Pemberian Pre-Test dan Post-Test Mengenai Optimisasi Sosial media dan E-commerce Kepada Masyarakat Sasaran

31-Juli-2021. Pada hari ini sebelum melakukan pendampingan dan pemberian materi mengenai optimisasi e-commerce, penulis mengadakan pre-test untuk mengetahui level pengetahuan dari masyarakat sasaran tentang optimisasi sosial media dan e-commerce. Pre-test ini dilakukan dengan meminta masyarakat sasaran untuk menjawab serangkaian pertanyaan dalam batas waktu tertentu, yang dilakukan melalui google form.

Google form dipergunakan untuk mempercepat koleksi dan koreksi dari data yang di input oleh masyarakat sasaran. Dari data yang ditemukan, masyarakat sasaran masih belum begitu paham mengenai optimisasi dari sosial media dan e-commerce.

01-Agustus-2021. Pada hari ini setelah melakukan pendampingan dan pemberian materi mengenai optimisasi sosial media, penulis mengadakan post-test untuk menindak lanjuti pemberian pre-test sebelumnya, dan sekaligus untuk mengetahui level pengetahuan masyarakat sasaran tentang optimisasi sosial media dan e-commerce. Sama seperti sebelumnya, post-test ini juga dilakukan melalui media google form dan meminta masyarakat sasaran untuk menjawab serangkaian pertanyaan dalam batas waktu tertentu.

Dari hasil koleksi dan koreksi data yang diinput oleh masyarakat sasaran melalui google form, penulis dapat mengetahui bahwa pendampingan dan pemberian materi yang dilakukan berdampak positif terhadap pengetahuan masyarakat sasaran mengenai optimisasi sosial media dan e-commerce, karena dapat dilihat peningkatan yang signifikan dari nilai data pre-test menuju ke post-test.

Tentang Penulis