Pemberian Materi Penerapan Media Sosial dalam Promosi Produk kepada Masyarakat Sasaran

Pada minggu ke-2 KKNbD tepatnya hari Rabu, 14 Juli 2021 penulis kembali memberikan materi tentang Penerapan Media Sosial dalam Promosi Produk kepada masyarakat sasaran (pedagang). Materi disampaikan melalui video yang dibuat oleh penulis dan di-upload ­di Youtube kemudian link video tersebut dibagikan melalui WhatsApp Group agar memudahkan masyarakat sasaran (pedagang) untuk menonton dan menyimak materi yang disampaikan.

Materi Penerapan Media Sosial dalam Promosi Produk berupa video ini sudah disiapkan oleh penulis berdasarkan pemahaman penulis dan literature yang berasal dari internet. Dalam video tersebut terdapat materi mengenai pengertian dan manfaat dari media sosial, serta social media platforms yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dalam vidio tersebut penulis menyampaikan bahwa media sosial adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Media sosial ini memberikan banyak manfaat dalam membantu promosi produk, antara lain sebagai berikut:

1. Meningkatkan jumlah penjualan produk

2. Memudahkan untuk menemukan konsumen

3. Memberikan informasi yang menarik bagi calon konsumen

4. Memudahkan konsumen untuk mencari produk

Adapun social media platforms yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dari peringkat 1-5 adalah sebagai berikut:

1. YOUTUBE

2. WHATSAPP

3. FACEBOOK

4. INSTAGRAM

5. TWITTER

            Tujuan penulis memberikan materi ini adalah untuk memberikan gambaran media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat dan juga dapat digunakan dalam promosi produk. Setelah materi ini dipahami oleh masyarakat sasaran (pedagang) nantinya masyarakat sasaran (pedagang) bisa memilih media sosial yang tepat untuk mempromosikan produk mereka melalui pendampingan dari penulis agar dapat meningkatkan jumlah penjualan.
Tentang Penulis