Pemberian Kuisioner sebagai Evaluasi Kegiatan KKNbD 2021

    Kamis, 29 Juli 2021 telah berlangsung pemberian instrumen penilaian berupa kuisioner kepada masyarakat sasaran. Kuisioner tersebut diberikan untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan yang sudah berlangsung pada minggu pertama hingga minggu ketiga. Evaluasi dilakukan secara daring dengan cara mengirimkan kuisioner ke grup whatsapp dan menginformasikan masyarakat untuk mengisinya. Selanjutnya masyarakat akan mengirimkan bukti berupa screenshoot saat kuisioner telah diisi. Kelima masyarakat sasaran ikut serta dalam pengisian kuisioner yang diberikan. Kuisioner yang diberikan mendapatkan tanggapan dan respon yang positif dari masyarakat sasaran. Secara singkat, hasil kuisioner dapat disimpulkan bahwa pelatihan sudah berlangsung dan dipahami oleh masyarakat dengan sangat baik.

    Masyarakat sasaran sangat puas dengan kegiatan yang dilaksanakan serta materi dan video yang diberikan. Masyarakat juga percaya bahwa kegiatan ini dapat menjadi solusi yang efektif untuk diterapkan pada bisnis mereka dan terdapat perubahan yang dirasakan setelah kegiatan dilakukan. Melalui kuisioner ini, dapat diketahui kepuasan dan saran yang diberikan oleh masyarakat selama kegiatan berlangsung dan dapat menjadi tolak ukur dari keberhasilan program kerja yang telah dilaksanakan.

    Dengan pemberian evaluasi kepada masyarakat sasaran, maka berakhir pula semua proses pelaksanaan kegiatan selama ini. Kesimpulan yang  didapatkan terkait pelaksanaan kegiatan KKNbD adalah kegiatan sudah berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Solusi dari permasalahan masyarakat sasaran sudah ditemukan. Meskipun kegiatan sepenuhnya dilakukan secara daring atas kesepakatan bersama, tetapi hal tersebut tidak menurunkan semangat masyarakat untuk tetap melakukan kegiatan melalui grup whatsapp maupun paltform zoom. Permasalahan yang ada bisa diatasi dengan cepat karena antusias masyarakat sasaran dalam mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir kegiatan.

    Berikut merupakan link Google Form terkait evaluasi Kegiatan KKNbD 2021.

  1. https://forms.gle/69RRkqT77XUhxJYx9
Tentang Penulis