Pembelajaran Daring Bahasa Jepang dengan tema “Denwa bangou”

A. Tema Denwa Bangou

Pada tanggal 11 Juli 2021, telah berlangsung kegiatan pembelajaran bahasa Jepang daring dengan tema pelajaran (Denwa-bangou). Media yang digunakan dalam pembelajaran berupa  Google Meet dan pembelajaran berlangsung dari pukul 16:00-17:00. Sumber materi dari tema (Denwa-bangou) penulis ambil dari “Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1 Sakura” pada Bab 4.

Sebelum memulai pembelajaran penulis membagikan terlebih dahulu link untuk masuk ke dalam room meet. Setelah semua peserta masuk ke dalam room pembelajaran dibuka dengan mengucapkan salam (aisatsu) dan doa bersama, setelahnya penulis membahas mengenai pengenalan materi (Denwa-bangou) yang meliputi pemahaman terhadap kosakata baru (atarashii kotoba) yang meliputi nama-nama kota di Indonesia dalam bahasa Jepang dan kosa kata angka, pemahaman terkait pola kalimat untuk menyatakan nomor telepon dan pola kalimat untuk menyatakan temapat tinggal.

Selama pembelajaran berlangsung penulis menjelaskan mengenai pola kalimat yang bersangkutan dan menjelaskan cara pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. setelah penulis selesai menjelaskan para peserta secara bergilir akan membuat kalimat mengunakan pola kalimat yang telah di jelaskan sebelumnya. Hal ini ditujukan agar para peserta dapat memahami secara langsung bagaimana makna dan pengaplikasian pola kalimat yang telah di pelajari. Terlihat setelah melakukan beberapa kali latihan untuk membuat kalimat, para peserta berangsur-angsur mulai mahir dalam pelafalan kosakata dan pengelolaan dan pengembangan kalimat dalam bahasa Jepang dengan mengunakan pola yang ada.

B. Pengenalan dan Pelatihan Penulisan Hiragana (Ma-Yo)

Setelah pembelajaran terkait (Denwa-bangou) selesai, pembelajaran kembali dilanjutkan dengan materi pengenalan dan latihan penulisan hiragana (Ma-Yo) yang dimulai pukul 17:05-18:00 dan materi terkait hiragana (Ma-Yo) penulis susun dalam bentuk PowerPoint.

Selama pelatihan penulisan berlangsung penulis menjelaskan mengenai tahapan-tahapan penulisan hiragana-hiragana tersebut, yang kemudian di praktekkan secara langsung oleh para peserta. menjelang akhir pembelajaran, kegiatan dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal terkait hiragana yang telah di pelajari dengan tujuan untuk meningkatkan daya ingat dan pemahaman para peserta tentang hiragana tersebut.

Pada akhir kegiatan penulis menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam (aisatsu) dan dibalas oleh pada peserta.   

Link PowerPoint Denwa Bangou       : PowerPoint Denwa bangou.pptx

Link PowerPoint Hiragana (Ma-Yo) : Hiragana (Ma-Yo) KKNbD.pptx


Tentang Penulis