Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Dengan Tema “Doni San Wa Doko Ni Imasu Ka”

A. Tema Doni San Wa Doko Ni Imasu Ka

Pada tanggal 18 Juli 2021, telah berlangsung kegiatan pembelajaran bahasa Jepang secara daring dengan tema pembelajaran (Doni-san wa doko ni imasu ka). Media yang digunakan dalam pembelajaran berupa Google Meet, materi pembelajaran dari tema tersebut bersumber dari “Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1 Sakura”. materi penulis susun dalam PowerPoint, dan pembelajaran tema (Doni-san wa doko ni imasu ka) berlangsung dari pukul 19:00-20:00.

Sebelum pembelajaran dimulai terlebih dahulu penulis membagikan link  Google Meet kepada para peserta, setelah semua peserta masuk ke room meet penulis membuka pelajaran dengan salam (aisatsu) dan doa bersama.  Dilanjutkan dengan pengenalan materi adapun materi yang akan dibahas ialah kosakata untuk menhyatakan keberadaan seseorang (imasu) dan pola kalimat yang diguunakan untuk menyatakan tempat keberadaan seseorang. Selama pembelajaran penulis menjelaskan mengenai bagaimana pengembangan dan pengaplikasian kotoba dan pola kalimat yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. selanjutnya penulis mengajak para peserta untuk bersama-sama berlatih membuat pola kalimat dengan mengunakan referensi gambar denah tempat duduk siswa.

B. Pengenalan  serta Pelatihan Penulisan dan Pelafalan Hiragana Bunyi panjang

Setelah pembelajaran dengan tema “Doni san wa doko ni imasu ka”, pada pukul 21:05- 22:00 pembelajaran dilanjutkan dengan materi huruf Hiragana bunyi panjang. Penulis memberikan materi berupa PPT yang dibagikan melalui fitur “share screen” pada Google Meet. Selain itu, penulis juga membagikan materi tersebut melalui kolom chat pada Google Meet. Hal tersebut dilakukan agar peserta dapat membuka materi tersebut jika mengalami masalah pada jaringannya. 

Pembelajaran dilakuan dengan menjelaskan materi Hiragana bunyi panjang kepada peserta. Setelah itu penulis meminta peserta untuk menjawab soal latihan terkait dengan materi yang diberikan. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan.

Link PowerPoin Doni-san wa doko ni imasu ka   : PowerPoint Doni san wa doko ni imasu ka.pptx

Link PowerPoin Hiragana Bunyi Panjang           : Hiragana Bunyi Panjang.pptx


Tentang Penulis