Pemberian Games sebagai Hiburan bagi Masyarakat Sasaran di luar Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan KKNT yang ke-7 telah dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2021. Kegiatan ini berlangsung di Banjar Dinas Antap Dajan Telabah, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg. Untuk kegiatan kali ini hanya berlangsung selama 2 jam yaitu dari uSeperti biasanya, kegiatan dilaksanakan secara langsung (luring), namun tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Pemakaian masker dan hand sanitizer wajib dilakukan sebelum kegiatan dimulai. Penulis juga sudah menyediakan alat-alat protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer dan tempat cuci tangan bagi para masyarakat sasaran. Untuk kegiatan kali, ada 5 orang masyarakat sasaran yang berpartisipasi yaitu sebagai berikut:

                    1. I Gusti Ngurah Agung Made Krisna Candra Winata

                    2.  Kadek Ayu Marlina Dewi

                    3. Gusti Ayu Manik Pertiwi

                    4. Putu Gede Panji  Kusuma Wijaya

                     5. Kadek Aditya Pradnyana

Semua masyarakat sasaran kali ini juga berada pada level kelas V SD.

                Kegiatan pada hari ini dimulai dengan pembacaan tugas mereka yaitu terkait dengan Daily Activities sambil mengingat-ingat kembali materi tersebut. Namun, kegiatan selanjunya yang dilaksanakan pada hari ini sedikit berbeda dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya. Pada hari ini diadakan beberapa permainan (games) sebagai hiburan bagi masyarakat sasaran di sela-sela kegiatan pembelajaran. Adapun beberapa permainan yang dilakukan pada hari ini yaitu yang pertama adalah tebak gambar (Guessing). Pada permainan ini, masyarakat sasaran dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing orang dalam kelompok harus mendeskripsikan gambar yang dipilih dengan gerakan-gerakan yang sesuai atau cocok. Lalu, anggota lain dalam kelompok tersebut harus menebak gambar yang sudah dideskripsikan dalam bahasa Inggris. Kelompok yang paling banyak menebak selama 3 menit akan menjadi pemenang dalam permainan ini. Gambar-gambar yang digunakan pada permainan ini merupakan gambar dari materi Daily Activities dan binatang. Jadi, permainan ini dapat melatih dan menambah kosa kata masyarakat sasaran dalam bahasa Inggris.

                Permainan yang kedua adalah Whispering, dalam permainan masyarakat sasaran akan berbaris terlebih dahulu. . Anggota yang berbaris paling belakang akan diberikan sebuah kalimat dalam bahasa Inggris, lalu membisikkan kalimat tersebut ke anggota selanjutnya begitu seterusnya. Anggota terakhir harus menuliskan kalimat apa yang telah dibisikkan. Pemenang ditentukan berdasarkan seberapa banyak kalimat yang benar ditulis dalam bahasa Inggirs. Permainan ini dapat melatih kemampuan pronunciation (pengucapan) dan kemampuan listening mereka.

                Secara keseluruhan, masyarakat sasaran terlihat sangat senang dengan kegiatan kali ini. Semoaga kegiatan kali ini dapat menjadi sedikit hiburan di tengah kegiatan pembelajaran masyarakat sasaran pada saat pandemi virus corona.  

Adapun materi yang digunakan pada kegiatan kali ini yaitu:

https://drive.google.com/file/d/1iIz7n6TH9X_GQC_-TQ4UE4t_l3CWwAJC/view?usp=sharing


Tentang Penulis
Ni G.A Made Ari Dharma Pattni