Pemberian Bimbingan Belajar Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Bagi Masyarakat Sasaran di Desa Kaliasem

Pada Rabu, 21 Juli 2021 penulis melanjutkan program  KKNbD dengan memberikan bimbingan belajar matematika kepada masyarakat sasaran di Desa Kaliasem. Bimbingan belajar matematika kali ini merupakan lanjutan dari bimbingan belajar yang telah dilaksanakan pada rabu, 14 Juli 2021. Kegiatan bimbingan belajar ini dilaksanakan secara luring di Tribune Lapangan Kaliasem dengan alokasi waktu selama empat jam dari pukul 08.00 s/d 12.00. Materi yang diberikan yaitu operasi hitung pecahan dan konversi satuan waktu dan satuan panjang. Untuk membiasakan diri untuk berdoa sebelum memulai kegiatan, penulis mengajak masyarakat sasaran untuk melaksanakan  persembahyangan bersama agar kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar.

Kegiatan diawali dengan absensi untuk mengetahui kehadiran masyarakat sasaran pada setiap kegiatan yang telah dilaksanakan. Sama seperti hari sebelumnya, hari ini seluruh masyarakat sasaran dapat menghadiri kegiatan secara keseluruhan. Melihat semangat masyarakat sasaran sampai hari kedelepan pelaksanaan KKNbD, penulis semakin antusias untuk memberikan pembelajaran matematika pada hari ini. Penulis menjelaskan materi operasi hitung pecahan dengan langsung memberikan contoh soal untuk memudahkan pemahaman masyarakat sasaran terhadap materi yang dijelaskan. Setelah pemberian operasi hitung pecahan, penulis memberikan materi tentang konversi satuan waktu dan satuan panjang. Setelah ditanyakan kepada masyarakat sasaran, mereka belum pernah mendapatkan materi tersebut sebelumnya sehingga menambah pengetahuan masyarakat sasaran dalam berhitung.

Diakhir pembelajaran penulis mengajak seluruh masyarakat sasaran  bernyanyi bersama untuk menghilangkan kejenuhan dalam memgikuti pembelajaran. Masyarakat sasaran  terlihat sangat senang dapat bernyanyi dan berkumpul bersama temannya. Dengan keseriusan dari masyarakat sasaran, kegiatan pada hari ini berjalan dengan lancar dan masyarakat sasaran memahami materi yang diberikan walaupun ada beberapa masyarakat sasaran yang masih lambat untuk menangkap setiap materi yang diberikan. Tapi penulis yakin jika masyarakat sasaran kembali mengulang pembelajaran yang didapatkan pada hari ini di rumah, maka mereka akan dapat memahami operasi hitung pecahan dan konversi satuan waktu serta satuan panjang dengan baik.

 

Tentang Penulis