Pelatihan Tutorial Online Kedua (Terakhir) Mengenai Cara Memanfaatkan, Membuat, dan Menggunakan Power Point Interaktif dalam Mengoptimalkan Proses Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali

            Solusi yang diberikan mahasiswa dalam kegiatan KKNbD Undiksha 2021 untuk mengatasi persoalan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran (7 orang guru SD) di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali dituangkan dalam sebuah program pelatihan tutorial online cara memanfaatkan, membuat, dan menggunakan power point interaktif dalam mengoptimalkan proses pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19. Program pelatihan tutorial online ini dilaksanakan secara online melalui media zoom meeting yang dibagi menjadi dua kali pertemuan. Pelatihan tutorial online pertama telah dilaksanakan pada Jumat, 16 Juli 2021 melalui zoom meeting yang telah membahas setengah dari materi pelatihan. Oleh karena itu, pada hari ini Jumat, 23 Juli 2021 kembali lagi diadakan pelatihan tutorial online yang kedua sekaligus yang terakhir melalui media zoom meeting juga untuk melanjutkan pembahasan dari materi pelatihan yang telah dibuat sebelumnya. Jadi, pembahasan mengenai tujuan pembelajaran dan materi pelajaran telah dibahas pada pelatihan tutorial online yang pertama, sehingga pada tutorial online kedua ini membahas mengenai pemanfaatan, pembuatan, dan penggunaan quiz serta rangkuman dalam power point interaktif.

            Pada hari Kamis, 22 Juli 2021, penulis telah menginformasikan kepada masyarakat sasaran melalui whatsapp group mengenai jadwal pelaksanaan kegiatan pelatihan tutorial online kedua mengenai cara memanfaatkan, membuat, dan menggunakan media pembelajaran power point interaktif. Penulis bertanya pada seluruh masyakarakat sasaran bisa atau tidaknya mengikuti pelatihan tutorial online kedua di zoom meeting. Hal ini dilakukan agar nantinya dapat mencari jam atau hari lain untuk mengganti pelaksanaan kegiatan tutorial ini, jika memang banyak guru yang tidak bisa hadir pada hari serta jam tersebut untuk mengikuti pelatihan. Kemudian pada saat tersebut respon masyakarat sasaran semua bisa mengikuti pada hari Jumat, 23 Juli 2021 pukul 15.00 WITA, sehingga pelatihan tetap dilaksanakan pada hari, tanggal, dan waktu sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya serta penulis juga memberikan informasi kapan link zoom meeting akan dikirimkan pada Whatsapp Group. Kemudian tepat pada Hari Jumat, 23 Juli 2021 melalui Whatsapp Group penulis mengirimkan link zoom meeting 30 menit sebelum zoom meeting dimulai. Kemudian, penulis meminta masyarakat sasaran untuk bergabung pada zoom meeting sekitar 10 atau 5 menit sebelum pukul 15.00 WITA. Pelatihan ini diikuti oleh 7 orang masyarakat sasaran yang berprofesi sebagai guru SD yang berasal dari lokasi yang sama yaitu Desa Kaliakah.

