Pembelajaran menggunakan Geogebra Untuk siswa SMA Desa Kaliasem Pada Materi Program Linear, Sistem Persamaan dua dan tiga variabel dan Lingkaran
- Oleh Kadek Tresna Dwipayana
- Sunday 26/07/2020
- Kelompok 125, Kelompok, Kelompok
Pada tanggal 20
Juli 2020 tepatnya pkl. 18.16 WITA, saya melakukan pembelajaran Sistem
persamaan Linear Dua Variabel dan Tiga variabel pada masayrakat sasaran tepatnya siswa/i SMA
di desa Kaliasem. Adapun media pembelajaran yang menunjang yaitu Aplikasi
Geogebra. Pada kesempatan kali ini saya mengajarkan tentang mencari solusi
sistem persamaan dua linear dengan metode grafik. Dan untuk Sistem persamaan
tiga variavel saya menggunakan tools yang ada pada geogebra yaitu CAS (Computer algebra sytem). Dan juga ada
beberapa soal latihan yang berkaitan dengan materi tersebut. Untuk SPL dua
variabel saya foukus dengan metode grafik dengan mencari titik perpotongan dua
garis dengan “intersect” yang minggu
lalu sudah diperkenalkan.
Selanjutnya tanggal
23 Juli 2020 Materi yang dibahas yaitu program linear yang mencangkup daerah
penyelesaian dari pertidaksamaan dan mencari nilai minumum dan maksimum dari suatu
fungsi objektif dalam soal cerita atau sistem pertidaksamaan. Penulisan
pertidaksamaan juga sama dengan persamaan tingga mengikuti sesuai perintah
soal. Misalnnya kita ingin menuliskan “2 lebih besar dari sama dengan x” maka
kita ketikan 2>=x , outputnya akan sesuai dengan penulisan yang benar. Untuk
mencari nilai maksimum dan minumum, langkah pertama yaitu membuat daerah
penyelesaian dalam bentuk pertidaksamaan kemudian tuliskan dalam bentuk
persamaan. Lalu cari titik potong disetiap daerah penyelesaian. Kemudian csari
menu view lalu pilih “spreadssheet”
lalu ketikan angka dan juga fungsinya selengkapnya bisa dilihat video tutorial
berikut.
Kemudian Tanggal 25 Juli 2020 materi yang dibahas yaitu tentang persamaan lingkaran dan kedudukan lingkaran. Adapun dalam menuliskan persamaan lingkaran seperti biasa tinggal menginputnya. Untuk menetukan persamaan lingkaran jika diketahui pusatnya dan titik yang dilalui maka langkah awalnya mencari jarak titik pusat dengan titik yang dilalui lingkaran tersebut dengan menggunakan metode yang sama ketika mencari jarak antara titik dan garis. Setelah itu hubungkan dengan “segment” sehingga akan ditemukan jaraknya. Kemudian jarak itu disebut sebagai jari jari. Selengkapnya di link berikut.
Adapun materi
dan videonya saya
Materi SPL
https://drive.google.com/file/d/1nB9fruK7UCsYZlySEUh61pZSsvoaicar/view?usp=sharing
Video
tutorialnya
https://drive.google.com/file/d/1QutN5kWoQGNaxSNdZWU5ARqjvFxv7R4R/view?usp=sharing
Materi
Program linear
https://drive.google.com/file/d/1Hw7lfoUJcfSnBwt8yNzc_ID9yWoOmvAy/view?usp=sharing
Video
Toturial
Part
1
https://drive.google.com/file/d/1cPVjmH7wjF6BSgUCZ2E4Ovl9EikO9J5w/view?usp=sharing
Part
2
https://drive.google.com/file/d/1gp-1c7UdHc1Vf-CLs-4zPfKqMx3DSpnN/view?usp=sharing
Materi
Lingkaran
https://drive.google.com/file/d/1N93vtcypmQZCtYlzq5B5qBCIakhlBW7b/view?usp=sharingear
Video
Tutorial
Part
1
https://drive.google.com/file/d/1DaZYee503i9cD_gHAgXHV43iemJNcv3X/view?usp=sharing
Part
2
https://drive.google.com/file/d/19diaU1tE8d5TDhnrN32r592zDLgxxQeZ/view?usp=sharing
Part
3
https://drive.google.com/file/d/1D3s7A7VC6aHHXLX46QCGCVzjQBC6HE9r/view?usp=sharing