Pemberian Materi #2 “Digital Marketing Berbasis Sosial Media Marketing. Pengenalan Digital Marketing Berbasis Sosial Media Marketing “Instagram” Sebagai Media Pemasaran Pada Masyarakat Sasaran” Melalui Media WhatsApp Group

Rabu, 21 Juli 2021. Pelaksanaan program kerja ketiga yang dilaksanakan oleh penulis yaitu pemberian materi #2 tentang digital marketing berbasis sosial media marketing. Pemberian materi ini merupakan pemberian materi lanjutan yang dibuat oleh penulis untuk memberikan pemahaman kembali terkait digital marketing. Pemberian materi kedua ini diadakan dengan cara berdiskusi langsung melalui media WhatsApp Group dengan membagikan materi power point bentuk pdf dan video pendukung sebagai media penunjang kegiatan pemberian materi kedua ini. Dalam pelaksanaan kegiatan pemberian materi kedua ini, ada beberapa topik pembahasan yang dibahas yaitu : 1. Pengertian digital marketing, 2. Pemahaman tentang sosial media marketing, pentingnya sosial media marketing, strategi dalam pengaplikasian sosial media marketing, 3. Pemahaman tentang pengertian instagram, kelebihan dan kekurangan instagram sebagai media pemasaran, dan manfaat penggunaan instagram sebagai media pemasaran. Penyampaian pemberian materi ini diikuti oleh seluruh masyarakat sasaran dan berlangsung dari pukul 17.00 WITA dan berakhir pukul 19.00 WITA. Diakhir pemberian materi, penulis membuka sesi diskusi dan terdapat beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teknik pembuatan instagram dan cara mempromosikan produk di instagram. Dalam hal ini penulis telah memaparkan bahwa pembuatan instagram bisa dilakukan secara individual dan praktis dan cara mempromosikan produk nantinya penulis akan membuatkan akun instagram yang ditujukan untuk mempromosikan produk yang dibuat oleh masyarakat sasaran. Dalam pertemuan hari ini, ada beberapa kendala yang dialami antara penulis dan salah satu masyarakat yaitu terputusnya koneksi internet saat pemberian materi dan sesi diskusi berlangsung. Namun, terlepas dari itu kegiatan pemberian materi sudah berlangsung dengan baik. Diakhir sesi diskusi penulis memberikan tes terkait pemahaman masyarakat sasaran terhadap materi yang telah disampaikan hari ini. Dari hasil tes yang diberikan masyarakat sasaran sudah mampu memahami terkait digital marketing berbasis sosial media marketing instagram yang telah dipaparkan oleh penulis. Dari hasil post-test yang dilakukan oleh penulis yang ditujukan kepada masyarakat sasaran, rata-rata dari pemahaman masyarakat sasaran berdasarkan hasil test yaitu 76,67 dari rentang nilai 100 poin.
Kegiatan pemberian materi #2 dapat diakses melalui link yang tertera dibawah ini :
https://bit.ly/PelaksanaanProker3
Link youtube :
https://youtu.be/WyKw1BwIOrM






Tentang Penulis
Ni Made Swandewi Saraswati