Pemberian Projek : Mengamati Bagian-Bagian Bunga dan Berdiskusi Mengenai Perkembangbiakan pada Tumbuhan secara Generatif dan Vegetatif pada Siswa Kelas VI SD

Hari Kamis, 09 Juli 2020 penulis memulai program kerja KMbD kedua, yaitu memberikan siswa projek individu mengamati bagian-bagian bunga dan mendiskusikan apa saja yang diketahui tentang perkembangbiakan pada tumbuhan secara generatif dan vegetatif. Projek yang akan diberikan disesuaikan dengan materi pada siswa kelas 6, Tema 1 (Selamatkan Makhluk Hidup). Target yang ingin dicapai yaitu siswa dapat mengetahui materi yang diberikan melalui projek di atas dengan benar melalui diskusi menggunakan aplikasi Google Meet. Adapun langkah kerja dalam projek individu mengamati bagian-bagian bunga dan mendiskusikan apa saja yang diketahui tentang perkembangbiakan pada tumbuhan secara generatif dan vegetatif, sebagai berikut. 

Delapan jam sebelum kegiatan dimulai, penulis menginformasikan pada siswa melalui WhatsApp Group untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, yaitu sebagai berikut:

1.    Bunga kembang sepatu

2.    Buku dan alat tulis untuk mencatat

Hari Kamis, 09 Juli 2020, siswa yang ikut berpartisipasi dalam Google Meet sebanyak enam (6) orang. Penulis sudah mencoba untuk menghubungi dua orang siswa yang tidak dapat menghadiri pembelajaran online saat itu. Namun, pesan singkat terakhir yang penulis terima, satu orang siswa menginformasikan bahwa sedang berada di kampung halamannya yang mengakibatkan sinyalnya kurang maksimal, kemudian satu orang siswa berikutnya baru menginformasikan setelah kegiatan selesai bahwa ia tidak memiliki kuota internet. Penulis dan 6 orang siswa lainnya melaksanakan proses pembelajaran melalui media sosial Google Meet dengan link yang telah dibagikan sebelumnya, sebagai berikut : https://meet.google.com/cze-egfx-xas 

Sebelum diberikan projek individu mengamati bagian-bagian bunga dan mendiskusikan apa saja yang diketahui tentang perkembangbiakan pada tumbuhan secara generatif dan vegetatif, penulis membuka kegiatan dengan berdoa. Selanjutnya, penulis menanyakan pada siswa apa yang diketahui tentang bunga dan bagian-bagiannya dengan cara berdiskusi. Kemudian, penulis dan siswa berdiskusi mengenai apa yang diketahui oleh siswa pertumbuhan dan perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dan vegetatif serta mendiskusikannya. Siswa diperbolehkan untuk mencari informasi di internet maupun buku Kelas 6 Tema 1 (Selamatkan Makhluk Hidup) yang sudah penulis kirimkan melalui WhatsApp Group sebelumnya.

Setelah melaksanakan projek individu mengamati bagian bunga kembang sepatu serta berdiskusi mengenai materi hari itu, diharapkan siswa dapat mengetahui dan mengingat bahwa tumbuhan berkembangbiak untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Secara umum, perkembangbiakan tumbuhan dibedakan menjadi dua cara, yaitu secara generatif atau seksual (perkawinan) dan vegetatif atau aseksual (tanpa perkawinan). Tumbuhan yang memiliki bunga akan berkembang biak secara generatif. Sebaliknya, tumbuhan yang tidak memiliki bunga, pada umumnya berkembangbiak secara vegetatif. Perkembangbiakan secara vegetatif alami antara lain dengan tunas, akar tinggal, dan umbi.



Catatan: Kegiatan pembelajaran online didokumentasikan dalam video berikut ini: video kegiatan dapat dilihat di sini




Tentang Penulis