Pembelajaran Daring Bahasa Jepang dengan tema “Nihongo de nan desu ka”

A. Tema Nihongo De Nan Desu Ka

Pada tanggal 16 Juli 2021, telah berlangsung pembelajaran bahasa Jepang daring dengan tema pembelajaran (Aisatsu) untuk 5 orang remaja di Desa Bukitcatu. Dalam hal ini media yang digunakan dalam pembelajaran berupa WhatsApp dan Google Meet. Pada pertemuan tersebut membahas dua materi yaitu, materi tema lima  (Nihongo de nan desuka) dan materi penulisan huruf Hiragana  yang materinya bersumber dari “Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1 Sakura”.

Sebelum memulai pembelajaran penulis membagikan link Google Meet melalui WhatsApp. Setelah link dibagikan dan seluruh peserta telah memasuki ruang meeting, pembelajaran akan dibuka dengan mengucapkan salam dan doa bersama yang dipimpin oleh penulis, dilanjutkan dengan pengenalan materi. Materi pertama yang dibahas adalah (Nihongo de nan desuka) dalam pembahasannya penulis mengunakan metode diskusi, metode terjemahan (tata bahasa), dan audiolingual. Materi yang disampaikan disusun dalam bentuk video animasi dan PowerPoint,  materi tersebut dibagikan dan dibahas melalui fitur “share screen” pada Google Meet. Selain itu penulis juga membagikan link dari video dan PowerPoint tersebut melalui kolom chat pada Google Meet agar peserta yang mengalami kesulitan sinyal tetap dapat mempelajari materi yang diberikan. Pembelajaran tersebut berlangsung mulai dari jam 19:00-20:00.

Pada pembahasan (Nihongo de nan desuka) memaparkan mengenai kosakata (kotoba), pola kalimat, pelafalan, serta pengaplikasiannya pada kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kali ini membahas nama-nama barang khususnya barang/benda yang biasa dibawa ke sekolah dalam bahasa Jepang. Peserta diajak untuk mengenal kosakata-kosakata yang berhubungan dengan nama benda dalam bahasa Jepang, kemudian dilanjutkan dengan membuat contoh kalimat berdasarkan pola kalimat yang diberikan. Hal ini dilakukan agar peserta dapat menggunakan pola kalimat tersebut untuk menyatakan nama-nama benda tersebut dalam bahasa Jepang. Selama pembelajaran peserta terlihat berangsur-angsur mulai menikmati pembelajaran dan mampu menguasai materi dengan baik terlihat dari pelafalan terhadap kosakata dan cara pengaplikasiannya selama pembelajaran. Pada akhir pembelajaran para peserta akan diminta untuk mengucapkan salam-salam tersebut secara bergilir sebelum pelajaran berakhir.

 

Pengenalan dan Pelatihan Penulisan Hiragana (Ra-N)

Pembelajaran selanjutnya seletah (Nihongo de nan desuka) yaitu pengenalan dan latihan penulisan huruf hiragana (ra-n) yang berlangsung dari pukul 20:05-21:00. Materi penulis susun dalam bentuk PPT yang kemudian di share melalui link Google Meet. Dalam materi pengenalan dan latihan penulisan hiragana (ra-n) penulis menjelaskan tahapan penulisan dari masing-masing hiragana tersebut yang kemudian akan dipraktekkan secara langsung oleh para peserta, pada akhir pembelajaran para peserta akan diminta untuk mengerjakan latihan singkat untuk melihat dan melatih pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan. Latihan tersebut berbetuk mencocokkan huruf hiragana dengan cara bacanya yang tepat. Pada akhir pembelajaran penulis mengucapkan salam perpisahan dalam bahasa Jepang dan dibalas oleh para peserta.

Link Video                                                      : https://youtu.be/voqp0ZIfvWE 

Link PowerPoint Nihongo de nan desuka      : PowerPoint Nihon go de nan desu ka.pptx

Link PowerPoint Hiragana (Ra-N)                 : Hiragana (Ra-N) KKNbD.pptx


Tentang Penulis