Pemberian Quis Vocabulary yang Menyenangkan dengan Platform Game "KAHOOT"

Pada hari Kamis, tanggal 15 Juli 2021

Saya selaku pelaksana kegiatan KKNbD Undiksha Tahun 2021. Bersama Masyarakat Sasaran di Desa Datah, Kecamatan Abang, kabupaten Karangasem, Bali, melaksanakan kegiatan belajar sambil bermain game menggunakan platform KAHOOT. Kegiatan ini saya laksanakan dengan tujuan yaitu untuk mengasah ingatan seluruh masyarakat sasaran yaitu siswa,tentang materi dasar vocabulary. Kegiatan ini juga bertujuan agar siswa tidak merasa bosan dan sebagai variasi dari belajar online. Kegiatan seperti biasa dimulai dengan mengingatkan dan prepare sebelum jam mulai kegiatan. Setelah itu saya mengirimkan link web KAHOOT (https://kahoot.it/challenge/02776335?challenge-id=b7069b35-8a1d-443d-a014-931e56ab9c8c_1626419326912) kepada masyarakat sasaran di WhatsApp Group. Kegiatan belajar sambil bermain berlangsung dengan baik beberapa masyarakat sasaran sudah langsung bisa menggunakan web tersebut, namun ada beberapa yang masih kebingungan dan bertanya di grup, dan setelah saya memberikan solusi akan permasalahan yang dihadapi, seluruh masyarakat sasaran sudah mahir dengan KAHOOT ini, skor dari masing masing siswa beragam dan terlampir pada foto-foto dokumentasi. Masyarakat sasaran (siswa) sangat suka belajar dengan KAHOOT ini, mereka bisa mengulang menjawab quis di KAHOOT ini beberapa kali yang mereka inginkan. Siswa terus merasa dirinya tertantang karena skor mereka terlihat langsung Ketika selesai menjawab, hal ini menjadikan para siswa atau masyarakat sasaran lebih antusias belajar dan mereka menyatakan bahwa belajar dengan KAHOOT ini sangat menyenangkan. 

Tentang Penulis