Pemberian Tugas Menulis Bertemakan "Hobi/Kegemaran dan Bakatku".
- Oleh I Gusti Ayu Indah Paramita
- Monday 26/07/2021
- Kelompok 38, Kelompok, Kelompok
Setelah melakukan persiapan berani minggu kedua pada hari Minggu, 11 Juli 2021, tentunya seperti biasa untuk menyegarkan kemampuan peserta didik, saya tidak langsung merasa malas belajar dengan memberikan materi tematik. Perlu adanya persiapan agar suasana hati anak tetap baik sehingga secara langsung tidak akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan pembelajaran di pertemuan berikutnya. Oleh karena itu, saya berusaha untuk menyegarkan kemampuan berpikirnya dengan cara memberikan tugas yang bertemakan "Hobi/Kegemaran dan Bakatku". Agar mereka tidak membuat tugas dengan tergesa-gesa, pada hari Senin, 12 Juli 2021, saya memberikan pengumuman di grup WhatsApp dan membuat room di Google Classroom untuk memaparkan keterangan serta tenggat waktu nya sebelum pengumpulan tugas.
Pada hari Selasa, 13 Juli 2021, peserta didik dapat melanjutkan pengerjaan dan apabila sudah selesai dapat mengumpulkan masing-masing ruangan Google Classroom yang telah tersedia mulai pukul 08:00-10:00 WITA, tetapi karena ada siswa yang belum dapat mengumpulkan tugas yang tepat waktu karena berbenturan dengan orangtua bekerja (mengingat gadget yang digunakan siswa masih meminjamkan milik orang tuanya) maka waktu diperpanjang hingga pukul 13:00 WITA. Dengan ketentuan minimal ditulis dalam 2 paragraf pada buku catatan masing-masing dan tidak lupa melampirkan foto-foto yang berkaitan dengan hobi/kegemaran dan bakat. Setelah semua tugas menulis terkumpul, saya mulai memeriksa hasil kerja peserta didik dengan memberinya nilai.
Tugas menulis yang telah dikirim oleh siswa sungguh bervariasi dan sangat menarik. Semua anak memiliki kegemaran dan bakatnya tersendiri. Anak-anak ada yang terinspirasi oleh orang tuanya, mereka menjadikan hobinya sebagai cara untuk membantu orang tua di rumah hingga memantapkan diri untuk bermimpi dan meraih cita-cita dari kegemaran dan bakatnya itu. Mereka yang sangat mencintai kegemarannya rela mengurangi waktu bermainnya untuk mengasah kemampuan tersebut. Bahkan, ada juga peserta didik yang menemukan hobinya selama beraktivitas di rumah saja pada masa pandemi ini, seperti salah satu peserta didik yang rajin membantu orang-orang memasak, ia pun meningkatkan aktivitas itu pada akhirnya menjadi suatu hobi/kegemaran.bahkan bakat yang ada pada peserta didik yang apabila ditekuni dan diasah terus-menerus akan menghasilkan hasil hingga memiliki prestasi yang memukau. Mereka pun berharap suatu saat cita-cita mereka akan terwujud di masa depan.