Pemantauan Tahap Awal Penggunaan Aplikasi Duolingo
- Oleh Komang Laksmi Mas Nararya Riris
- Monday 19/07/2021
- Kelompok 221, Kelompok, Kelompok
Di abad
ke-21 ini khususnya era globalisasi, Bahasa Inggris menjadi bahasa
Internasional yang wajib dipelajari. Bahasa Internasional adalah bahasa yang
kita gunakan agar bisa berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh
dunia. Sehingga, dengan mempelajari bahasa inggris kita akan
terbantu dalam memudahkan berkomunikasi, membantu dalam bidang pendidikan
bahkan bersaing di dunia kerja. Oleh sebab itu, membiasakan diri belajar bahasa
inggris sejak awal akan sangat berguna bagi kita di masa depan.
Duolingo merupakan aplikasi yang menarik dan
menyenangkan karena merupakan aplikasi gamifikasi, artinya pengguna dapat
belajar bahasa Inggris layaknya seperti main game karena aplikasi ini
memanfaatkan metode audio visual dalam belajar. Dengan aplikasi gamifikasi,
para pelajar dan mahasiswa bisa belajar bahasa Inggris secara santai dan
menyenangkan. Berdasarkan hasil observasi Widyastuti & Kusumadewi (2018),
Duolingo membuat kegiatan belajar lebih kreatif, efektif, dan inovatif.
Dalam project
saya yang berjudul “Pendampingan
Penggunaan Aplikasi Gamifikasi Duolingo sebagai Media Penunjang Pembelajaran
Bahasa Inggris di Banjar Batanancak, Mas, Ubud”. Belajar
Bahasa Inggris menjadi elemen penting dalam kegiatan, tentunya dengan
memanfaatkan teknologi berupa Aplikasi Belajar Bahasa Duolingo. Pada hari
ketujuh, 14 Juli 2021, tata cara penggunaan aplikasi telah disampaikan kepada
masyarakat sasaran melalui google drive. Maka, pada hari ke delapan yaitu 15
Juli 2021 dan hari kesembilan yaitu 16 Juli 2021, saya melakukan pemantauan
terhadap progress dan kendala masyarakat sasaran. Salah satu masyarakat sasaran
terlihat terkendala dalam memilih opsi belajar Bahasa Inggris karena tidak
tercantum pilihan itu, namun kendala telah dapat diselesaikan. Pada hari
kesembilan, seluruh masyarakat sasaran telah melakukan tes penempatan dan
beberapa sudah memulai tes tahap dasar sehingga telah terhitung hari pertama dalam
1 week challenge Duolingo. Dapat dilihat bahwa respon masyarakat sasaran sangat
baik. Hal ini karena inisiatif memulai permainan yang sangat baik setelah
melakukan tes penempatan. Dapat disimpulkan bahwa game Duolingo menarik minat
pelajar maupun mahasiswa dalam belajar Bahasa Inggris.
Link terkait: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas