Pembuatan Materi Digital Marketing dan MengShare kepada Masyarakat Sasaran, Melakukan Diskusi Serta Melakukan kegiatan Pemasaran.
- Oleh Ni Wayan Wulan Tari
- Thursday 29/07/2021
- Kelompok 226, Kelompok, Kelompok
Pada
hari Sabtu, 24 Juli 2021 merupakan hari pelaksanaan KKNbD yaitu membuat materi
mengenai digital marketing yang berisikan tentang pengertian , jenis- jenis digital marketing,
Manfaat digital marketing serta membuat suatu analisis ekonomi terkait
dari produk yang dihasilkan. Untuk memasarkan produk Minyak Kelapa Murni atau Minyak
Kelapa Tandusan Zafar. Masyarakat sasaran dan Pelaksana KKNbD menyepakati
memakai Platform sosial media sebagai media pemasarannya, dengan
berbagai pertimbangan. Salah satu pertimbangan yang dimaksud yaitu banyaknya
pengguna sosial media sehingga segala informasi sangat mudah tersebar dan
diketahui oleh masyarakat luas, oleh karena itu, penggunaan sosial media
menjadi salah satu platform digital yang memiliki peluang besar dalam
memasarkan produk. Sosial media yang
digunakan dalam memasarkan produk yang dihasilkan yaitu Instagram, Facebook
dan WhatsApp. Pada sosial media Instagram dan facebook,
produk Minyak Kelapa Murni atau Minyak Kelapa Tandusan Zafar ini memiliki akun
tersendiri yang dibuat oleh pelaksana KKNbD atas permintaan dari Masyarakat
sasaran dengan syarat alamat email dan password diberikan kepada
masyarakat sasaran agar masyarakat bisa memantau sosial media dari produk yang
dipasarkan. Untuk pemasaran pada akun WhatsApp, pemasaran dilakukan
dengan membuat story terkait produk yang dipasarkan pada masing-masing
akun WhatsApp masyarakat sasaran.
Berikut
merupakan alamat link google drive dari
materi digital marketing dalam bentuk power point. : https://docs.google.com/presentation/d/1i5oVKev8Atv5jsNHQsHlKo7QB_OvFqI3/edit?usp=sharing&ouid=111156370670166989958&rtpof=true&sd=true
Berikut
merupakan alamat link google drive dari video presentasi materi digital
marketing.
https://drive.google.com/file/d/1pZ9p_R3td34kvInXT-sSMow2YKEq8BDd/view?usp=sharing
Pada
hari Minggu, 25 Juli 2021, pelaksana KKNbD yaitu mengshare materi digital
marketing yang telah dibuat kepada masyarakat sasaran melalui group WhatsApp.
Pada diskusi ini hal yang dibahas yaitu mengenai tentang nama dari akun sosial
media yang digunakan yaitu Facebook dan Instagram. pada diskusi ini menyepakati bahwa nama akun
sosial media pada Facebook yaitu @minyakzafar dan pada Instagram
yaitu @minyak_zafar. Nama akun sosial media ini diusulkan oleh Kak Deni selaku
masyarakat sasaran. Berikut merupakan hasil dari diskusi yang dilakukan dari
awal pelaksanaan akan melakukan pemasaran hingga produk telah dipasarkan dalam
bentuk link google drive. https://docs.google.com/document/d/1n0TZSKXMWOHSDh1yxy79evr4mrV9ZiVE/edit?usp=sharing&ouid=111156370670166989958&rtpof=true&sd=true
.
Pada
hari Senin, 26 Juli 2021, pelaksana KKNbD membuat akun media sosial yaitu Facebook
dan Instagram sesuai yang telah dijelaskan di atas serta memposting
produk dari Minyak Kelapa Murni atau Minyak Kelapa Tandusan Zafar. Berikut merupakan alamat link dari akun Instagramnya
https://www.instagram.com/minyak_zafar/?r=nametag
dan untuk alamat link akun facebooknya yaitu https://www.facebook.com/profile.php?id=100070785458737
Pada
hari Senin, 26 Juli 2021. Pada hari ini
juga, sebelum melakukan pemasaran, tentu
pelaksana dan masyarakat sasaran menentukan harga jual dan laba yang diperoleh.
Oleh sebab itu, pelaksana KKNbD membuat suatu analisis ekonomi. Analisis
ekonomi yang dibuat yaitu mengenai harga jual Minyak Kelapa Murni atau Minyak
Kelapa Tandusan, menentukan laba produk dan analisis kelayakan usaha. Dari perhitungan ini pelaksana dan masyarakat
mengetahui berapa harga jual produk yang sesuai. Seperti dari hasil diskusi
saat pelaksanaan pembuatan Minyak Kelapa Murni, bahwa masyarakat ingin
mendapatkan laba sebesar 25%, sehingga pelaksana KKNbD membuat suatu analisis
ekonomi dengan menentukan harga jualnya. Harga jual dari minyak kelapa murni atau
minyak kelapa tandusan ini yaitu Rp26.000. Berikut analisis ekonomi yang dibuat
oleh pelaksana KKNbD Undiksha 2021 di Banjar Padpadan dalam bentuk link google
drive. https://docs.google.com/document/d/1oB7ZyfDLOuSyJwmZNsNuxasun_5fHh7H/edit?usp=sharing&ouid=111156370670166989958&rtpof=true&sd=true
Setelah
melakukan analisis ekonomi dan memasarkan produk, hari berikutnya yaitu pada
hari Selasa 27 Juli 2021, pelaksana KKNbD
dan masyarakat sasaran memantau perkembangan dari kegiatan pemasaran yang telah
dilakukan. Pada pemantauan ini pada akun Instagram terdapat satu orang
pelanggan yang memesan satu botol minyak kelapa murni dan pada akun facebook terdapat
satu orang yang memesan satu botol minyak kelapa murni atau minyak kelapa
tandusan ini.
Berikut
merupakan beberapa dokumentasi dari kegiatan program kerja ini dalam bentuk
link google drive: https://drive.google.com/drive/folders/1o_4RL_8Y-3ov69dpAAespXnSBtIUrZLR?usp=sharing