Pembelajaran Hari Keenam Dengan Pemberian Materi Mengenai Teks Eksplanasi dan Teks Prosedur
- Oleh Ni Putu Liana Randika Diantari
- Monday 26/07/2021
- Kelompok 224, Kelompok, Kelompok
Hari Senin, tanggal 26 Juli 2021 menjadi hari keenam saya melaksanakan KKNbD. Kegiatan saya pada hari ini sama seperti sebelumnya yang diawali dengan mempersiapkan bahan ajar, lalu dilanjutkan dengan pelaksanaan pembelajaran, dan yang terakhir evaluasi pembelajaran beserta kegiatan pada hari keenam ini. Pertemuan kali ini dilaksanakan di rumah saya sendiri, tepatnya di Jalan Gurami, No. 12, Banjar Delod Pangkung, Desa Budeng, Kec. Jembrana, Kab. Jembrana. Hari ini seluruh masyarakat sasaran dapat hadir dan mengikuti kegiatan sampai akhir.
Kegiatan pertama, yaitu persiapan bahan ajar, dilaksanakan dari pukul 12:00-14:00 WITA. Dalam mempersiapkan bahan ajar hari ini, saya masih tetap melaksanakannya sendiri, dengan bantuan berbagai sumber, seperti e-book, artikel di internet, dan buku-buku sekolah dari masyarakat sasaran sendiri. Pada pertemuan kali ini, saya mempersiapkan materi mengenai teks eksplanasi serta teks prosedur, sebagai lanjutan materi pertemuan sebelumnya. Selain materi, saya juga menyiapkan latihan ringan berupa penyusunan langkah kerja sebuah teks prosedur.
Kegiatan kedua, yaitu pelaksaan pembelajaran, dimulai pukul 15:30-18:30 WITA. Seperti biasa, kegiatan pembelajaran dimulai dengan doa bersama, lalu pemberian materi, setelah itu latihan-latihan, dan terakhir ditutup lagi dengan doa bersama. Pembelajaran hari ini akan dilanjutkan dengan pendalaman materi mengenai teks eksplanasi serta kegiatan menyimak serta latihan ringan untuk memperdalam pemahaman masyrakat sasaran mengenai teks prosedur. Seperti laporan pada pertemuan lalu, masyarakat sasaran hari ini saya minta untuk menyampaikan jawaban atas pertanyaan "mengapa" dan "bagaimana" proses terjadinya fenomena alam sesuai dengan teks yang telah mereka bawa pulang dan baca di rumah. Setelah itu, saya menerangkan mengenai struktur teks eksplanasi secara singkat, sekaligus penjelasan mengenai isi pada setiap strukturnya. Baru setelah semua mengerti, saya lanjutkan pembelajaran mengenai teks prosedur. Pembelajaran mengenai teks prosedur dilaksanakan dengan latihan ringan berupa latihan menyimak teks prosedur yang saya bacakan. Ketika teks sudah saya baca sampai akhir, masyarakat sasaran saya minta untuk mengambil masing-masing satu kertas yang berisikan langkah-langkah dalam teks prosedur yang telah saya bacakan sebelumnya. Lalu saya akan minta mereka menentukan masing-masing langkah-langkah yang mereka dapatkan termasuk langkah nomor berapa, secara bergantian saya minta mereka ke depan dan menuliskan di papan sesuai dengan urutan yang mereka yakini benar.
Kegiatan ketiga, yaitu evaluasi hasil belajar dan kegiatan pada hari kelima, yang dilaksanakan pukul 19:00-20:00 WITA. Berdasarkan hasil evaluasi, masyarakat sasaran mampu mengerti materi hari ini, yaitu tentang teks eksplanasi dan teks prosedur. Dari hasil pembelajaran hari ini, diketahui bahwa masyarakat sasaran sudah mampu menguasai keahlian berbahasa Indonesia seperti menulis, membaca dan menyimak dengan cukup baik. Meski tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada beberapa masyarakat sasaran yang mengalami kesulitan saat menulis jawaban di papan tulis. Masih banyak masyarakat sasaran yang mengalami kesalahan penulisan kata maupun kalimat. Secara keseluruhan, kegiatan hari keenam ini sudah berjalan dengan lancar, tanpa halangan yang begitu berarti. Seluruh masyarakat sasaran dapat mengikuti kegiatan dengan tertib dan tampak cukup antusias.
Pertemuan keenam seharusnya dilaksanakan pada minggu lalu, tepatnya pada hari Minggu, namun karena beberapa kendala seperti rahinan Purnama dan kesibukan masing-masing, baik dari saya sendiri maupaun masyarakat sasaran, kami sepakat pertemuan keenam diundur menjadi hari ini. Syukur tidak ada kendala atau halangan lagi, sehingga pelaksanaan kegiatan hari keenam dapat dilaksanakan tanpa penundaan lebih lama lagi.
Berikut merupakan beberapa video dokumentasi hari kelima: https://drive.google.com/folderview?id=1-1zjAW9jo57kpMdQFqMqhnboMsm3GPWC