Pemberian Pelatihan/Pembelajaran Dasar-Dasar Perangkat Lunak Microsoft PowerPoint

Pada kegiatan ketujuh KKNbD Undiksha tahun 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 16, 20, 22, 23, 24, 26, 27, 28, 29, dan 30 Juli 2021 di Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia ini, penulis melakukan kegiatan yaitu pemberian pelatihan/pembelajaran secara daring dan luring tentang dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint seperti cara mengoperasikan Microsoft PowerPoint, cara menggunakan menu-menu yang ada di Microsoft PowerPoint, dan cara menyimpan file yang telah dibuat di Microsoft PowerPoint. Kegiatan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat sasaran tentang dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint dimasa pandemi ini.

Pada tanggal 16 Juli 2021, penulis memberikan pelatihan/pembelajaran kepada masyarakat sasaran secara daring melalui WhatsApp Group tentang dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint dengan tema tahap-tahap cara membuka/mengoperasikan perangkat lunak Microsoft PowerPoint di komputer atau laptop. Kegiatan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint ini dilakukan dengan melibatkan mahasiswa KKNbD dan masyarakat sasaran. Kegiatan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint ini dilakukan pada siang hari dari jam 13:00 – 15:30 WITA. Pada saat penulis melakukan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint secara daring melalui WhatsApp Group, penulis terlebih dahulu melakukan kegiatan pembukaan yaitu memberikan salam pembuka untuk memulai kegiatan dan menyampaikan agenda hari ini yaitu cara membuka perangkat lunak Microsoft PowerPoint. Setelah itu, penulis melakukan kegiatan utama yaitu menjelaskan tahap-tahap cara membuka/mengoperasikan perangkat lunak Microsoft PowerPoint. Setelah itu, penulis melakukan kegiatan penutup yaitu memberikan sesi tanya jawab kepada masyarakat sasaran untuk bertanya mengenai materi yang telah diberikan jika ada yang kurang jelas dan terakhir memberikan salam penutup untuk mengakhiri kegiatan.

Pada tanggal 20 dan 22 Juli 2021, penulis memberikan pelatihan/pembelajaran tentang dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint dengan tema tahap-tahap cara membuka/mengoperasikan perangkat lunak Microsoft PowerPoint di komputer atau laptop kepada masyarakat sasaran secara luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu wajib memakai masker dan menjaga jarak di Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Kegiatan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint ini dilakukan dengan melibatkan mahasiswa KKNbD dan masyarakat sasaran. Kegiatan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint ini dilakukan pada siang hari dari jam 13:00 – 15:30 WITA. Pada saat penulis melakukan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint secara luring di Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali, penulis terlebih dahulu melakukan kegiatan pembukaan yaitu memberikan salam pembuka untuk memulai kegiatan dan menyampaikan agenda hari ini yaitu praktek secara langsung cara membuka/mengoperasikan perangkat lunak Microsoft PowerPoint menggunakan laptopSetelah itu, penulis melakukan kegiatan utama yaitu menjelaskan tahap-tahap cara membuka/mengoperasikan perangkat lunak Microsoft PowerPoint sembari mendampingi dan mengawasi praktek secara langsung yang dilakukan oleh masyarakat sasaran menggunakan laptop. Setelah itu, penulis melakukan kegiatan penutup yaitu memberikan salam penutup untuk mengakhiri kegiatan.

Pada tanggal 23 Juli 2021, penulis memberikan pelatihan/pembelajaran kepada masyarakat sasaran secara daring melalui WhatsApp Group tentang dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint dengan tema mengenal menu-menu yang ada di perangkat lunak Microsoft PowerPoint di komputer atau laptop. Kegiatan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint ini dilakukan dengan melibatkan mahasiswa KKNbD dan masyarakat sasaran. Kegiatan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint ini dilakukan pada siang hari dari jam 13:00 – 15:30 WITA. Pada saat penulis melakukan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint secara daring melalui WhatsApp Group, penulis terlebih dahulu melakukan kegiatan pembukaan yaitu memberikan salam pembuka untuk memulai kegiatan dan menyampaikan agenda hari ini yaitu mengenal menu-menu yang ada di perangkat lunak Microsoft PowerPoint. Setelah itu, penulis melakukan kegiatan utama yaitu menjelaskan menu-menu yang ada di Microsoft PowerPoint beserta fungsinya. Setelah itu, penulis melakukan kegiatan penutup yaitu memberikan sesi tanya jawab kepada masyarakat sasaran untuk bertanya mengenai materi yang telah diberikan jika ada yang kurang jelas dan terakhir memberikan salam penutup untuk mengakhiri kegiatan.

