Pembuatan langkah kerja pembuatan Minuman Tradisional Jamu

Minuman herbal jamu dan dapat memanfaatkan jamu untuk meningkatkan imunitas tubuh dimasa pandemi ini. Pemakaian jamu dan obat tradisional lainnya yang dilakukan secara turun temurun tidak terlepas dari peran orang tua dalam melestarikan budaya. salah satu cara menjaga kesehatan yang dilakukan masyarakat adalah dengan sering mengkonsumsi ramuan jamu yang harganya relatif murah Jamu memiliki beberapa keunggulan, seperti toksisitasnya rendah dan efek samping yang ditimbulkan ringan seperti jamu kunyit asam. kunyit asam seringkali dianggap sepele oleh sebagian masyarakat. Padahal, sebenarnya manfaat atau khasiat dari minuman kunyit asem sangatlah banyak dan bagus untuk tubuh. Kunyit asam dikenal sebagai minuman kesehatan pasalnya kunyit memang kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Manfaat dari minuman kunyit asem adalah sebagai berikut: Meredakan nyeri haid, Antioksidan, Menurunkan berat badan, Mengendalikan gula darah, Anti peradangan (inflamasi), Antibakteri, Meningkatkan kekebalan tubuh, Menekan risiko komplikasi jantung, Meningkatkan fungsi otak, Mencegah risiko kanker, Dan lain sebagainya.

Berikut ini kami tampilkan resep sederhana untuk membuat jamu kunyit asam yang enak.

Bahan:

·        600 ml air

·        100 gram gula jawa

·        20 gr asam jawa

·        8 buah kunyit ukuran besar

Cara membuat jamu beras kencur:

1.     Cuci bersih kunyit yang masih segar, kemudian kupas kulitnya. Parut atau blender dengan sedikit air, kemudian peras airnya hingga benar-benar habis.

2.     Didihkan air, kemudian rebus air perasan kunyit, gula, dan asam jawa.

3.     Setelah jamu mendidih, angkat dari kompor dan tunggu sampai dingin. Saring ke dalam gelas atau botol.

Demikian cara membuat jamu kunyit asam tradisional. Sajikan kunyit asam dalam keadaaan hangat atau dingin.

Catatan:
Gula jawa bisa diganti dengan gula pasir. Tetapi rasanya bakal sedikit berbeda. Warnanya pun lebih pucat.
Jika Anda tidak menyukai kunyit asam yang terlalu manis, silakan dikurangi takaran gula yang dipakai.