Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Dengan Tema ”Doko ni arimasu ka”

A. Tema Doko Ni Arimasu Ka

Pada tanggal 21 Juli 2021, telah berlangsung pembelajaran bahasa Jepang secara daring dengan tema (Doko ni arimasu ka). Media yang digunakan dalam pembelajaran berupa Google Meet dan pembelajaran berlangsung dari pukul 19:00-20:00. Sumber materi dari tema (Doko ni arimasu ka) diambil dari “Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1 Sakura” dan materi tersebut disusun dalam PowerPoint.

Sebelum memulai pembelajaran penulis membagikan link Google Meet terlebih dahulu kepada para peserta. Setelah para peserta memasuki room meeting perkuliahan dibuka dengan mengucapkan salam (aisatsu) dan doa bersama, setelahnya penulis akan menampilkan slide PowerPoint pada Google Meet. Setelahnya penulis mulai dengan pengenalan materi dari tema (Doko ni arimasu ka) yang meliputi kosakata (kotoba) terkait nama-nama benda yang ada di dalam kelas, kosakata letak (ue, naka, shita), dan pola kalimat yang digunakan untuk menyatakan letak suatu benda (benda mati). Selama pembelajaran berlangsung penulis menjelaskna pengaplikasian dan pengembangan pola kalimat pada tema (Doko ni arimasu ka) dalam pembelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari. selanjutnya para peserta membuat contoh kalimat dari kosakata dan pola kalimat yang telah dijelaskan.

Menjelang akhir pelajaran penulis meminta para peserta untuk menyampaikan kalimat-kalimat yang telah mereka buat untuk mengetahui sejauh mana mereka memahami materi yang telah di berikan. Sebelum pembelajaran dilanjutkan kembali pada pengenalan dan pelatihan penulisan hiragana Kya-Ryo.

B. Pengenalan dan Pelatihan Penulisan Hiragana (Kya-Ryo)

Setelah pembelajaran  mengenai tema doko ni arimasu ka selesai, pembelajaran dilanjutkan pada pengenalan dan pelatihan penulisan hiragana (Kya-Ryo) yang dimulai pada pukul 20:05-21:00, materi terkait hiragana (Kya-Ryo) penulis susun dalam bentuk PowerPoint.

Selama pembelajaran berlangsung penulis menjelaskan menganai tahapan-tahapan penulisan hiragana dari “Kya” sampai “Ryo” setelahnya para peserta secara langsung mempreaktekkan apa yang telah di jelaskan sebelumnya. menjelang akhir pembelajaran penulis memberikan game kepada para peserta berupa game mencocokkan hiragana dengan cara bacanya, hal ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh peserta mampu mengingat dan memahami materi yang telah di berikan. Pada akhir kegiatan penulis menututp pembelajaran dengan mengucapkan salam (aisatsu) dan dibalas oleh para peserta.

Link PowerPoint Doko ni arimasu ka    : PowerPoint Doko ni arimasuka.pptx

Link PowerPoint Hiragana (Kya- Ryo ) : Hiragana (Kya-Ryo) KKNbD.pptx


Tentang Penulis