Pemberian Projek untuk Siswa Kelas VI SD : Uji Kandungan Karbohidrat dan Lemak pada Makanan

Penulis dan siswa melakukan diskusi online melalui aplikasi Google Meet dengan link sebagai berikut: https://meet.google.com/zsq-xgir-ona pada hari Jumat, 24 Juli 2020. Penulis mengajak siswa untuk melaksanakan projek menguji kandungan karbohidrat dan lemak pada makanan yang ada di rumah siswa. Penulis memulai kegiatan dengan berdoa. Siswa yang dapat menghadiri pertemuan melalui Google Meet sebanyak tujuh (7) orang siswa. Satu siswa mengalami kendala susah sinyal sehingga tidak dapat menghadiri pembelajaran online melalui Google Meet.

Pada kegiatan awal pembelajaran online siswa yang telah hadir di Google Meet diajak untuk menjawab pre test yang telah dikirim melalui WhatsApp Group. Berdasarkan hasil pre test dilampirkan pada foto, terlihat bahwa rentang nilai yang diperoleh dari 7 responden (siswa) adalah 20 s.d. 60 poin, dengan rata – rata nilai 37,14 dari 100 poin, dan median 30 dari 100 poin.

(link pre test sebagai berikut :

https://docs.google.com/forms/d/1kaXIQAimEmjeunmCQdOLINgc-lmVfLHaoFLWTYpGKoA/edit?usp=sharing )

Dikarenakan terdapat kendala sinyal saat penulis akan mendemonstrasikan cara menguji kandungan karbohidrat dan lemak pada makanan, maka penulis mengirimkan langkah kerja menguji makanan yang telah dipersiapkan oleh masing-masing siswa melalui WhatsApp Group. Selanjutnya, siswa membaca lalu mengikuti langkah kerja yang telah dikirimkan. Saat menunggu selama 15 menit untuk mengetahui adanya perubahan warna pada bahan makanannya, penulis mengirimkan materi Tumbuhan sebagai Sumber Karbohidrat dan Lemak melalui WhatsApp Group untuk dibaca dan dipahami oleh siswa.

Saat siswa menginformasikan adanya perubahan warna pada makanan yang telah diuji, penulis meminta siswa untuk mengirimkan foto dan menuliskan perubahan warna dari bahan makanan yang telah diuji menggunakan betadine untuk mengetahui apakah makanan tersebut mengandung amilum (karbohidrat) serta adakah perubahan pada kertas buram setelah diolesi bahan makanan.

Setelah siswa menuliskan hasil pengamatannya pada buku catatan, siswa dapat mengelompokkan bahan-bahan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Apabila makanan ditetesi betadine dan ditunggu beberapa saat, lalu ada perubahan pada makanan yaitu berubah menjadi warna biru kehitaman, maka bahan makanan tersebut mengandung karbohidrat. Sedangkan, bahan makanan yang mengandung lemak ketika diolesi pada kertas buram setelah ditunggu kurang lebih 15 menit, maka kertas buram akan berubah menjadi transparan.

Kegiatan hari itu ditutup dengan memberikan post test pada siswa. Hasil post test yang diperoleh yaitu dengan rentang nilai 40 s.d 100 poin, dengan rata – rata nilai 75,71 dari 100 poin, dan median 80 dari 100 poin. Berdasarkan hasil pre test dan post test terlihat bahwa pengetahuan siswa mengalami peningkatan dalam memahami materi “Menguji Kandungan Karbohidrat dan Lemak pada Bahan Makanan” yang telah diberikan.

Link post test: 

https://docs.google.com/forms/d/1w2Zl9EMiHI1FDP2VvyB4xyBEtikAJRzt7PlaMOMJnNs/edit?usp=sharing

Materi Menguji Kandungan Karbohidrat dan Lemak pada Bahan Makanan dapat dilihat di :

https://drive.google.com/file/d/1b2TVVb-oYgOuUJnbJ-jo7S00QbgsfKJx/view?usp=sharing 

(Foto Hasil Pengujian Kandungan Karbohidrat dan Lemak pada Bahan Makanan dapat dilihat di YouTube dengan link sebagai berikut : https://youtu.be/UCxn9K6a1EA )

Tentang Penulis