Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Dengan Tema ”Doko ni arimasu ka”
- Oleh I Gede Sumitra Yasa
- Thursday 05/08/2021
- Kelompok 175, Kelompok, Kelompok
A.
Tema Doko Ni Arimasu Ka
Pada
tanggal 21 Juli 2021, telah berlangsung pembelajaran bahasa Jepang secara
daring dengan tema (Doko ni arimasu ka). Media yang digunakan dalam
pembelajaran berupa Google Meet dan pembelajaran berlangsung dari pukul
19:00-20:00. Sumber materi dari tema (Doko ni arimasu ka) diambil dari “Buku
Pelajaran Bahasa Jepang 1 Sakura” dan materi tersebut disusun dalam PowerPoint.
Sebelum
memulai pembelajaran penulis membagikan link Google Meet terlebih dahulu
kepada para peserta. Setelah para peserta memasuki room meeting perkuliahan
dibuka dengan mengucapkan salam (aisatsu) dan doa bersama, setelahnya penulis
akan menampilkan slide PowerPoint pada Google Meet. Setelahnya
penulis mulai dengan pengenalan materi dari tema (Doko ni arimasu ka) yang
meliputi kosakata (kotoba) terkait nama-nama benda yang ada di dalam kelas,
kosakata letak (ue, naka, shita), dan pola kalimat yang digunakan untuk
menyatakan letak suatu benda (benda mati). Selama pembelajaran berlangsung
penulis menjelaskna pengaplikasian dan pengembangan pola kalimat pada tema
(Doko ni arimasu ka) dalam pembelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari.
selanjutnya para peserta membuat contoh kalimat dari kosakata dan pola kalimat
yang telah dijelaskan.
Menjelang
akhir pelajaran penulis meminta para peserta untuk menyampaikan kalimat-kalimat
yang telah mereka buat untuk mengetahui sejauh mana mereka memahami materi yang
telah di berikan. Sebelum pembelajaran dilanjutkan kembali pada pengenalan dan
pelatihan penulisan hiragana Kya-Ryo.
B. Pengenalan dan
Pelatihan Penulisan Hiragana (Kya-Ryo)
Setelah
pembelajaran mengenai tema doko ni
arimasu ka selesai, pembelajaran dilanjutkan pada pengenalan dan pelatihan penulisan
hiragana (Kya-Ryo) yang dimulai pada pukul 20:05-21:00, materi terkait hiragana
(Kya-Ryo) penulis susun dalam bentuk PowerPoint.
Selama
pembelajaran berlangsung penulis menjelaskan menganai tahapan-tahapan penulisan
hiragana dari “Kya” sampai “Ryo” setelahnya para peserta secara langsung
mempreaktekkan apa yang telah di jelaskan sebelumnya. menjelang akhir
pembelajaran penulis memberikan game kepada para peserta berupa game
mencocokkan hiragana dengan cara bacanya, hal ini bertujuan untuk melihat seberapa
jauh peserta mampu mengingat dan memahami materi yang telah di berikan. Pada
akhir kegiatan penulis menututp pembelajaran dengan mengucapkan salam (aisatsu)
dan dibalas oleh para peserta.
Link PowerPoint Doko ni arimasu ka : PowerPoint Doko ni
arimasuka.pptx
Link
PowerPoint Hiragana (Kya- Ryo ) : Hiragana (Kya-Ryo) KKNbD.pptx