Pembuatan Grup WA untuk Masyarakat Sasaran dan Diskusi Waktu dan Media Komunikasi Selama Kegiatan

Kegiatan awal ini dilaksanakan pada hari Senin, 6 Juli 2020 pukul 19.00 WIB. Mahasiswa peserta KMbD yang selanjutnya disebut dengan pemateri memberikan pengumuman awal mengenai kesiapan waktu dan media yang digunakan selama kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Situs Freelance sebagai Sumber Penghasilan Selama Masa/Pasca Covid-19. Pemateri memberikan jadwal kegiatan yang telah disusun di dalam Proposal Projek KMbD. Pemateri menunggu respon dari peserta pelatihan yang selanjutnya disebut dengan audiens mengenai kesiapan pada diskusi awal untuk keberlangsungan kegiatan selanjutnya.

Audiens sebanyak 10 orang dari tiga provinsi yang berbeda, yaitu 7 orang berasal dari Lampung, 2 orang dari Jawa Tengah, dan 1 orang dari Sumatera Selatan. Sebanyak 9 audiens merupakan mahasiswa, dan 1 orang merupakan pedagang martabak manis (terang bulan). Setelah diinformasikan mengenai jadwal kegiatan, sebanyak 7 orang tidak keberatan atau setuju dengan jadwal yang telah dirancang, dan 3 orang belum memberikan tanggapan. Selanjutnya, melalui usulan salah satu audiens, yaitu kegiatan dilaksanakan pada siang hari, dan telah disepakati hari pelaksanaannya sesuai dengan jadwal yang telah dibuat dan waktunya adalah pukul 13.00-15.00 WIB.

Awalnya pemateri berencana menggunakan media komunikasi WhatsApp (WA) dan google meet selama kegiatan. Setelah berdiskusi, ternyata ada 5 audiens yang keberatan apabila menggunakan google meet karena tidak mempunyai paket data yang cukup. Pemateri mengambil jalan dengan memberikan materi pelatihan dalam bentuk powerpoint (PPT) ataupun PDF yang dibuat secara rinci dan dibagikan melalui WA Group (WAG). Selanjutnya pemateri akan menuntun melalui materi tersebut dan menanyakan kepada audiens apakah mengerti dengan materi yang diberikan secara halaman per halaman.

Pukul 20.30 WIB diskusi diselesaikan dan mendapatkan kesimpulan, yaitu kegiatan dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat oleh pemateri, namun dengan waktu yang diusulkan oleh salah satu audiens, yaitu siang hari pukul 13.00-15.00 WIB, dan media yang digunakan adalah WAG. Pertemuan selanjutnya akan dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Juli 2020 pukul 13.00-15.00 WIB dengan judul kegiatan, yaitu Sosialisasi Situs Freelance dan Manfaatnya serta sedikit pengenalan mengenai situs Fiverr.com.