Pemberian Projek untuk Siswa Kelas VI SD : Uji Kandungan Karbohidrat dan Lemak pada Makanan
- Oleh Anak Agung Ayu Laksmi Dewi
- Friday 31/07/2020
- Kelompok 319, Kelompok, Kelompok
Penulis
dan siswa melakukan diskusi online melalui
aplikasi Google Meet dengan link sebagai berikut: https://meet.google.com/zsq-xgir-ona pada hari Jumat, 24
Juli 2020. Penulis mengajak siswa untuk melaksanakan projek menguji kandungan karbohidrat
dan lemak pada makanan yang ada di rumah siswa. Penulis memulai kegiatan dengan
berdoa. Siswa yang dapat menghadiri pertemuan melalui Google Meet sebanyak tujuh (7) orang siswa. Satu siswa mengalami
kendala susah sinyal sehingga tidak dapat menghadiri pembelajaran online melalui Google Meet.
Pada kegiatan
awal pembelajaran online siswa yang
telah hadir di Google Meet diajak untuk
menjawab pre test yang telah dikirim
melalui WhatsApp Group. Berdasarkan
hasil pre test dilampirkan pada foto,
terlihat bahwa rentang nilai yang diperoleh dari 7 responden (siswa) adalah 20
s.d. 60 poin, dengan rata – rata nilai 37,14 dari 100 poin, dan median 30 dari 100
poin.
(link pre test sebagai berikut :
https://docs.google.com/forms/d/1kaXIQAimEmjeunmCQdOLINgc-lmVfLHaoFLWTYpGKoA/edit?usp=sharing )
Dikarenakan
terdapat kendala sinyal saat penulis akan mendemonstrasikan cara menguji
kandungan karbohidrat dan lemak pada makanan, maka penulis mengirimkan langkah
kerja menguji makanan yang telah dipersiapkan oleh masing-masing siswa melalui WhatsApp Group. Selanjutnya, siswa membaca
lalu mengikuti langkah kerja yang telah dikirimkan. Saat menunggu selama 15
menit untuk mengetahui adanya perubahan warna pada bahan makanannya, penulis
mengirimkan materi Tumbuhan sebagai Sumber Karbohidrat dan Lemak melalui WhatsApp Group untuk dibaca dan dipahami
oleh siswa.
Saat
siswa menginformasikan adanya perubahan warna pada makanan yang telah diuji,
penulis meminta siswa untuk mengirimkan foto dan menuliskan perubahan warna dari
bahan makanan yang telah diuji menggunakan betadine
untuk mengetahui apakah makanan tersebut mengandung amilum (karbohidrat)
serta adakah perubahan pada kertas buram setelah diolesi bahan makanan.
Setelah
siswa menuliskan hasil pengamatannya pada buku catatan, siswa dapat
mengelompokkan bahan-bahan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Apabila
makanan ditetesi betadine dan
ditunggu beberapa saat, lalu ada perubahan pada makanan yaitu berubah menjadi
warna biru kehitaman, maka bahan makanan tersebut mengandung karbohidrat.
Sedangkan, bahan makanan yang mengandung lemak ketika diolesi pada kertas buram
setelah ditunggu kurang lebih 15 menit, maka kertas buram akan berubah menjadi
transparan.
Kegiatan
hari itu ditutup dengan memberikan post
test pada siswa. Hasil post test yang
diperoleh yaitu dengan rentang nilai 40 s.d 100 poin, dengan rata – rata nilai
75,71 dari 100 poin, dan median 80 dari 100 poin. Berdasarkan hasil pre test dan post test terlihat bahwa pengetahuan siswa mengalami peningkatan
dalam memahami materi “Menguji Kandungan Karbohidrat dan Lemak pada Bahan
Makanan” yang telah diberikan.
Link post test:
https://docs.google.com/forms/d/1w2Zl9EMiHI1FDP2VvyB4xyBEtikAJRzt7PlaMOMJnNs/edit?usp=sharing
Materi Menguji Kandungan Karbohidrat dan Lemak pada Bahan
Makanan dapat dilihat di :
https://drive.google.com/file/d/1b2TVVb-oYgOuUJnbJ-jo7S00QbgsfKJx/view?usp=sharing
(Foto Hasil Pengujian Kandungan Karbohidrat dan Lemak
pada Bahan Makanan dapat dilihat di YouTube
dengan link sebagai berikut : https://youtu.be/UCxn9K6a1EA )