Pemberian Projek : Menyebutkan Nilai-Nilai Luhur Pancasila yang dapat diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa

Hari Rabu, 29 Juli 2020, dilakukan diskusi online melalui aplikasi Google Meet dengan link sebagai berikut: https://meet.google.com/zsq-xgir-ona . Penulis mengajak siswa untuk melaksanakan projek “Menyebutkan Nilai-Nilai Luhur Pancasila yang dapat diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari”, kemudian mempresentasikannya di Google Meet. Penulis memulai kegiatan hari itu dengan berdoa, selanjutnya mengecek kehadiran siswa. Siswa yang dapat menghadiri pertemuan melalui Google Meet sebanyak enam (6) orang siswa. Dua orang siswa lainnya mengalami kendala susah sinyal sehingga tidak dapat menghadiri pembelajaran online melalui Google Meet.

Pada kegiatan awal pembelajaran, siswa diminta untuk menjawab pre test yang telah dikirim melalui WhatsApp Group. Berdasarkan hasil pre test terlihat bahwa rentang nilai yang diperoleh dari 6 responden (siswa) adalah 40 s.d. 80 poin, dengan rata – rata nilai 68,33 dari 100 poin, dan median 80 dari 100 poin.

(link pre test sebagai berikut :

https://docs.google.com/forms/d/1HKoe6nJ6gr9y0do-dgzSJBzMInnSJY_CWQdglitHmOw/edit?usp=sharing )

Saat kegiatan inti, penulis meminta siswa satu persatu untuk menyebutkan kelima bunyi sila Pancasila guna mengetahui kemampuan siswa dalam mengingat bunyi sila Pancasila. Selanjutnya, siswa ditugaskan untuk mencari dan menghafalkan nilai-nilai luhur disetiap sila Pancasila yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, kemudian menyampaikan informasi yang didapat kepada teman-temannya di Google Meet. Siswa dilatih untuk berpendapat dan memberanikan diri menyebutkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam setiap sila Pancasila.

Siswa yang ditunjuk untuk menyebutkan nilai-nilai luhur pada sila pertama Pancasila diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan siswa yang ditunjuk menyebutkan nilai luhur Pancasila sila kedua hingga sila kelima. Setelah menyampaikan pendapatnya, penulis mengajak siswa berdiskusi serta merangkum pendapat dari masing-masing siswa.

Kegiatan penutup yaitu memberikan post test pada siswa. Hasil post test yang diperoleh yaitu dengan rentang nilai 70 s.d 100 poin, dengan rata – rata nilai 88,33 dari 100 poin, dan median 90 dari 100 poin. Berdasarkan hasil pre test dan post test terlihat bahwa pengetahuan siswa mengalami peningkatan dalam memahami materi Nilai – Nilai Luhur Pancasila yang dapat diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari.

Link post test:

https://docs.google.com/forms/d/1-LGPDOgAX766hNXub-zO7CZjVa7xkpx8GvoAhZ2bgnw/edit?usp=sharing

Materi Nilai – Nilai Luhur Pancasila yang dapat diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari dapat dilihat di :

https://drive.google.com/file/d/14KRXBHBffWSD8ju17GyeNtPH67cVd2H5/view?usp=sharing

(Video Kegiatan dapat dilihat di YouTube dengan link berikut : https://youtu.be/2otB-n7Z-Xc )

Tentang Penulis