Pemantauan Tahap Awal Penggunaan Aplikasi Duolingo

Di abad ke-21 ini khususnya era globalisasi, Bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional yang wajib dipelajari. Bahasa Internasional adalah bahasa yang kita gunakan agar bisa berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia.  Sehingga, dengan mempelajari bahasa inggris kita akan terbantu dalam memudahkan berkomunikasi, membantu dalam bidang pendidikan bahkan bersaing di dunia kerja. Oleh sebab itu, membiasakan diri belajar bahasa inggris sejak awal akan sangat berguna bagi kita di masa depan.

Duolingo merupakan aplikasi yang menarik dan menyenangkan karena merupakan aplikasi gamifikasi, artinya pengguna dapat belajar bahasa Inggris layaknya seperti main game karena aplikasi ini memanfaatkan metode audio visual dalam belajar. Dengan aplikasi gamifikasi, para pelajar dan mahasiswa bisa belajar bahasa Inggris secara santai dan menyenangkan. Berdasarkan hasil observasi Widyastuti & Kusumadewi (2018), Duolingo membuat kegiatan belajar lebih kreatif, efektif, dan inovatif.

Dalam project saya yang berjudul “Pendampingan Penggunaan Aplikasi Gamifikasi Duolingo sebagai Media Penunjang Pembelajaran Bahasa Inggris di Banjar Batanancak, Mas, Ubud”. Belajar Bahasa Inggris menjadi elemen penting dalam kegiatan, tentunya dengan memanfaatkan teknologi berupa Aplikasi Belajar Bahasa Duolingo. Pada hari ketujuh, 14 Juli 2021, tata cara penggunaan aplikasi telah disampaikan kepada masyarakat sasaran melalui google drive. Maka, pada hari ke delapan yaitu 15 Juli 2021 dan hari kesembilan yaitu 16 Juli 2021, saya melakukan pemantauan terhadap progress dan kendala masyarakat sasaran. Salah satu masyarakat sasaran terlihat terkendala dalam memilih opsi belajar Bahasa Inggris karena tidak tercantum pilihan itu, namun kendala telah dapat diselesaikan. Pada hari kesembilan, seluruh masyarakat sasaran telah melakukan tes penempatan dan beberapa sudah memulai tes tahap dasar sehingga telah terhitung hari pertama dalam 1 week challenge Duolingo. Dapat dilihat bahwa respon masyarakat sasaran sangat baik. Hal ini karena inisiatif memulai permainan yang sangat baik setelah melakukan tes penempatan. Dapat disimpulkan bahwa game Duolingo menarik minat pelajar maupun mahasiswa dalam belajar Bahasa Inggris.

Link terkait: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas


Tentang Penulis
Komang Laksmi Mas Nararya Riris