Pada tanggal 24, 26, dan 27 Juli 2021, penulis memberikan pelatihan/pembelajaran tentang dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint dengan tema mengenal menu-menu yang ada di perangkat lunak Microsoft PowerPoint di komputer atau laptop kepada masyarakat sasaran secara luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu wajib memakai masker dan menjaga jarak di Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Kegiatan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint ini dilakukan dengan melibatkan mahasiswa KKNbD dan masyarakat sasaran. Kegiatan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint ini dilakukan pada siang hari dari jam 13:00 – 15:30 WITA. Pada saat penulis melakukan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint secara luring di Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali, penulis terlebih dahulu melakukan kegiatan pembukaan yaitu memberikan salam pembuka untuk memulai kegiatan dan menyampaikan agenda hari ini yaitu praktek secara langsung cara menggunakan menu-menu yang ada di perangkat lunak Microsoft PowerPoint menggunakan laptop. Setelah itu, penulis melakukan kegiatan utama yaitu menjelaskan cara menggunakan menu-menu yang ada di perangkat lunak Microsoft PowerPoint serta fungsinya sembari mendampingi dan mengawasi praktek secara langsung yang dilakukan oleh masyarakat sasaran menggunakan laptop. Setelah itu, penulis melakukan kegiatan penutup yaitu memberikan salam penutup untuk mengakhiri kegiatan.

Pada tanggal 28 Juli 2021, penulis memberikan pelatihan/pembelajaran kepada masyarakat sasaran secara daring melalui WhatsApp Group tentang dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint dengan tema cara menyimpan file yang telah dibuat di perangkat lunak Microsoft PowerPoint di komputer atau laptop. Kegiatan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint ini dilakukan dengan melibatkan mahasiswa KKNbD dan masyarakat sasaran. Kegiatan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint ini dilakukan pada siang hari dari jam 13:00 – 15:30 WITA. Pada saat penulis melakukan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint secara daring melalui WhatsApp Group, penulis terlebih dahulu melakukan kegiatan pembukaan yaitu memberikan salam pembuka untuk memulai kegiatan dan menyampaikan agenda hari ini yaitu cara menyimpan file yang telah dibuat di perangkat lunak Microsoft PowerPoint. Setelah itu, penulis melakukan kegiatan utama yaitu menjelaskan tahap-tahap cara menyimpan file yang telah dibuat di Microsoft PowerPoint. Setelah itu, penulis melakukan kegiatan penutup yaitu memberikan sesi tanya jawab kepada masyarakat sasaran untuk bertanya mengenai materi yang telah diberikan jika ada yang kurang jelas dan terakhir memberikan salam penutup untuk mengakhiri kegiatan.

Pada tanggal 29 dan 30 Juli 2021, penulis memberikan pelatihan/pembelajaran tentang dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint dengan tema tahap-tahap cara menyimpan file yang telah dibuat di perangkat lunak Microsoft PowerPoint di komputer atau laptop kepada masyarakat sasaran secara luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu wajib memakai masker dan menjaga jarak di Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Kegiatan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint ini dilakukan dengan melibatkan mahasiswa KKNbD dan masyarakat sasaran. Kegiatan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint ini dilakukan pada siang hari dari jam 13:00 – 15:30 WITA. Pada saat penulis melakukan pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint secara luring di Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali, penulis terlebih dahulu melakukan kegiatan pembukaan yaitu memberikan salam pembuka untuk memulai kegiatan dan menyampaikan agenda hari ini yaitu praktek secara langsung cara menyimpan file yang telah dibuat di perangkat lunak Microsoft PowerPoint menggunakan laptop. Setelah itu, penulis melakukan kegiatan utama yaitu menjelaskan tahap-tahap cara menyimpan file yang telah dibuat di Microsoft PowerPoint sembari mendampingi dan mengawasi praktek secara langsung yang dilakukan oleh masyarakat sasaran menggunakan laptop. Setelah itu, penulis melakukan kegiatan penutup yaitu memberikan salam penutup untuk mengakhiri kegiatan.

Adapun kendala yang dihadapi penulis selama pemberian pelatihan/pembelajaran dasar-dasar perangkat lunak Microsoft PowerPoint ini yaitu pertama, terdapat masyarakat sasaran yang tidak memiliki laptop sehingga penulis memberikan pinjaman laptop kepada masyarakat sasaran tersebut untuk dapat mengikuti pelatihan/pembelajaran. Kedua, pada saat pemberian pelatihan/pembelajaran secara luring di tanggal 20 Juli 2021, terdapat dua orang masyarakat sasaran yang tidak dapat hadir dikarenakan sakit usai melakukan vaksinasi Covid-19. Dan beberapa masyarakat sasaran yang sedikit terlambat hadir di beberapa pertemuan saat penulis melakukan pelatihan/pembelajaran secara luring.

Namun, ada hal menarik dalam beberapa pertemuan saat penulis melakukan pelatihan/pembelajaran secara luring yaitu terdapat dua orang yang bukan masyarakat sasaran tertarik untuk bergabung mengikuti pelatihan/pembelajaran yang diberikan oleh penulis secara luring.

Tentang Penulis