Pemberian Pre-Test dan Post-Test Mengenai Optimisasi Sosial media dan E-commerce Kepada Masyarakat Sasaran
- Oleh Sinta Kumala Sumertaputri
- Monday 02/08/2021
- Kelompok 223, Kelompok, Kelompok
31-Juli-2021.
Pada hari ini sebelum melakukan pendampingan dan pemberian materi mengenai optimisasi
e-commerce, penulis mengadakan pre-test untuk mengetahui level pengetahuan dari
masyarakat sasaran tentang optimisasi sosial media dan e-commerce. Pre-test ini
dilakukan dengan meminta masyarakat sasaran untuk menjawab serangkaian pertanyaan
dalam batas waktu tertentu, yang dilakukan melalui google form.
Google
form dipergunakan untuk mempercepat koleksi dan koreksi dari data yang di
input oleh masyarakat sasaran. Dari data yang ditemukan, masyarakat sasaran
masih belum begitu paham mengenai optimisasi dari sosial media dan e-commerce.
01-Agustus-2021.
Pada hari ini setelah melakukan pendampingan dan pemberian materi mengenai optimisasi
sosial media, penulis mengadakan post-test untuk menindak lanjuti pemberian pre-test
sebelumnya, dan sekaligus untuk mengetahui level pengetahuan masyarakat sasaran
tentang optimisasi sosial media dan e-commerce. Sama seperti sebelumnya,
post-test ini juga dilakukan melalui media google form dan meminta
masyarakat sasaran untuk menjawab serangkaian pertanyaan dalam batas waktu
tertentu.
Dari
hasil koleksi dan koreksi data yang diinput oleh masyarakat sasaran melalui google
form, penulis dapat mengetahui bahwa pendampingan dan pemberian materi yang
dilakukan berdampak positif terhadap pengetahuan masyarakat sasaran mengenai
optimisasi sosial media dan e-commerce, karena dapat dilihat peningkatan yang
signifikan dari nilai data pre-test menuju ke post-test.