Pemberian Materi Pengenalan tentang Covid-19

Pada hari ini senin 6 juli 2020, merupakan hari pertama dilaksanakannya KMbD. kegiatan yang saya lakukan adalah memberikan materi pengenalan tentang Covid-19 ke masyarakat sasaran. nantinya pemberian materi akan dilakukan secara berkala dengan harapan agar masyarakat sasaran lebih memahaminya.


Materi:

Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Sindrom Pernafasan Akut Berat / Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan Cina, pada Desember 2019, kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2), dan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). 

Apakah COVID-19 sama seperti SARS?

COVID-19 disebabkan oleh SARS-COV2 yang termasuk dalam keluarga besar coronavirus yang sama dengan penyebab SARS pada tahun 2003, hanya berbeda jenis virusnya. Gejalanya mirip dengan SARS, namun angka kematian SARS (9,6%) lebih tinggi daripada COVID-19 (kurang dari 5%), Meskipun jumlah kasus COVID-19 jauh lebih banyak daripada SARS. COVID-19 juga memiliki penyebaran yang lebih luas dan cepat ke beberapa negara dibandingkan SARS. 


Tentang Penulis