Pemberian Projek : Menulis dan Membaca Puisi pada Siswa Kelas VI SD
- Oleh Anak Agung Ayu Laksmi Dewi
- Friday 31/07/2020
- Kelompok 319, Kelompok, Kelompok
Hari Kamis, 23 Juli 2020 penulis dan siswa melakukan
diskusi online melalui aplikasi Google Meet dengan
link sebagai berikut: https://meet.google.com/zsq-xgir-ona .
Projek yang diberikan pada masing – masing siswa yakni menulis dan membaca
puisi melalui aplikasi Google Meet. Penulis memulai kegiatan hari
itu dengan berdoa, selanjutnya mengecek kehadiran siswa. Siswa yang dapat
menghadiri pertemuan melalui Google Meet sebanyak lima (5)
orang siswa. Tiga orang siswa lainnya mengalami kendala susah sinyal sehingga
tidak dapat menghadiri pembelajaran online melalui Google
Meet.
Pada kegiatan awal pembelajaran online dan
sebelum siswa diberikan materi puisi, penulis meminta siswa yang telah hadir
di Google Meet untuk menjawab pre test yang
telah dikirim melalui WhatsApp Group. Berdasarkan hasil pre
test dilampirkan pada foto. Terlihat bahwa rentang nilai yang
diperoleh dari 7 responden (siswa) adalah 10 s.d. 60 poin, dengan rata – rata
nilai 26 dari 100 poin, dan median 20 dari 100 poin. (link pre test sebagai
berikut : https://docs.google.com/forms/d/1sPLB3w8pAdyW3DISczbaKI7NjuSbSlVayHojGL9DbA4/edit?usp=sharing )
Kegiatan berikutnya, penulis mengirimkan materi Puisi
melalui WhatsApp Group untuk dibaca dan dipahami oleh siswa.
Setelah siswa membaca materi dan berdiskusi mengenai unsur intrinsik puisi
(diksi, imaji, gaya bahasa, bunyi, rima, ritme, dan tema) dan unsur ekstrinsik
puisi (aspek historis, aspek psikologis, aspek filsafat, dan aspek religius),
penulis mengajak siswa belajar menulis puisi kemudian membacanya melalui Google
Meet kembali. Pemilihan tema pada puisi penulis bebaskan agar siswa
dapat mengeluarkan kreativitasnya dalam berpikir dan menulis puisi.
Siswa yang bersedia dipersilahkan terlebih dahulu untuk membaca
puisi yang telah ditulis, sedangkan siswa lain dipersilahkan untuk menyimak
temannya yang sedang membaca puisi. Sikap percaya diri siswa terlihat pada saat
membaca puisi hasil karyanya. Masing-masing siswa diberikan kesempatan untuk
menilai hasil bacaan puisi dari siswa lain. Pendapat siswa yaitu mengenai
pembacaan yang terlalu cepat dan dikarenakan sinyal masing – masing siswa
berbeda, ada siswa yang kurang mendengar saat temannya membacakan puisi.
Penulis memberikan tepuk tangan online untuk
mengapresiasi siswa yang berani membacakan hasil karyanya. Saran dari penulis
pada siswa jika suatu hari nanti mendapatkan tugas membaca puisi, siswa mampu
memahami tema yang ada pada puisinya. Jika tema mengenai kepahlawanan, saat
membaca tentu membacanya harus bersemangat. Sedangkan untuk puisi bertema
kesedihan, ekspresi pembaca haruslah sedih dan sendu. Siswa juga perlu
mengingat bagaimana lafal, intonasi, dan tempo yang sesuai saat membaca puisi.
Kegiatan hari itu ditutup dengan memberikan post
test pada siswa. Hasil post test yang diperoleh yaitu
dengan rentang nilai 20 s.d 60 poin, dengan rata – rata nilai 46 dari 100 poin,
dan median 50 dari 100 poin. Berdasarkan hasil pre test dan post
test terlihat bahwa pengetahuan siswa cukup mengalami peningkatan
dalam memahami materi Puisi yang telah diberikan.
Link post test:
https://docs.google.com/forms/d/1ZtcZrvmeNIrh0n7-eGE2t7pu22sJfRDjfhn8hlfCSWU/edit?usp=sharing
Materi Puisi dapat dilihat di :
https://drive.google.com/file/d/1pPDVwewmNzOmRjhsp2dN5bg6GP5MdBBm/view?usp=sharing
(Video Kegiatan dapat
dilihat di YouTube dengan link : https://youtu.be/bXxo-P5D8Zk )