Pemasaran Secara Online Pedagang Upakara
- Oleh Ni Komang Merry Rastyaningsih
- Saturday 11/07/2020
- Kelompok 56, Kelompok, Kelompok
Proses pemasaran online pedagang upakara masih dilaksanakan. Hal ini sebagai upaya branding (pengenalan) dari pedagang tersebut. Pemasaran ini dilakukan baik melalui WhatsApp maupun Facebook pribadi. Namun, pemasaran melalui Facebook memang dinilai lebih efektif, hal ini dikarenakan postingan/pemasaran tersebar lebih luas. Dibandingkan via WhatsApp yang masih berorientasi pada kenalan/teman di sekitar pedagang.
Pedagang Upakara yang sebelumnya berjualan di pasar, lebih merasakan manfaat dari penjualan online ini. Mengingat pada sebelum terjadinya Covid-19, jam pasar dibuka pukul 4-8 pagi. Sedangkan setelah terjadinya pandemi Covid-19 pasar dibuka pada pukul 6-10 pagi. Meskipun lamanya waktu buka pasar masih sama, yaitu 4 jam. Namun lamanya konsumen yang pergi ke pasar (setelah terjadi pandemi covid-19) hanya terjadi selama 1 jam. Sehingga waktu pedagang untuk menjajakan dagangannya menjadi terbatas. Dengan adanya pemasaran online ini, Pedagang Upakara di pasar mampu memperoleh penghasilan tanpa terikat jam pasar.