Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Daring Dengan Tema “Tatte Kudasai dan Hajimemashite”

Pata tanggal 10 Juli 2021, telah berlangsung kegiatan pembelajaran bahasa jepang daring dengan tema (Tatte Kudasai dan Hajimemashite). Media yang digunakan dalam pembelajaran berupa WhatsApp dan Google Meet. Pada pertemua ini  penulis secara langsung membahas dua materi sekaligus dikarenakan adanya perubahan jadwal karenakan kondisi penulis yang kurang baik sehingga jadwal untuk tema (Tatte Kudasai) yang seharusnya pada tanggal 7 Juli 2021 dan tema Hajimemashite yang dijadwalkan tanggal 9 Juli 2021, harus mengalami perobakan.

A. Tema Tatte Kudasai

Pembelajaran kembali dibuka setelah semua peserta hadir di room meeting yang telah dibuat sebelum nya. Diawal pembelajaran pebulis mengucapkan salam (aisatsu) dibalas oleh para peserta, hal ini dilakukan untuk membuat para peserta terbiasa mendengar dan mengaplikasikan pembelajaran bahasa Jepang yang sudah di pelajari. Materi tema (Tatte Kudasai) penulis susun dalam bentuk video animasi dan PowerPoint dengan materi yang bersumber dari “Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1 Sakura” kegiatan pembelajaran berlangsung mulai pukul 08:00-09:00. Adapun topik bahasan pada tema tersebut mengenai kalimat perintah/instruksi dan kosa kata angka (1-12)  dalam pelaksanaan pembelajaran peserta akan diajak untuk berpartisipasi secara aktif melalui kegiatan “renshuu shimashou” atau ayo berlatih. Dalam kegiatan ini peserta akan diajak untuk berlatih mengucapkan pelafalan dan makana dari setiap kosa kata bahasa Jepang yang ada dalam tema (Tatte Kudasai).

Pengenalan dan Pelatihan Penulisan Hiragana (Sa-To)

Setelah pembelajaran mengenai (Tate Kudasai) selesai pembelajaran kembali dilanjutkan dengan pengenalan dan latihan penulisan hiragana (Sa-To). Pelatihan penulisan ini dimulai dari jam 9:15-10:00, materi hiragana (Sa-To) penulis susun dalam bentuk PowerPoint. selama pelatihan penulis akan menjelaskan tahapan penulisan masing-masing hiragana, dan peserta secara langsung berlatih menulis hiragana tersebut. Menjelang akhir pembelajaran peserta akan mengerjakan sebuah latihan singkat untuk melatih ingatan peserta terkait hiragana yang telah di pelajari. Pada akhir kegiatan penulis akan menutup pembelajaran dengan salam perpisahan dan dibalas oleh para peserta.

Link Video                                          : https://youtu.be/LYnPGyMnHKQ

Link PowerPoint Tatte Kudasai         : PowerPoint Tatte Kudasai.pptx

Link PowerPoint Hiragana (Sa-To)    : Hiragana (Sa-To) KKNbD.pptx

A. Tema  Hajimemashite

Pembelajaran dibuka tema (Hajimemashite) dimulai setelah para peserta hadir di dalam room meet yang telah di sediakan. Pembelajaran dibuka dengan salam (aisatsu) dilanjutkan dengan pengenalan tema (Hajimemashite)  yang meliputi materi perkenalan diri (Jikoshoukai).  Pada materi ini peserta akan mengenal cara untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang, kosakata-kosakata yang digunakan dalam (jikoshoukai), dan pelafalan dari setiap kosakata tersebut. Pembelajaran tersebut berlangsung dari pukul 20:00-21:00 dan materinya disusun dalam bentuk video animasi dan PowerPoint. Selama pembelajaran penulis menjelaskan hal-hal utama (pola kalimat, kosakata, dan pelafalan) yang terkandung dalam tema tersebut kemudian para peserta berlatih untuk meemperkenalkan diri dalam bahasa Jepang dengan mengunakan pola kalimat yang telah di pelajari.

B. Pengenalan dan Pelatihan Penulisan Hiragana (Na-Ho)

Setelah pembelajaran materi (Hajimemashite) berakhir pembelajaran kembali dilanjutkan dengan materi pengenalan dan pelatihan penulisan hiragana (Na-Ho) yang dimulai dari pukul 21:05-22:00 dan materi penulis susun dalam bentuk PowerPoint. Selama pembelajaran berlangsung penulis menjelaskan mengenai tahapan penulisan masing-masing hiragana tersebut yang kemudian akan di praktekkan secara langsung oleh para peserta. menjelang akhir kegiatan para peserta  diminta untuk mengerjakan latihan soal untuk meningkatkan dan melihat pemahaman peserta terakit materi yang disampaikan. Pada akhir kegiatan penulis menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam dan dibalas oleh para peserta. 

Link Video                                          : https://youtu.be/hjmhKNeTbk8

Link PowerPoint Hajimemashite       : PowerPoint Hajimemashite.pptx

Link PowerPoint Hiragana (Na-Ho) : Hiragana (Na-Ho) KKNbD.pptx

Tentang Penulis