Pemberian Projek : Mengamati Bagian-Bagian Bunga dan Berdiskusi Mengenai Perkembangbiakan pada Tumbuhan secara Generatif dan Vegetatif pada Siswa Kelas VI SD
- Oleh Anak Agung Ayu Laksmi Dewi
- Monday 20/07/2020
- Kelompok 319, Kelompok, Kelompok
Hari Kamis, 09 Juli 2020 penulis memulai
program kerja KMbD kedua, yaitu memberikan siswa projek individu mengamati
bagian-bagian bunga dan mendiskusikan apa saja yang diketahui tentang
perkembangbiakan pada tumbuhan secara generatif dan vegetatif. Projek yang akan
diberikan disesuaikan dengan materi pada siswa kelas 6, Tema 1 (Selamatkan
Makhluk Hidup). Target yang ingin dicapai yaitu siswa dapat mengetahui materi
yang diberikan melalui projek di atas dengan benar melalui diskusi menggunakan
aplikasi Google Meet. Adapun langkah kerja dalam projek
individu mengamati bagian-bagian bunga dan mendiskusikan apa saja yang
diketahui tentang perkembangbiakan pada tumbuhan secara generatif dan
vegetatif, sebagai berikut.
Delapan jam sebelum kegiatan dimulai, penulis
menginformasikan pada siswa melalui WhatsApp Group untuk
menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, yaitu sebagai berikut:
1. Bunga
kembang sepatu
2. Buku
dan alat tulis untuk mencatat
Hari Kamis, 09 Juli 2020, siswa yang ikut
berpartisipasi dalam Google Meet sebanyak enam (6) orang.
Penulis sudah mencoba untuk menghubungi dua orang siswa yang tidak dapat
menghadiri pembelajaran online saat itu. Namun, pesan singkat
terakhir yang penulis terima, satu orang siswa menginformasikan bahwa sedang berada
di kampung halamannya yang mengakibatkan sinyalnya kurang maksimal, kemudian
satu orang siswa berikutnya baru menginformasikan setelah kegiatan selesai
bahwa ia tidak memiliki kuota internet. Penulis dan 6 orang siswa lainnya
melaksanakan proses pembelajaran melalui media sosial Google Meet dengan link yang
telah dibagikan sebelumnya, sebagai berikut : https://meet.google.com/cze-egfx-xas
Sebelum diberikan projek individu mengamati
bagian-bagian bunga dan mendiskusikan apa saja yang diketahui tentang
perkembangbiakan pada tumbuhan secara generatif dan vegetatif, penulis membuka
kegiatan dengan berdoa. Selanjutnya, penulis menanyakan pada siswa apa yang
diketahui tentang bunga dan bagian-bagiannya dengan cara berdiskusi. Kemudian,
penulis dan siswa berdiskusi mengenai apa yang diketahui oleh siswa pertumbuhan
dan perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dan vegetatif serta
mendiskusikannya. Siswa diperbolehkan untuk mencari informasi di internet maupun
buku Kelas 6 Tema 1 (Selamatkan Makhluk Hidup) yang sudah penulis kirimkan
melalui WhatsApp Group sebelumnya.
Setelah melaksanakan projek individu
mengamati bagian bunga kembang sepatu serta berdiskusi mengenai materi hari
itu, diharapkan siswa dapat mengetahui dan mengingat bahwa tumbuhan
berkembangbiak untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Secara umum,
perkembangbiakan tumbuhan dibedakan menjadi dua cara, yaitu secara generatif
atau seksual (perkawinan) dan vegetatif atau aseksual (tanpa perkawinan).
Tumbuhan yang memiliki bunga akan berkembang biak secara generatif. Sebaliknya,
tumbuhan yang tidak memiliki bunga, pada umumnya berkembangbiak secara
vegetatif. Perkembangbiakan secara vegetatif alami antara lain dengan tunas,
akar tinggal, dan umbi.
Catatan: Kegiatan pembelajaran online didokumentasikan
dalam video berikut ini: video kegiatan dapat dilihat di sini