Pembelajaran Daring Tahap 1: Materi tentang Penggunaan do/does dan to be (is, am, are)
- Oleh Ketut Kartika Yani
- Thursday 23/07/2020
- Kelompok 308, Kelompok, Kelompok
Pembelajaran daring secara aktif di mulai sejak Kamis, 09 Juli 2020. Seperti kesepakatan sebelumnya bersama dengan siswa sasaran, media pembelajaran yang digunakan adalah berupa video, gambar, dan PPT. Materi pertama yang dibahasa adalah penggunaaan do/does dan to be (is, am, are). Materi pembelajaran sudah disediakan sebelumnya sehingga penulis langsung membagikan video dan PPT di group whatsapp pada hari tersebut. Penulis juga memberikan arahan kepada siswa sasaran untuk mempelajari materi tersebut. Waktu yang diberikan untuk siswa dalam mempelajari materi tersebut lumayan panjang, yaitu 3 hari. Hal ini bertujuan agar siswa tidak merasa tertekan dan materi yang diberikan bisa dipahami dengan perlahan. Selama tiga hari itu, siswa sasaran diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan sesama anggota group dan juga bertanya kepada penulis. Penulis juga memberikan beberapa soal sebagai latihan untuk mengetahui pemahaman siswa.
Selama diskusi, hanya beberapa siswa yang aktif bertanya. Beberapa dari mereka masih mengalami kesulitan dalam memahami materi, sehingga penulis menyarankan agar siswa membaca dan menonton video yang sudah dibagikan berulang kali. Kebanyakan dari siswa sasaran pada saat latihan soal lupa kapan harus menggunakan do, does, is, am, are. Mereka masih belum bisa berkonstentrasi dengan baik. Sehingga penulis mencari referensi lain untuk mengajar siswa, yaitu dengan menggunakan gambar. Gambar mungkin membuat siswa lebih merasa tertarik dan termotivasi untuk belajar. Gambar ini berhasil untuk membangkitkan semangat siswa. Hal ini dibuktikan dengan siswa sasaran yang mengatkan mereka sudah lebih paham tentang materi tersebut dibandingkan dengan sebelumnya.
Setelah tahap diskusi selesai, penulis memberikan test kepada siswa tentang materi yang dibahas. Test ini di buat dalam sebuah google form. Siswa diberikan waktu selama dua hari untuk menjawab soal-soal yang ada di google form tersebut. Melihat hasil test siswa, mereka terlihat sudah paham dengan materi ini. Tidak seperti post test, test ini hasilnya cukup memuaskan. Rata-rata siswa hanya salah satu dalam menjawab test tersebut. Sebagai evaluasi, penulis membahas test yang diberikan tersebut bersama dengan siswa sasaran dan mengkoreksi jawaban mereka.
Semua materi pembelajaran yang digunakan penulis dalam mengajar daring ini sudah dicompile dalam sebuah Google Cite. Untuk Materi-1, pilih Materi-1 pada home Google Cite.
YouTube: https://youtu.be/6janBA989U4
YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=S6igmBgwAkk
Link Google Cite: https://sites.google.com/view/ketutkartikayani/materi-1