Pemberian Projek : Menulis dan Membaca Puisi pada Siswa Kelas VI SD

Hari Kamis, 23 Juli 2020 penulis dan siswa melakukan diskusi online melalui aplikasi Google Meet dengan link sebagai berikut: https://meet.google.com/zsq-xgir-ona . Projek yang diberikan pada masing – masing siswa yakni menulis dan membaca puisi melalui aplikasi Google Meet. Penulis memulai kegiatan hari itu dengan berdoa, selanjutnya mengecek kehadiran siswa. Siswa yang dapat menghadiri pertemuan melalui Google Meet sebanyak lima (5) orang siswa. Tiga orang siswa lainnya mengalami kendala susah sinyal sehingga tidak dapat menghadiri pembelajaran online melalui Google Meet.

Pada kegiatan awal pembelajaran online dan sebelum siswa diberikan materi puisi, penulis meminta siswa yang telah hadir di Google Meet untuk menjawab pre test yang telah dikirim melalui WhatsApp Group. Berdasarkan hasil pre test dilampirkan pada foto. Terlihat bahwa rentang nilai yang diperoleh dari 7 responden (siswa) adalah 10 s.d. 60 poin, dengan rata – rata nilai 26 dari 100 poin, dan median 20 dari 100 poin. (link pre test sebagai berikut : https://docs.google.com/forms/d/1sPLB3w8pAdyW3DISczbaKI7NjuSbSlVayHojGL9DbA4/edit?usp=sharing )

Kegiatan berikutnya, penulis mengirimkan materi Puisi melalui WhatsApp Group untuk dibaca dan dipahami oleh siswa. Setelah siswa membaca materi dan berdiskusi mengenai unsur intrinsik puisi (diksi, imaji, gaya bahasa, bunyi, rima, ritme, dan tema) dan unsur ekstrinsik puisi (aspek historis, aspek psikologis, aspek filsafat, dan aspek religius), penulis mengajak siswa belajar menulis puisi kemudian membacanya melalui Google Meet kembali. Pemilihan tema pada puisi penulis bebaskan agar siswa dapat mengeluarkan kreativitasnya dalam berpikir dan menulis puisi.

Siswa yang bersedia dipersilahkan terlebih dahulu untuk membaca puisi yang telah ditulis, sedangkan siswa lain dipersilahkan untuk menyimak temannya yang sedang membaca puisi. Sikap percaya diri siswa terlihat pada saat membaca puisi hasil karyanya. Masing-masing siswa diberikan kesempatan untuk menilai hasil bacaan puisi dari siswa lain. Pendapat siswa yaitu mengenai pembacaan yang terlalu cepat dan dikarenakan sinyal masing – masing siswa berbeda, ada siswa yang kurang mendengar saat temannya membacakan puisi.

Penulis memberikan tepuk tangan online untuk mengapresiasi siswa yang berani membacakan hasil karyanya. Saran dari penulis pada siswa jika suatu hari nanti mendapatkan tugas membaca puisi, siswa mampu memahami tema yang ada pada puisinya. Jika tema mengenai kepahlawanan, saat membaca tentu membacanya harus bersemangat. Sedangkan untuk puisi bertema kesedihan, ekspresi pembaca haruslah sedih dan sendu. Siswa juga perlu mengingat bagaimana lafal, intonasi, dan tempo yang sesuai saat membaca puisi.

Kegiatan hari itu ditutup dengan memberikan post test pada siswa. Hasil post test yang diperoleh yaitu dengan rentang nilai 20 s.d 60 poin, dengan rata – rata nilai 46 dari 100 poin, dan median 50 dari 100 poin. Berdasarkan hasil pre test dan post test terlihat bahwa pengetahuan siswa cukup mengalami peningkatan dalam memahami materi Puisi yang telah diberikan. 

Link post test:

https://docs.google.com/forms/d/1ZtcZrvmeNIrh0n7-eGE2t7pu22sJfRDjfhn8hlfCSWU/edit?usp=sharing

 

Materi Puisi dapat dilihat di :

https://drive.google.com/file/d/1pPDVwewmNzOmRjhsp2dN5bg6GP5MdBBm/view?usp=sharing

 

(Video Kegiatan dapat dilihat di YouTube dengan link : https://youtu.be/bXxo-P5D8Zk )

Tentang Penulis