Pemberian Games sebagai Hiburan untuk Siswa di Luar Kegiatan Pembelajaran
- Oleh Ni Luh Gede Indah Oktavirani
- Monday 19/07/2021
- Kelompok 177, Kelompok, Kelompok
Pada Hari ini
Senin, 19 Juli 2021 terlaksana kegiatan pendampingan belajar di Desa Antap,
Selemadeg. Pendampingan belajar ini dilaksanakan dari pukul 10.00-12.15 WITA.
Kegiatan pembelajaran ini diikuti oleh beberapa siswa kelas III dan IV
diantaranya:
- o Putu Sani Ananda Putri (9 tahun)
- o Gusti Ayu Kadek Maharani Putri (8 tahun)
- o Kevin Dararya Ardana (8 tahun)
- o I Made Aditya Dwi Permana (10 tahun)
- o I Putu Bagus Irpan Juniantara Putra (10 tahun)
- o I Made Agus Suryawan (9 tahun)
Kegiatan ini dilakukan
secara langsung, namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku,
seperti mencuci tangan/menggunakan handsanitizer,
memakai masker, serta menjaga jarak. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran,
seperti biasa kegiatan diawali dengan salam pembuka kemudian dilanjutkan dengan
doa bersama. Setelah itu siswa diminta untuk mengingat-ingat kembali materi
pembelajaran sebelum-sebelumnya dengan melakukan sesi tanya jawab. Untuk
kegiatan pembelajaran hari ini siswa diberikan beberapa permainan (games) yang masih berhubungan dengan
materi pembelajaran sebelumnya. Pemberian games
ini dilakukan dengan tujuan agar siswa bisa mendapat hiburan di luar proses
pembelajaran dan juga untuk mengurangi rasa bosan serta jenuh selama kegiatan
pembelajaran dilakukan. Dalam kegiatan ini siswa diberikan beberapa games seperti tebak gambar, whispering game, teka teki silang, dan find words game. Pada saat pelaksanaan
kegiatan ini siswa sangat antusias untuk mengikutinya karena mereka senang
bermain game. Permainan ini dilakukan
secara berkelompok dan siswa berlomba-lomba untuk memenangkan permainan ini
karena mereka akan diberikan hadiah jika dapat memenang setiap game yang ada. Kelompok-kelompok untuk
permainan akan ditentukan secara acak dan setiap permainan kelompoknya berbeda
atau di acak kembali. Setelah siswa menyelesaikan semua games yang disediakan,
mereka diberikan waktu untuk istirahat dan bagi pemenang dari setiap game akan diberikan hadiah berupa snack. Waktu istirahat ini dimanfaatkan
oleh siswa untuk mengobrol dan juga menonton kartun kesukaan mereka. Pada saat
waktu istirahat selesai siswa diberikan pengumuman untuk datang pada pertemuan
selanjutnya, setelah itu dilakukan doa bersama untuk menutup kegiatan hari ini.
Kemudian siswa berpamitan untuk pulang ke rumah masing-masing.
Berikut merupakan link
untuk materi kegiatan hari ini:
https://drive.google.com/file/d/137WILbfzMm8DcETw-iKJ8hfQQ6Ude3x4/view?usp=sharing