Pembelajaran Daring Bahasa Jepang dengan tema “Tono san no enpitsu desu ka”

Pada tanggal 18 Juli 2021, telah berlangsung kegiatan pembelajaran bahasa Jepang secara daring dengan tema (Tono-san no enpitsu desu ka). Media yang digunakan dalam pembelajaran berupa Google Meet, materi pembelajaran bersumber dari “Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1 Sakura” materi tersebut disusun kedalam PowerPoint, dan  pembelajaran berlangsung dari pukul 19:00-20:00.

Pembelajaran dimulai ketika semua peserta sudah memasuki link meeting yang telah dikirimkan sebelumnya. pembelajaran dibuka dengan salam (aisatsu) dan doa bersama yang dipimpin oleh penulis. Setelahnya dilanjutkan dengan pengenalan materi untuk tema (Tono-san no enpitsu desu ka), dalam tema kali ini materi yang dicakup meliputi pola kalimat yang menyatakan kepemilikan benda dalam bahasa Jepang, pengunaan kosakata yang berkaitan dengan kepemilikan benda (dare = siapa, douzo = silahkan). Selama pembelajaran berlangsung penulis menjelaskan  mengenai cara kosakata (kotoba) yang akan digunakan dan bagaimana cara mengaplikasikannya kedalam pola kalimat. Selanjutnya penulis menjelaskan mengenai pola kalimat terkait kepemilikan benda dan juga pola kalimat untuk menyangkal kepemilikan benda. Setelah penjelasan diberikan para peserta membentuk kelompok belajar 2 sampai 3 orang dan mulai membuat percakapan (kaiwa) dengan topik kepemilikan benda.

Menjelang akhir pembelajaran, untuk mengetahui pemahaman peserta terhadap materi yang di sampaikan penulis memberikan latihan kepada para peserta untuk meyusun pola kalimat berdasarkan contoh gambar yang tertera dalam PowerPoint. Berdasarkan hasil evaluasi para peserta terlihat mulai memahami cara pengaplikasian pola kalimat dan kosakata yang telah diberikan, hal ini terlihat dari kelugasan mereka dalam menyampaikan jawaban terkait latihan yang diminta.    

Pengenalan dan Pelatihan Penulisan Hiragana (Ga-Po)

Setelah pembelajaran mengenai (Tono-san no enpitsu desu ka) selesai pembelajaran kembali dilanjutkan dengan pengenalan dan latihan penulisan hiragana (Ga-Po) pembelajaran dimulai pada pukul 20:05-10:00. Materi dalam pembelajaran bersumber dari  “Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1 Sakura” materi disusun dalam bentuk PowerPoint. Selama pembelajaran berlangsung penulis bemberikan tips-tips sederhana untuk dapat mengingat hiragana dengan mudah yakni dengan memberikan gambar ilustrasi yang menyeruapai hiragana tersebut. Selanjutnya penulis kembali menjelaskan tahapan-tahapan penulisan hiragana-hiragana tersebut secara lebih sederhana agar para peserta dapat memahaminya dengan lebih baik lagi.

Setelah mendengarkan penjelasan dari penulis para peserta segera mempraktekkan apa yang disampaikan oleh penulis. Menjelang akhir perkuliahan para peserta diajak untuk memainkan sebuah game yakni mencocokkan hiragana dengan cara bacanya. Berdasarkan hasil evaluasi hal ini terbukti dapat meningkatkan minat peserta untuk terus belajar, dan meningkatkan daya ingat mereka dengan pembelajaran yang mengasikkan. Pembelajaran diakhiri oleh penulis dengan salam (aisatsu).     

Link PowerPoint Tono-san no enpitsu desu ka : PowerPoint Tono-san no enpitsu desu ka.pptx

Link PowerPoint Hiragana (Ga-po)                  : Hiragana (Ga-Po) KKNbD.pptx


Tentang Penulis