Pemanfaatan Media Sosial Untuk Menunjang Perekonomian
- Oleh Ni Putu Novi Diantari
- Sunday 26/07/2020
- Kelompok 126, Kelompok, Kelompok
Pada minggu ketiga kegiatan yang dilakukan
masyarakat sasaran masih sama seperti pada minggu kedua yaitu memproduksi
produk sesuai arahan yang terdapat dalam video, pada pelaksanaan kali ini
masyarakat sasaran tidak menemukan kendala dalam pembuatan produk, hal ini
dapat berjalan dengan lancar dikarenakan masyarakat sasaran telah mempelajari
secara bertahap bagaimana pembuatan produk yang tepat agar produk dapat
dijadikan bisnis serta mampu menarik minat para pembeli. Setelah selesai dalam
pembuatan produk langkah selanjutnya yitu proses penjualan, untuk mempromosikan
produk masyarakat sasaran diarahkan untuk memanfaatkan media sosial yang telah
biasa digunakan setiap hari oleh masyarakat sasaran yaitu promosi online melalui aplikasi WhatsApp, instagram dan facebook.
Dengan langkah promosi online ini
akan membantu dalam promosi lebih cepat, masyarakat lain akan mengetahui bahwa
ada prosuk baru yang siap diantar kerumah. Pembeli dapat memesan produk melalui
media sosial, masyarakat sasaran mempromosikan produk melalui bantuan fitur story pada setiap aplikasi,
melalui fitur ini masyarakat sasaran
membuat pamplet ataupun video yang menarik untuk mempromosikan produk sesuai
dengan kemampuan masing – masing masyarakat sasaran. Diharapkan dengan langkah
– langkah ini produk yang telah dibuat oleh masyarakat sasaran akan mampu
menarik perhatian masyarakat untuk membelinya. Dalam kegiatan kali ini
masyarakat sasaran tidak mengalami kendala yang berarti dikarenakan masyarakat
dengan usia yang relatif masih muda yang sudah terbiasa menggunakan fitur yang ada didalam media sosial yang
biasanya digunakan untuk memposting suatu kejadian yang ingin dibagikan kepada
publik dengan hal ini karena masyarakat sasaran telah terbiasa dengan kegiatan
ini, masyarakat sasaran dengan antusias yang tinggi untuk berlomba – lomba
membuat promosi melalui story di
media sosialnya semenarik mungkin. Berikut link untuk melihat salah satu contoh bagaimana cara mempromosikan produk yang dibuat oleh masyarakat sasaran: https://drive.google.com/file/d/1-v3MqQoBmgqt1vcFc84HpYGlS1XENcO5/view?usp=sharing