Pembahasan Materi Lanjutan tentang Klasifikasi Makhluk Hidup serta Pemberian Soal yang Dikerjakan secara Individu dan Kelompok untuk Mengetahui Pemahaman Siswa

Pada hari Kamis, 23 Juli 2020 tepatnya pukul 18.00 WITA sampai 20.00 WITA bertempat di Br. Sama Undisan, Jehem, Tembuku, Bangli telah dilaksanakan kegiatan pengelolaan belajar secara daring mata pelajaran IPA bersama dengan masyarakat sasaran, masyarakat sasaran ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tembuku. Kegiatan pengelolaan belajar secara daring dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. Pelaksanaan kegiatan pengelolaan belajar dapat dikatakan cukup lancar, meskipun terdapat beberapa siswa yang lambat merespon. Kegiatan pada hari kamis dimulai dengan penulis mengumumkan bahwa tugas yang telah dikerjakan sebelumnya agar segara dikumpulkan dan akan dibahas pada pertemuan hari sabtu. Setelah itu penulis membagikan lanjutan materi sebelumnya terkait klasifikasi makhluk hidup, dimana yang dibahas yaitu tentang (cara pengklasifikasian makhluk hidup (klasifikasi dikotom dan determinasi), mengenal dan menggunakan mikroskop (bagian-bagian mikroskop dan fungsinya, langkah-langkah menggunakan mikroskop)). Selanjutnya penulis meminta siswa selama 35 menit untuk mencermati materi dalam bentuk PPT yang telah dibagikan dan setelah 35 menit, penulis mewajibkan masing-masing siswa membuat satu pertanyaan terkait materi yang dicermati. Pertanyaan yang telah dibuat oleh siswa nantinya akan dijawab secara acak. Setelah siswa menjawab pertanyaan, lalu penulis memberikan feedback atas jawaban yang telah dikemukakan oleh siswa. Diakhir pertemuan penulis memberikan soal yang akan dikerjakan secara berkelompok dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pada hari Sabtu, 25 Juli 2020 tepatnya pukul 19.00 WITA sampai 20.15 WITA bertempat di Br. Sama Undisan, Jehem, Tembuku, Bangli telah dilaksanakan kegiatan pengelolaan belajar secara daring mata pelajaran IPA bersama dengan masyarakat sasaran, masyarakat sasaran ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tembuku. Kegiatan pengelolaan belajar secara daring dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. Pelaksanaan kegiatan pengelolaan belajar dapat dikatakan cukup lancar, meskipun terdapat beberapa siswa yang lambat merespon dan terdapat satu siswa yang tidak hadir tanpa memberikan alasan. Kegiatan pada hari sabtu dimulai dengan penulis meminta siswa untuk mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan secara individu maupun kelompok. Setelah semua siswa mengumpulkan tugas selanjutnya penulis bertanya kepada siswa terkait materi yang belum dipahami, namun semua siswa menjawab tidak ada yang ditanyakan lagi. Setelah itu penulis langsung membahas tugas yang dikerjakan secara individu maupun kelompok. Pertama yang dibahas yaitu tugas secara individu dari soal no 1 sapai soal terakhir. Selanjutnya penulis menayakan kepada siswa apakah terdapat tanggapan lain atau tidak dari jawaban yang telah dikerjakan oleh temanya. Setelah terdapat siswa yang menanggapi, penulis langsung memberikan feedback atas jawaban siswa. Untuk tugas kelompok tidak dibahas satu persatu seperti tugas individu karena penulis mengalami kendala yaitu di rumah penulis terjadi konsleting listrik, namun penulis tetap memberikan tanggapan yang telah penulis buat di Microsoft Word dan membagikannya ke WhatsApp Groups yaitu berupa file. Tidak lupa penulis meminta siswa untuk mencermati file yang telah penulis bagikan.