Pembuatan Materi Dalam Bentuk Power Point dan Video Tutorial Membuat Media Pembelajaran Interaktif Bebasis Daring dengan Aplikasi CapCut

           Sebelum pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif dengan aplikasi capcut, dilakukan persiapan yakni: membuat materi serta video tutorial oleh mahasiswa secara mandiri di rumah, yang dilaksanakan selama 3 hari. Pada hari Jumat, 16 Juli 2021 pukul 10.00 – 13.00 wita dilakukan kegiatan pembuatan materi yang disajikan dalam bentuk powerpoint. Adapun mekanisme kegiatannya, yaitu: mencari template yang akan digunakan untuk menyajikan materi, selanjutnya memikirkan pokok bahasan dan mencari beberapa referensi yang mendukung materi pembuatan media pembelajaran interaktif dengan capcut dari internet dan terakhir menyusun serta menyajikannya dalam bentuk powerpoint. Materi yang disajikan membahas tentang pengertian, kelebihan serta tahapan secara garis besar mengenai cara membuat media pembelajaran interaktif dengan capcut. Pembuatan materi ini bertujuan untuk memberikan gambaran awal kepada masyarakat sasaran mengenai aplikasi capcut. Materi yang disajikan dalam powerpoint ini, akan memudahkan mahasiswa ketika menyampaikan informasi kepada masyarakat sasaran (guru), karena telah berisi point-point penting sehingga informasi tersebut dapat tersusun dengan rapi dari pembuka, inti dan penutup. 

              Selanjutnya pembuatan video tutorial mengenai mengenai langkah – langkah pembuatan media pembelajaran dengan capcut, dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 pukul 16.00 – 20.00 wita. Video tutorial ini berfungsi untuk memperjelas penyajian materi yang didalamnya memuat praktik atau langkah – langkah kerja yang harus dilakukan oleh masyarakat sasaran (guru). Adapun mekanisme pembuatan video tutorial ini, yaitu: mencari dan menentukan materi pelajaran yang terdapat di sekolah dasar kelas rendah yang akan digunakan sebagai contoh dalam video tutorial, lalu menyiapkan gambar, video, ataupun audio yang mendukung materi yang dipilih, selanjutnya melakukan rekaman layar (record) mengenai langkah – langkah kerja pembuatan media pembelajaran interaktif dan terakhir mengedit hasil rekam layar tersebut agar menjadi video yang utuh dan sistematis. Pada hari Senin, 19 Juli 2021 pukul 10.00 – 12.00 wita, kegiatan yang dilakukan yaitu: melanjutkan mengedit hasil rekam layar (record), seperti memberi audio (suara), kemudian mengeceknya kembali, lalu disimpan. Media pembelajaran interaktif yang dihasilkan dari tutorial yang telah dilakukan juga diedit serta dicek kembali oleh mahasiswa sebelum disimpan.


Berikut adalah link mengenai materi pelatihan media pembelajaran interaktif berbasis daring dengan aplikasi CapCut :

https://docs.google.com/file/d/11iX0QrTp6y3N_EiGjHfxK0XeISqU1uQD/edit?usp=docslist_api&filetype=mspresentation


Berikut adalah link mengenai video tutorial pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis daring dengan aplikasi CapCut :

https://drive.google.com/file/d/1fAkfFc4jNzp12NjeMGvpi7Ob9tX8ByIN/view?usp=drivesdk


Berikut adalah link mengenai Hasil video editan dari tutorial pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis daring dengan aplikasi CapCut :

https://drive.google.com/file/d/1emllJxoNoZn55ZJWD3JA8k2Zm_0WRlws/view?usp=drivesdk 

Tentang Penulis