Pembelajaran menggunakan Geogebra Untuk siswa SMA Desa Kaliasem Pada Materi Program Linear, Sistem Persamaan dua dan tiga variabel dan Lingkaran

Pada tanggal 20 Juli 2020 tepatnya pkl. 18.16 WITA, saya melakukan pembelajaran Sistem persamaan Linear Dua Variabel dan Tiga variabel  pada masayrakat sasaran tepatnya siswa/i SMA di desa Kaliasem. Adapun media pembelajaran yang menunjang yaitu Aplikasi Geogebra. Pada kesempatan kali ini saya mengajarkan tentang mencari solusi sistem persamaan dua linear dengan metode grafik. Dan untuk Sistem persamaan tiga variavel saya menggunakan tools yang ada pada geogebra yaitu CAS (Computer algebra sytem). Dan juga ada beberapa soal latihan yang berkaitan dengan materi tersebut. Untuk SPL dua variabel saya foukus dengan metode grafik dengan mencari titik perpotongan dua garis dengan “intersect” yang minggu lalu sudah diperkenalkan.

Selanjutnya tanggal 23 Juli 2020 Materi yang dibahas yaitu program linear yang mencangkup daerah penyelesaian dari pertidaksamaan dan mencari nilai minumum dan maksimum dari suatu fungsi objektif dalam soal cerita atau sistem pertidaksamaan. Penulisan pertidaksamaan juga sama dengan persamaan tingga mengikuti sesuai perintah soal. Misalnnya kita ingin  menuliskan “2 lebih besar dari sama dengan x” maka kita ketikan 2>=x , outputnya akan sesuai dengan penulisan yang benar. Untuk mencari nilai maksimum dan minumum, langkah pertama yaitu membuat daerah penyelesaian dalam bentuk pertidaksamaan kemudian tuliskan dalam bentuk persamaan. Lalu cari titik potong disetiap daerah penyelesaian. Kemudian csari menu view lalu pilih “spreadssheet” lalu ketikan angka dan juga fungsinya selengkapnya bisa dilihat video tutorial berikut.

Kemudian Tanggal 25 Juli 2020 materi yang dibahas yaitu tentang persamaan lingkaran dan kedudukan lingkaran. Adapun dalam menuliskan persamaan lingkaran seperti biasa tinggal menginputnya. Untuk menetukan persamaan lingkaran jika diketahui pusatnya dan titik yang dilalui maka langkah awalnya mencari jarak titik pusat dengan titik yang dilalui lingkaran tersebut dengan menggunakan metode yang sama ketika mencari jarak antara titik dan garis. Setelah itu hubungkan dengan “segment” sehingga akan ditemukan jaraknya. Kemudian jarak itu disebut sebagai jari jari. Selengkapnya di link berikut.


Adapun materi dan videonya saya

Materi SPL   

https://drive.google.com/file/d/1nB9fruK7UCsYZlySEUh61pZSsvoaicar/view?usp=sharing

Video tutorialnya

https://drive.google.com/file/d/1QutN5kWoQGNaxSNdZWU5ARqjvFxv7R4R/view?usp=sharing

Materi Program linear

https://drive.google.com/file/d/1Hw7lfoUJcfSnBwt8yNzc_ID9yWoOmvAy/view?usp=sharing

Video Toturial

Part 1

https://drive.google.com/file/d/1cPVjmH7wjF6BSgUCZ2E4Ovl9EikO9J5w/view?usp=sharing

Part 2

https://drive.google.com/file/d/1gp-1c7UdHc1Vf-CLs-4zPfKqMx3DSpnN/view?usp=sharing

Materi Lingkaran

https://drive.google.com/file/d/1N93vtcypmQZCtYlzq5B5qBCIakhlBW7b/view?usp=sharingear

Video Tutorial

Part 1

https://drive.google.com/file/d/1DaZYee503i9cD_gHAgXHV43iemJNcv3X/view?usp=sharing

Part 2

https://drive.google.com/file/d/19diaU1tE8d5TDhnrN32r592zDLgxxQeZ/view?usp=sharing

Part 3

https://drive.google.com/file/d/1D3s7A7VC6aHHXLX46QCGCVzjQBC6HE9r/view?usp=sharing