Pembelajaran Hari Ketiga dengan Materi Dongeng serta Unsur-Unsurnya
- Oleh Ni Putu Liana Randika Diantari
- Tuesday 13/07/2021
- Kelompok 224, Kelompok, Kelompok
Hari Selasa, tanggal 13 Juli 2021 merupakan hari ketiga saya melaksanakan KKNbD. Kegiatan saya pada hari ini masih sama seperti hari pertama dan kedua, yaitu: (1) Persiapan bahan ajar; (2) Pelaksaan pembelajaran; dan (3) Evaluasi hasil belajar serta kegiatan. Pertemuan ketiga ini dilaksanakan di rumah saya sendiri, tepatnya di Jalan Gurami, No. 12, Banjar Delod Pangkung, Desa Budeng, Kec. Jembrana, Kab. Jembrana. Hari ini seluruh masyarakat sasaran juga dapat hadir dan mengikuti kegiatan sampai akhir.
Kegiatan pertama, yaitu persiapan bahan ajar, saya mulai pukul 10:00 hingga pukul 11:30 WITA. Saya mempersiapkan materi baru untuk dipelajari pada hari ketiga ini, yaitu mengenai dongeng yang berisi mengenai pengertian dan unsur-unsurnya. Selain itu, saya juga menyiapkan satu contoh dongeng berupa legenda Timun Emas untuk dibacakan ketika pembelajaran serta beberapa dongeng pendek untuk dibawa pulang dan dipelajari masyarakat sasaran. Bahan ajar yang saya siapkan berasal dari berbagai sumber, mulai dari buku fisik yaitu buku kumpulan legenda yang disusun Tia Anggara dan diterbitkan DUA MEDIA, lalu juga media daring seperti YouTube, dan dari berbagai artikel di internet.
Kegiatan kedua, yaitu pelaksaan pembelajaran, yang dilaksanakan pukul 16:00-18:00 WITA. Kegiatan pembelajaran dimulai dengan doa bersama, lalu pemberian materi serta dilanjutkan dengan sesi pembacaan dongeng, setelah itu latihan soal-soal, dan terakhir ditutup dengan doa bersama lagi. Pelaksanaan pembelajaran difokuskan pada keahlian menyimak masyarakat sasaran, karena setelah mendengarkan dongeng, mereka diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait unsur-unsur dongeng yang mereka dengarkan. Selain itu, pembelajaran hari ini juga melatih kemampuan menulis mayarakat sasaran, sebab dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada mereka dituntut untuk bisa merangkai kata dengan baik dan benar dalam bentuk tulisan.
Kegiatan ketiga, yaitu pelaksanaan evaluasi hasil belajar dan kegiatan pada hari ketiga, yang dilaksanakan pukul 18:15-18:45 WITA. Berdasarkan hasil evaluasi yang saya lakukan, masyarakat sasaran tampak jauh lebih aktif dan kritis dari dua pertemuan sebelumnya, kemungkinan besar karena topik pembelajaran kali ini lebih menarik untuk mereka simak. Masyarakat sasaran tampak semangat memberi argumen, lebih percaya diri untuk bertanya jika memang belum mengerti, dan tampak serius untuk menyimak dongeng yang dibacakan. Secara keseluruhan, kegiatan pada hari ketiga ini sudah berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.
Berikut merupakan beberapa video dokumentasi hari ketiga: https://drive.google.com/folderview?id=1c4w360V8zlo33M3ZFRU5z71lnJMu0uVO