Pembuatan Grup Whatssap dan Sosialisasi Umum Terkait Program Kerja dan Materi Bahasa Inggris

Hari/Tanggal   : Senin, 6 Juli 2020

Kegiatan          :

1. Pembuatan Grup Masyarakat Sasaran di Whatssap

Penjelasan   :

Hal pertama yang dilakukan adalah pembuatan grup masyarakat sasaran di Whatssap. Hal ini dilakukan oleh penulis guna memudahkan komunikasi antara penulis dan masyarakat sasaran selama pelaksanaan program kerja yang sudah penulis rancang. Sebelum membuat grup ini, penulis sudah menghubungi masyarakat sasaran secara personal terkait kegiatan yang akan dilakukan hari ini. Sesuai dengan arahan, masyarakat sasaran sudah stand by pukul 11 pagi. Pada pukul 11 pagi, penulis membuat grup masyrakat sasaran dengan mengundang setiap masyarakat sasaran ke grup yang sudah diberi nama “Grup KMbD 2020”.

2.     Sosialiasi Umum Terkait Program Kerja

Penjelasan   :

       Sosialiasi terkait gambaran umum identitas penulis dan program kerja adalah kegiatan yang dilaksanakan setelah pembuatan grup masyarakat sasaran. Hal ini dilaksanakan guna meminimalisir adanya kesalahpahaman antara penulis dan masyarakat sasaran terkait pelaksanaan program kerja yang sudah penulis rancang. Sebelum melaksanakan sosialiasi umum, guna mengakrabkan diri dengan masyrakat sasaran, penulis memperkenalkan diri kepada masyarakat sasaran. Hal ini direspon dengan tanggapan positif oleh masyarakat sasaran sehingga penulis dapat melanjutkan kegiatan selanjutnya, yakni diskusi mengenai materi yang sudah mereka pelajari di sekolah dan tingkat kesusahan masing – masing materi.

3.     Diskusi Terkait Materi Bahasa Inggris

Penjelasan   :

       Dikusi terkait materi bahasa Inggris yang sudah dipelajari oleh masyarakat sasaran merupakan kegiatan ketiga yang dilaksanakan penulis hari ini. Diskusi ini dilaksanakan dengan bertanya kepada masyarakat sasaran terkait materi yang dianggap susah oleh masyarakat sasaran. Diskusi ini dilaksanakan dengan tujuan mencari tahu materi yang dibutuhkan masyarakat sasaran untuk dipelajari kembali di program kerja yang dirancang oleh penulis. Hasil diskusi ini akan menjadi landasan penulis untuk membuat materi yang akan dibagikan besok.

       Menurut hasil diskusi, penulis menemukan fakta bahwa masyarakat sasaran masih kebingungan dalam mencerna materi Grammar, khususnya Tenses. Tenses yang dianggap susah oleh masyarakat sasaran ialah Present Perfect Tenses, Continuous Tenses, Past Tenses dan Future Tenses. Diskusi ini diakhiri dengan kesepakatan antara penulis dan masyarakat sasaran terkait materi yang akan dibagikan besok. Penulis dan masyarakat sasaran setuju bahwa untuk minggu ini, materi yang akan dipelajari adalah Simple Past Tense Vs. Past Continuous Tense. Selain itu, penulis juga tidak lupa untuk menginformasikan waktu pembagian materi besok, yakni pukul 11 pagi.

4.     Persiapan Materi yang Akan Dibagikan Kepada Masyarakat Sasaran.

Penjelasan   :

       Hasil diskusi hari ini menjadi landasan penulis dalam mempersiapkan materi yang akan dibagikan besok kepada masyarakat sasaran. Persiapan ini dilaksanakan pukul 5 sore oleh penulis. Penulis mencari sumber berupa blogspot di Internet. Setelah melakukan browsing, penulis membuat materi Simple Past Tense Vs. Past Continuous Tense berdasarkan sumber di internet dan ilmu pengetahuan penulis yang didapatkan selama berkuliah di Pendidikan Bahasa Inggris. Materi dibuat di Microsoft Word dan sudah siap dibagikan kepada masyarakat sasaran besok.

Sekian laporan untuk hari ini. Terima Kasih. 

Tentang Penulis