PEMBUATAN GROUP WHATSAPP, PERKENALAN, DAN PEMBERIAN EDUKASI TENTANG PEMBELAJARAN DARING SECARA UMUM DAN APLIKASI YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBUAT KOMIK AUDIO VISUAL

    Pada tanggal 5 Juli sampai 6 Agustus 2021 saya melaksanakan KKNbD yaitu salah satu program dari Universitas Pendidikan Ganesha. KKNbD ini dilaksanakan secara daring dan semi daring tergantung kondisi dan situasi lokasi dilaksanakannya KKNbD. Saya melaksanakan KKNbD di Desa Tangguntiti, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Pada KKNbD ini saya menyasar masyarakat desa Tangguntiti yang berprofesi sebagai guru di Sekolah Dasar.

    Saya melaksanakan pelatihan dan pendampingan pembuatan komik edukasi pada pembelajaran audio visual. Pada minggu pertama ini saya melaksanakan koordinasi dengan pihak terkait seperti masyarakat sasaran dan kepala desa. Pada saat berkoordinasi dengan masyarakat sasaran saya juga membantu membersihkan lingkungan sekolah. Setelah kegiatan tersebut selesai dilanjutkan dengan membuatkan WhatsApp Grup untuk masyarakat sasaran dan kemudian memasukan masyarakat sasaran ke dalam WhatsApp Grup yang telah dbuat. Terdapat pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang, oleh sebab itu saya melaksanakan perkenalan secara daring dengan masyarakat sasaran. Selain perkenalan, pada minggu pertama saya juga memberikan edukasi kepada masyarakat sasaran dengan mengirimkan video di WhatsApp Grup terkait pembelajaran daring secara umum dan aplikasi yang digunakan dalam membuat komik audio visual. Hal tersebut dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2021 yang bertujuan agar masyarakat sasaran mempunyai dasar sebelum membuat komik audio visual dan tidak bingung ketika mengaplikasikan aplikasi yang digunakan dalam membuat komik audio visual. Kegiatan ini diikuti dengan cukup baik oleh masyarakat sasaran karena ia bisa bertanya kapan saja dengan saya terkait materi yang telah disampaikan serta belajar kapan saja karena dilaksanakan secara daring dan video dikirim melalui WhatsApp Grup.

    Dengan dilaksanakannya kegiatan ini pada minggu pertama, diharapkan masyarakat sasaran dapat mengikuti program kerja yang telah dibuat dan akan dilaksanakan kedepannya. Selain itu agar masyarakat tidak mengalami kesulitan ketika mengikuti program kerja kedepannya dikarenakan program kerja kedepannya akan semakin kompleks dan meminta beberapa tuntutan dari masyarakat sasaran.

 

Video edukasi terkait pembelajaran daring secara umum dan aplikasi yang digunakan dalam pembuatan komik audio visual dapat dilihat pada link berikut:

https://drive.google.com/drive/folders/1gBUvi9VMx0goMO1en9ZFToLJEV0mV374?usp=sharing  

Tentang Penulis