Pemberian Materi #3 “Kemasan dan Teknik Pengemasan (Pengenalan Kemasan dan Teknik Pengemasan) Pada Masyarakat Sasaran” Melalui Media WhatsApp Group

Selasa, 27 Juli 2021. Pelaksanaan program kerja keempat yang dilaksanakan oleh penulis yaitu pemberian materi #3 terkait kemasan dan teknik pengemasan. Pemberian materi ini dilakukan oleh penulis berdasarkan hasil survei dan observasi yang dilakukan oleh penulis sebelum pelaksanaan KKN bahwasanya masyarakat sasaran masih menggunakan kemasan yang sangat sederhana dalam pengemasan produk rengginang yang dihasilkan. Oleh karena itu, penulis berinisiasi untuk membuat pemberian materi terkait dengan kemasan dan teknik pengemasan. Adapun topik pembahasan yang diangkat penulis dalam pemberian materi ini yaitu : 1. Memaparkan terkait pengertian kemasan. Dalam hal ini dijelaskan bahwa kemasan adalah desain kreatif yang mengaitkan bentuk, struktur, material, warna, citra, tipografi dan elemen-elemen desain dengan informasi produk agar produk dapat dipasarkan. Kemasan digunakan untuk membungkus, melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi dan membedakan sebuah produk di pasar, 2. Memaparkan terkait fungsi dari kemasan dan jenis-jenis kemasan. Dalam pemaparan materi ini dijelaskan 2 fungsi kemasan yaitu fungsi protektif adalah berkenaan dengan proteksi produk, perbedaan iklim, prasarana transportasi, dan saluran distribusi yang semua berimbas pada pengemasan. Dengan pengemasan protektif, para konsumen tidak perlu harus menanggung risiko pembelian produk rusak atau cacat fungsi promosional yaitu peran kemasan pada umumnya dibatasi pada perlindungan produk. Namun kemasan juga digunakan sebagai sarana promosional. Menyangkut promosi, perusahaan mempertimbangkan preferensi konsumen menyangkut warna, ukuran, dan penampilan, kemudian materi terkait dengan jenis-jenis kemasan dibagi menjadi 2 jenis yaitu berdasarkan frekuensi pemakaian dan berdasarkan tingkat kesiapan, 3. Memaparkan terkait teknik pengemasan dan jenis kemasan yang akan digunakan oleh masyarakat dalam memasarkan hasil produksi. Dalam hal ini penulis memaparkan terkait 3 teknik pengemasan yaitu : Pengemasan dengan menggunakan Kemasan Aluminium Foil, Pengemasan dengan menggunakan Kemasan Vacuum Bag atau Plastik Vakum, Pengemasan dengan menggunakan Metode Nitrogen Flushing.  Pemberian materi ketiga ini dilaksanakan dalam grup WhatsApp dengan media power point dalam bentuk pdf dan video pendukung youtube yang serupa dengan materi yang dipaparkan oleh penulis. Di tengah pemberian materi, penulis membagikan hasil desain logo atau label dan kemasan baru yang nantinya bisa digunakan oleh masyarakat sasaran dalam mempromosikan produknya. Logo atau stiker yang dibuat oleh penulis itu dibuat dengan media PhotoShop sebagai produk penulis untuk dibagikan kepada masyarakat sasaran dalam memasrkan produknya. Penulis juga membagikan akun instagram khusus promosi produk rengginang kepada masyarakat sasaran. Dalam akun instagram sudah terkandung post feed terkait produk dan deskripsi produk. Dalam hal ini akun instagram sudah mampu mendapatkan pengikut sebanyak 12 dalam 1 hari. Akun instagram ini dibuat oleh penulis bersama dengan masyarakat sasaran yang nantinya akan digunakan sebagai media pemasaran dan promosi produk rengginang. Pemberian materi ini berlangsung mulai pukul 18.15 WITA dan berakhir pukul 21.00 WITA. Diakhir penyampaian materi penulis memberikan tes kepada masyarakat sasaran untuk mengukur tingkat pemahaman masyarakat sasaran terkait pemberian materi yang diberikan hari ini. Dari hasil test yang diperoleh penulis menarik simpulan bahwa masyarakat sasaran sudah cukup paham terkait pemberian materi #3 yang disampaikan oleh penulis. Dari hasil post-test rata-rata poin yang didapat oleh masyarakat sasaran yaitu 73,33 dari rentang 100 poin dengan nilai rentangan 60-100 poin dan median 60/100.


Kegiatan pemberian materi #3 dapat diakses melalui link yang tertera dibawah ini :
https://bit.ly/PelaksanaanProker4
Link youtube :
https://youtu.be/gLDcC4s1irI






Tentang Penulis
Ni Made Swandewi Saraswati