Pembekalan Masyarakat Sasaran terkait Pelaksanaan Program Bincang Bersama Mencegah COVID-19

Pada Sabtu, 10 Juli 2021, penulis memberikan pembekalan kepada masyarakat sasaran terkait pelaksanaan Program Bincang Bersama Mencegah COVID-19. Kegiatan pembekalan dilaksanakan dengan menggunakan media zoom meeting bagi kelompok daring dan pertemuan langsung di rumah masyarakat sasaran bagi kelompok luring.

Kegiatan pembekalan dengan menggunakan media zoom meeting dilaksanakan pada pukul 15.00-15.30 WITA. Agenda diawali dengan berdoa dan dilanjutkan dengan pembekalan kepada masyarakat sasaran. Adapun pokok pembahasan pada kegiatan pembekalan diantaranya latar belakang program, solusi dan target yang akan dicapai, mekanisme pelaksanaan program, dan jadwal pelaksanaan kegiatan. Setelah penyampaian pokok pembahasan, agenda dilanjutkan dengan sesi diskusi. Berdasarkan hasil sesi diskusi, masyarakat sasaran sudah cukup mengerti terkait dengan gambaran pelaksanaan Program Bincang Bersama Mencegah COVID-19. Kemudian, agenda dilanjutkan dengan sesi dokumentasi dan berdoa untuk mengakhiri kegiatan pembekalan kepada kelompok daring. 

Kegiatan pembekalan kepada masyarakat sasaran kelompok luring dilaksanakan di rumah masyarakat sasaran pada pukul 19.00-19.30 WITA. Agenda kegiatan sama seperti pembekalan kepada kelompok daring yaitu diawali dengan berdoa dan dilanjutkan dengan pembekalan kepada masyarakat sasaran dengan pokok pembahasan yang sama. Setelah penyampaian pokok pembahasan, agenda dilanjutkan dengan sesi diskusi. Berdasarkan sesi diskusi, masyarakat sasaran kelompok luring dan penulis membahas kembali mengenai waktu pelaksanaan program kegiatan kedepannya dan menetapkan waktu pelaksanaan beberapa program kerja setiap pukul 19.00 WITA karena pihak masyarakat sasaran sudah memiliki waktu luang pada jam tersebut. Setelah sesi diskusi, agenda dilanjutkan dengan sesi dokumentasi dan berdoa untuk mengakhiri kegiatan pembekalan kepada masyarakat kelompok luring.

Pada kegiatan pembekalan kepada masyarakat sasaran terkait pelaksanaan Program Bincang Bersama Mencegah COVID-19, penulis tidak mengalami kendala baik dari segi teknis maupun hal lainnya. Pada masyarakat sasaran juga tidak terdapat kendala yang cukup besar selama pelaksanaan kegiatan baik dari masyarakat sasaran kelompok daring dan luring. Namun, pada salah satu masyarakat sasaran kelompok daring terdapat sedikit kendala diawal yaitu suara dari penulis kurang lancar didengar sehingga penulis memberikan solusi agar masyarakat sasaran tersebut dapat menonaktifkan kamera zoom meeting terlebih dahulu dan mengaktifkan kembali saat sesi dokumentasi agar sinyal dapat stabil sehingga kendala tersebut dapat diselesaikan.

Tentang Penulis
Ni Putu Finna Kartika Sarimertha