Pembelajaran Daring Bahasa Jepang dengan tema “Toire wa doko desu ka”

A. Tema Toire Wa Doko Desu Ka

Pada tanggal 26 Juli 2021, telah berlangsung pembelajaran bahasa Jepang daring dengan tema pembelajaran (Toire wa doko desuka) untuk 5 orang remaja di Desa Bukitcatu. Dalam hal ini media yang digunakan dalam pembelajaran berupa WhatsApp dan Google Meet. Pada pertemuan tersebut membahas dua materi yaitu, materi tema lima  (Toire wa doko desuka) dan fukushuu huruf Hiragana yang materinya bersumber dari “Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1 Sakura”.

Sebelum memulai pembelajaran penulis membagikan link Google Meet melalui WhatsApp. Setelah link dibagikan dan seluruh peserta telah memasuki ruang meeting, pembelajaran akan dibuka dengan mengucapkan salam dan doa bersama yang dipimpin oleh penulis, dilanjutkan dengan pengenalan materi. Materi pertama yang dibahas adalah (Toire wa doko desuka) dalam pembahasannya penulis mengunakan metode diskusi, metode terjemahan (tata bahasa), dan audiolingual. Materi yang disampaikan disusun dalam bentuk PowerPoint,  materi tersebut dibagikan dan dibahas melalui fitur “share screen” pada Google Meet. Selain itu penulis juga membagikan link dari PowerPoint tersebut melalui kolom chat pada Google Meet agar peserta yang mengalami kesulitan sinyal tetap dapat mempelajari materi yang diberikan. Pembelajaran tersebut berlangsung mulai dari jam 19:00-20:00.

Pada pembahasan (Toire wa doko desuka) memaparkan mengenai kosakata (kotoba), pola kalimat, pelafalan, serta pengaplikasiannya pada kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kali ini membahas kosakata letak/posisi, kemudian juga membahas nama-nama ruangan yang ada di sekolah dalam bahasa Jepang. Selanjutnya peserta diberikan mengenai pola kalimat yang dapat digunakan untuk menyatakan letak/posisi ruangan yang ada di sekolah. Peserta juga diminta untuk membuat contoh kalimat berdasarkan pola kalimat yang diberikan. Hal ini dilakukan agar peserta dapat menggunakan pola kalimat tersebut untuk menyatakan letak/posisi ruangan yang ada di sekolah  dalam bahasa Jepang. Selama pembelajaran peserta terlihat berangsur-angsur mulai menikmati pembelajaran dan mampu menguasai materi dengan baik terlihat dari pelafalan terhadap kosakata dan cara pengaplikasiannya selama pembelajaran. Pada akhir pembelajaran para peserta akan diminta untuk mengucapkan salam-salam tersebut secara bergilir sebelum pelajaran berakhir.

B. Fukushuu Hiragana  (A-Ryo)

Pembelajaran dilanjutkan dengan memberikan fukushuu atau latihan soal mengenai huruf hiragana yang sudah dipelajri sebelumnya. Hal ini dilakukan agar penulis dapat mengetahui kemampuan peserta dalam memahami dan mengaplikasikan materi hiragana yang telah diberikan sebelumnya. selain itu tujuan dari fukushu khusus untuk hiragana ini ialah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran hiragana yang telah dilaksanakan efektif untuk para peserta.

Setelah dilaksanakknya fukusu hiragana (A-Ryo) penulis mendapatkan pemahaman bahwa telah terjadi peningkatan pada kualitas belajar hiragana para peserta, hal ini terlihat dari nilai para peserta yang mmeningkat dari sebelumnya.

Link PowerPoint Toire wa doko desuka : PowerPoint Toire wa doko desu ka.pptx

Link Fukushu Hiragana                          : https://quizizz.com/join/quiz/610b6abf4fb3b51be0cb10/start?studentShare=true

Tentang Penulis