Pemberian Quis Vocabulary yang Menyenangkan dengan Platform Game "KAHOOT"
- Oleh Ni Luh Eka Setiawati
- Sunday 18/07/2021
- Kelompok 67, Kelompok, Kelompok
Pada hari Kamis, tanggal 15 Juli
2021
Saya selaku
pelaksana kegiatan KKNbD Undiksha Tahun 2021. Bersama Masyarakat Sasaran di
Desa Datah, Kecamatan Abang, kabupaten Karangasem, Bali, melaksanakan kegiatan
belajar sambil bermain game menggunakan platform KAHOOT. Kegiatan ini saya
laksanakan dengan tujuan yaitu untuk mengasah ingatan seluruh masyarakat sasaran
yaitu siswa,tentang materi dasar vocabulary. Kegiatan ini juga bertujuan agar
siswa tidak merasa bosan dan sebagai variasi dari belajar online. Kegiatan
seperti biasa dimulai dengan mengingatkan dan prepare sebelum jam mulai
kegiatan. Setelah itu saya mengirimkan link web KAHOOT (https://kahoot.it/challenge/02776335?challenge-id=b7069b35-8a1d-443d-a014-931e56ab9c8c_1626419326912) kepada masyarakat
sasaran di WhatsApp Group. Kegiatan belajar sambil bermain berlangsung dengan
baik beberapa masyarakat sasaran sudah langsung bisa menggunakan web tersebut,
namun ada beberapa yang masih kebingungan dan bertanya di grup, dan setelah saya memberikan solusi akan permasalahan yang dihadapi, seluruh masyarakat sasaran sudah mahir dengan KAHOOT ini, skor dari masing
masing siswa beragam dan terlampir pada foto-foto dokumentasi. Masyarakat
sasaran (siswa) sangat suka belajar dengan KAHOOT ini, mereka bisa mengulang
menjawab quis di KAHOOT ini beberapa kali yang mereka inginkan. Siswa terus merasa dirinya tertantang karena skor mereka terlihat langsung Ketika selesai menjawab,
hal ini menjadikan para siswa atau masyarakat sasaran lebih antusias belajar
dan mereka menyatakan bahwa belajar dengan KAHOOT ini sangat menyenangkan.