Pembelajaran Daring Bahasa Jepang dengan tema “Toire wa doko desu ka”
- Oleh I Gede Sumitra Yasa
- Thursday 05/08/2021
- Kelompok 175, Kelompok, Kelompok
A.
Tema Toire Wa Doko Desu Ka
Pada tanggal 26 Juli
2021, telah berlangsung pembelajaran bahasa Jepang daring dengan tema
pembelajaran (Toire wa doko desuka)
untuk 5 orang remaja di Desa Bukitcatu. Dalam hal ini media yang digunakan
dalam pembelajaran berupa WhatsApp dan Google Meet. Pada
pertemuan tersebut membahas dua materi yaitu, materi tema lima (Toire wa doko desuka) dan fukushuu huruf Hiragana yang materinya bersumber
dari “Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1 Sakura”.
Sebelum memulai
pembelajaran penulis membagikan link Google
Meet melalui WhatsApp. Setelah
link dibagikan dan seluruh peserta telah memasuki ruang meeting, pembelajaran
akan dibuka dengan mengucapkan salam dan doa bersama yang dipimpin oleh penulis,
dilanjutkan dengan pengenalan materi. Materi pertama yang dibahas adalah (Toire wa doko desuka) dalam pembahasannya penulis mengunakan metode diskusi,
metode terjemahan (tata bahasa), dan audiolingual. Materi yang disampaikan
disusun dalam bentuk PowerPoint, materi tersebut dibagikan dan dibahas melalui
fitur “share screen” pada Google Meet.
Selain itu penulis juga membagikan link dari PowerPoint tersebut melalui kolom chat pada Google Meet agar
peserta yang mengalami kesulitan sinyal tetap dapat mempelajari materi yang
diberikan. Pembelajaran tersebut berlangsung mulai dari jam 19:00-20:00.
Pada pembahasan (Toire wa doko desuka) memaparkan mengenai kosakata (kotoba), pola kalimat, pelafalan,
serta pengaplikasiannya pada kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kali ini
membahas kosakata letak/posisi, kemudian juga membahas nama-nama ruangan yang
ada di sekolah dalam bahasa Jepang. Selanjutnya peserta diberikan mengenai pola
kalimat yang dapat digunakan untuk menyatakan letak/posisi ruangan yang ada di
sekolah. Peserta juga diminta untuk membuat contoh kalimat berdasarkan pola
kalimat yang diberikan. Hal ini dilakukan agar peserta dapat menggunakan pola kalimat
tersebut untuk menyatakan letak/posisi ruangan yang ada di sekolah dalam bahasa Jepang. Selama pembelajaran
peserta terlihat berangsur-angsur mulai menikmati pembelajaran dan mampu
menguasai materi dengan baik terlihat dari pelafalan terhadap kosakata dan cara
pengaplikasiannya selama pembelajaran. Pada akhir pembelajaran para peserta
akan diminta untuk mengucapkan salam-salam tersebut secara bergilir sebelum
pelajaran berakhir.
B. Fukushuu Hiragana (A-Ryo)
Pembelajaran
dilanjutkan dengan memberikan fukushuu atau latihan soal mengenai huruf
hiragana yang sudah dipelajri sebelumnya. Hal ini dilakukan agar penulis dapat
mengetahui kemampuan peserta dalam memahami dan mengaplikasikan materi hiragana
yang telah diberikan sebelumnya. selain itu tujuan dari fukushu khusus untuk
hiragana ini ialah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran hiragana yang
telah dilaksanakan efektif untuk para peserta.
Setelah
dilaksanakknya fukusu hiragana (A-Ryo) penulis mendapatkan pemahaman bahwa
telah terjadi peningkatan pada kualitas belajar hiragana para peserta, hal ini
terlihat dari nilai para peserta yang mmeningkat dari sebelumnya.
Link PowerPoint Toire wa doko desuka : PowerPoint Toire wa doko desu ka.pptx
Link Fukushu Hiragana : https://quizizz.com/join/quiz/610b6abf4fb3b51be0cb10/start?studentShare=true