            Pelaksanaan zoom meeting dimulai tidak tepat waktu, hal ini karena beberapa kendala, seperti menunggu masyarakat sasaran yang belum bisa join saat waktu telah menunjukkan pukul 15.00 WITA karena terganggu oleh jaringan internet yang buruk. Selain itu karena sempat menunggu beberapa masyarakat sasaran yang belum bergabung, karena masih ada sedikit kesibukan lain. Oleh karena itu, pelaksanaan zoom meeting baru dapat dimulai lengkap oleh seluruh masyarakat sasaran sekitar pukul 15.10 WITA. Selanjutnya, ketika seluruh masyakarat sasaran sudah bergabung pada zoom meeting, maka penulis langsung menyapa, memberi salam terlebih dahulu kepada seluruh masyarakat sasaran yang hadir pada zoom meeting kali ini serta tidak lupa juga mengucapkan terima kasih atas ketersediaan masyarakat sasaran dalam pelaksanaan pelatihan tutorial online kali ini meskipun sedang memiliki kesibukan lain. Tidak lupa pula penulis meminta masyarakat sasaran untuk menyalakan kamera karena akan mengambil dokumentasi. Meskipun setelahnya banyak masyarakat sasaran yang menonaktifkan kamera karena sembari melaksanakan kegiatan lain serta karena kendala sinyal. Setelah itu, penulis langsung memberikan tutorial online mengenai bagaimana cara memanfaatkan, membuat, dan menggunakan powerpoint interaktif dalam proses pembelajaran, dimana sebelumnya penulis telah menyiapkan materi berupa powerpoint interaktif yang akan dijelaskan pada pelatihan tutorial pertama. Sehingga saat pemberian tutorial online, maka penulis tinggal mengajarkan bagaimana langkah demi langkah dalam pembuatan powerpoint interaktif sesuai dengan powerpoint interaktif yang telah disiapkan oleh penulis sebelumnya. Pemberian pelatihan tutorial online dalam pemanfaatan, pembuatan, dan penggunaan power point interaktif ini dijelaskan secara langsung dan rinci tahapan demi tahapan pembuatan powerpoint interaktif. Jika sebelumnya telah dijelaskan hingga slide materi, maka dilanjutkan untuk menjelaskan mulai dari slide quiz. Jadi diawali dengan slide yang bertuliskan latihan soal sebagai pembuka bahwa akan menuju latihan soal atau quiz interkatif dalam proses pembelajaran. Setelah itu dilanjutkan dengan slide yang berisi soal dari 1 sampai 5, kemudian slide rangkuman, dan terakhir slide penutup (terima kasih). Jadi hampir sama dengan pelatihan yang pertama, penulis tetap menekankan penggunaan fitur-fitur pada microsoft powerpoint yang digunakan untuk membuat sebuah powerpoint menjadi interaktif seperti hyperlink, trigger, animation, dll. Selain itu, penulis juga mengajarkan bagimana cara mendownload emoticon bergerak (gif) yang digunakan untuk menunjukkan jawaban salah dan benar pada quiz, serta mendownload gambar-gambar yang diperlukan pada quiz sekaligus dapat juga digunakan untuk mempercantik tampilan power point. Serta selama proses pelatihan tutorial online ini, penulis terbuka dan selalu mengizinkan masyarakat sasaran untuk bertanya mengenai hal yang tidak dimengerti maupun memberikan masukan untuk mengoptimalkan power point interaktif ini dalam pembelajaran. Setelah memberikan pelatihan tutorial online kedua ini dengan rinci dan  detail serta telah melakukan sesi diskusi dan menjawab pertanyaan dari guru, maka penulis kemudian mengakhiri share screen pada zoom meeting. Selanjutnya penulis langsung menutup kegiatan pelatihan tutorial online kedua sekaligus terakhir, dimana telah tuntas membahas seluruh materi mengenai cara memanfaatkan, membuat dan menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint interaktif dan sebelum mengakhiri zoom meeting penulis memberikan sedikit arahan dan informasi kepada masyarakat sasaran mengenai kegiatan pada minggu berikutnya, sekaligus menginformasikan kembali bahwa masyarakat sasaran diminta untuk membuat sendiri power point interaktif sesuai dengan kreatifitas masing-masing serta materi yang telah dilatih dalam 2 kali pertemuan ini. Selanjutnya untuk menutup zoom meeting ini penulis mengakhirinya dengan mengucapkan salam penutup serta mengucapkan terima kasih kepada masyarakat sasaran atas perhatian yang diberikan selama pelaksanaan pelatihan online serta penulis tidak lupa meminta maaf apabila terdapat tutur kata yang kurang berkenan selama kegiatan berlangsung. Terakhir penulis mengizinkan masyarakat sasaran untuk meninggalkan zoom meeting. Setelah zoom meeting berakhir, melalui whatsapp group penulis mengirimkan file materi media powerpoint interaktif dari gabungan hasil tutorial online pertama dan kedua yang telah diberikan pada zoom meeting, hal ini agar masyarakat sasaran dapat menjadikan powerpoint interaktif tersebut sebagai bahan referensi untuk membuat powerpoint interaktif yang nantinya masyarakat sasaran akan kreasikan sendiri.

