubungkan dengan bantuan trigger.
Jadi power point interaktif ini dilanjutkan dari slide latihan soal yang
berisikan judul atau cover bertuliskan “latihan soal”. Selanjutnya pada slide
berikutnya berisikan soal dari nomor 1 sampai nomor 5 dengan masing-masing
slide berisikan 1 buah soal dengan 4 buah pilihan jawaban yang masing-masing
jawaban telah terhubung dengan ikon benar dan salah yang juga disertai dengan efek
suara tepuk tangan untuk jawaban yang benar atau efek suara bom untuk jawaban
yang salah. Masing-masing slide juga disetai dengan gambar pendukung soal. Jadi
ikon untuk jawaban benar dan salah tersebut pertama diberikan animasi muncul
dan animasi keluar, setelah itu diisikan trigger
menuju pilihan jawaban yang benar dan jawaban yang salah. Sehingga nantinya
ketika power point dishow dan saat siswa atau guru mengklik salah satu jawaban
dan muncul ikon sedih dengan suara boom, maka jawaban tersebut salah. Sedangkan
ketika diklik kolom jawaban dan muncul ikon senang dengan suara tepuk tangan,
maka jawaban tersebutlah yang benar. Seluruh soal yang disediakan diberikan fitur
seperti itu agar pembelajaran menjadi interaktif dan menarik bagi siswa. Selanjutnya
untuk slide rangkuman hanya dibuat sederhana saja dengan sebuah shape sebagai judul dan berisi rangkuman
dari materi pelajaran. Kemudian sama seperti slide-slide sebelumnya yang diberikan
ikon tambahan berupa tanda yang bertuliskan “back” dan “next”. Sehingga ketika
ikon “back” diklik, maka slide power point akan otomatis menuju slide
sebelumnya atau slide menu tergantung dimana tempat ikon tersebut berada.
Apabila berada pada pertengahan atau akhir slide quiz dan rangkuman maka akan
menuju slide sebelumnya, namun jika berada pada awal slide quiz dan rangkuman
maka akan menuju slide menu untuk menuju pilihan berikutnya. Sedangkan jika
mengklik ikon “next” maka akan menuju slide selanjutnya atau dapat juga menuju
slide menu ketika ikon “next” ini berada di akhir quiz. Kemudian terakhir ada
juga ikon silang “X” yang bila ditekan maka slide show akan berakhir, ikon ini
disisipkan di setiap slide presentasi. Semua ikon-ikon tersebut telah diisi hyperlink yang disesuaikan dengan
keperluan sehingga ikon tersebut memiliki aksi yang disesuaikan dengan yang
dipilih pada hyperlink. Dapat berupa
“next slide”, “slide…”, “previous slide”, dan “end show”. Jadi pelatihan tutorial
online kedua ini merupakan pelatihan terakhir. Pelaksanaan kegiatan pelatihan
tutorial online kedua mengenai cara memanfaatkan, membuat, dan menggunakan
media powerpoint interaktif, yang diadakan pada hari Jumat, 23 Juli 2021 ini
berjalan dengan baik dan terarah, serta semua masyarakat sasaran yang mengikuti
pelatihan mendengarkan dan memperhatikan penjelasan penulis dengan baik
meskipun terjadi beberapa kendala seperti sebagian masyarakat sasaran tidak
dapat menghidupkan kamera atau keluar masuk zoom karena kendala sinyal. Akan
tetapi kegiatan pelatihan tutorial online kedua ini tetap berjalan kondusif.
Seperti ketika ada hal yang kurang dimengerti, masyarakat sasaran tidak enggan
untuk mengajukan pertanyaan, atau masyarakat sasaran sesekali memberikan
masukan, serta masyakarat sasaran juga selalu menjawab dengan cepat pertanyaan
yang penulis ajukan dan memberikan respon yang baik juga, sehingga pelaksanaan
kegiatan pelatihan tutorial online ini berjalan dengan sangat baik dan lancar.
- Berikut ini saya
lampirkan link untuk melihat materi pelatihan dan bukti dokumentasi kegiatan pelatihan tutorial
online kedua di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi
Bali: https://drive.google.com/drive/folders/1UcSc-gdWaJRXp-LWavCX6uAxBZRKDUPW?usp=sharing