            Materi pelatihan online kedua yang diberikan dan dibahas, yakni melanjutkan pembahasan pada pelatihan pertama, seperti membahas mengenai bagaimana cara guru memanfaatkan fitur trigger untuk membuat power point interktif di dalam proses pembelajaran tatap muka di kelas, lalu memberikan tutorial online pada zoom meeting dengan memberitahukan cara pembuatan dan penggunaan power point interaktif pada bagian quiz dan rangkuman. Mulai dari memberikan background yang menarik, pemberian shape, penulisan soal dan jawaban, pemberian ikon, serta pemberian hyperlink, trigger, animation, dan sound. Pelatihan tutorial online kedua ini lebih difokuskan untuk memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan dan penggunaan hyperlink, trigger, animation, dan sound pada slide quiz dalam membuat power point interaktif. Jadi disana penulis memberikan pelatihan kepada para masyarakat sasaran mulai dari mengetik soal hingga membuat quiz menjadi interaktif dengan adanya hyperlink yang membuat kolom jawaban terhubung dengan ikon benar dan salah yang dihubungkan dengan bantuan trigger. Jadi power point interaktif ini dilanjutkan dari slide latihan soal yang berisikan judul atau cover bertuliskan “latihan soal”. Selanjutnya pada slide berikutnya berisikan soal dari nomor 1 sampai nomor 5 dengan masing-masing slide berisikan 1 buah soal dengan 4 buah pilihan jawaban yang masing-masing jawaban telah terhubung dengan ikon benar dan salah yang juga disertai dengan efek suara tepuk tangan untuk jawaban yang benar atau efek suara bom untuk jawaban yang salah. Masing-masing slide juga disetai dengan gambar pendukung soal. Jadi ikon untuk jawaban benar dan salah tersebut pertama diberikan animasi muncul dan animasi keluar, setelah itu diisikan trigger menuju pilihan jawaban yang benar dan jawaban yang salah. Sehingga nantinya ketika power point dishow dan saat siswa atau guru mengklik salah satu jawaban dan muncul ikon sedih dengan suara boom, maka jawaban tersebut salah. Sedangkan ketika diklik kolom jawaban dan muncul ikon senang dengan suara tepuk tangan, maka jawaban tersebutlah yang benar. Seluruh soal yang disediakan diberikan fitur seperti itu agar pembelajaran menjadi interaktif dan menarik bagi siswa. Selanjutnya untuk slide rangkuman hanya dibuat sederhana saja dengan sebuah shape sebagai judul dan berisi rangkuman dari materi pelajaran. Kemudian sama seperti slide-slide sebelumnya yang diberikan ikon tambahan berupa tanda yang bertuliskan “back” dan “next”. Sehingga ketika ikon “back” diklik, maka slide power point akan otomatis menuju slide sebelumnya atau slide menu tergantung dimana tempat ikon tersebut berada. Apabila berada pada pertengahan atau akhir slide quiz dan rangkuman maka akan menuju slide sebelumnya, namun jika berada pada awal slide quiz dan rangkuman maka akan menuju slide menu untuk menuju pilihan berikutnya. Sedangkan jika mengklik ikon “next” maka akan menuju slide selanjutnya atau dapat juga menuju slide menu ketika ikon “next” ini berada di akhir quiz. Kemudian terakhir ada juga ikon silang “X” yang bila ditekan maka slide show akan berakhir, ikon ini disisipkan di setiap slide presentasi. Semua ikon-ikon tersebut telah diisi hyperlink yang disesuaikan dengan keperluan sehingga ikon tersebut memiliki aksi yang disesuaikan dengan yang dipilih pada hyperlink. Dapat berupa “next slide”, “slide…”, “previous slide”, dan “end show”. Jadi pelatihan tutorial online kedua ini merupakan pelatihan terakhir. Pelaksanaan kegiatan pelatihan tutorial online kedua mengenai cara memanfaatkan, membuat, dan menggunakan media powerpoint interaktif, yang diadakan pada hari Jumat, 23 Juli 2021 ini berjalan dengan baik dan terarah, serta semua masyarakat sasaran yang mengikuti pelatihan mendengarkan dan memperhatikan penjelasan penulis dengan baik meskipun terjadi beberapa kendala seperti sebagian masyarakat sasaran tidak dapat menghidupkan kamera atau keluar masuk zoom karena kendala sinyal. Akan tetapi kegiatan pelatihan tutorial online kedua ini tetap berjalan kondusif. Seperti ketika ada hal yang kurang dimengerti, masyarakat sasaran tidak enggan untuk mengajukan pertanyaan, atau masyarakat sasaran sesekali memberikan masukan, serta masyakarat sasaran juga selalu menjawab dengan cepat pertanyaan yang penulis ajukan dan memberikan respon yang baik juga, sehingga pelaksanaan kegiatan pelatihan tutorial online ini berjalan dengan sangat baik dan lancar.

Tentang Penulis