Pembuatan Materi Digital Marketing dan MengShare kepada Masyarakat Sasaran, Melakukan Diskusi Serta Melakukan kegiatan Pemasaran.

Pada hari Sabtu, 24 Juli 2021 merupakan hari pelaksanaan KKNbD yaitu membuat materi mengenai digital marketing yang berisikan tentang  pengertian , jenis- jenis digital marketing, Manfaat digital marketing serta membuat suatu analisis ekonomi terkait dari produk yang dihasilkan. Untuk memasarkan produk Minyak Kelapa Murni atau Minyak Kelapa Tandusan Zafar. Masyarakat sasaran dan Pelaksana KKNbD menyepakati memakai Platform sosial media sebagai media pemasarannya, dengan berbagai pertimbangan. Salah satu pertimbangan yang dimaksud yaitu banyaknya pengguna sosial media sehingga segala informasi sangat mudah tersebar dan diketahui oleh masyarakat luas, oleh karena itu, penggunaan sosial media menjadi salah satu platform digital yang memiliki peluang besar dalam memasarkan produk.  Sosial media yang digunakan dalam memasarkan produk yang dihasilkan yaitu Instagram, Facebook dan WhatsApp. Pada sosial media Instagram dan facebook, produk Minyak Kelapa Murni atau Minyak Kelapa Tandusan Zafar ini memiliki akun tersendiri yang dibuat oleh pelaksana KKNbD atas permintaan dari Masyarakat sasaran dengan syarat alamat email dan password diberikan kepada masyarakat sasaran agar masyarakat bisa memantau sosial media dari produk yang dipasarkan. Untuk pemasaran pada akun WhatsApp, pemasaran dilakukan dengan membuat story terkait produk yang dipasarkan pada masing-masing akun WhatsApp masyarakat sasaran.

Berikut merupakan alamat link  google drive dari materi digital marketing dalam bentuk power point. : https://docs.google.com/presentation/d/1i5oVKev8Atv5jsNHQsHlKo7QB_OvFqI3/edit?usp=sharing&ouid=111156370670166989958&rtpof=true&sd=true

Berikut merupakan alamat link google drive dari video presentasi materi digital marketing.

https://drive.google.com/file/d/1pZ9p_R3td34kvInXT-sSMow2YKEq8BDd/view?usp=sharing 

Pada hari Minggu, 25 Juli 2021, pelaksana KKNbD yaitu mengshare materi digital marketing yang telah dibuat kepada masyarakat sasaran melalui group WhatsApp. Pada diskusi ini hal yang dibahas yaitu mengenai tentang nama dari akun sosial media yang digunakan yaitu Facebook dan Instagram.  pada diskusi ini menyepakati bahwa nama akun sosial media pada Facebook yaitu @minyakzafar dan pada Instagram yaitu @minyak_zafar. Nama akun sosial media ini diusulkan oleh Kak Deni selaku masyarakat sasaran. Berikut merupakan hasil dari diskusi yang dilakukan dari awal pelaksanaan akan melakukan pemasaran hingga produk telah dipasarkan dalam bentuk link google drive. https://docs.google.com/document/d/1n0TZSKXMWOHSDh1yxy79evr4mrV9ZiVE/edit?usp=sharing&ouid=111156370670166989958&rtpof=true&sd=true .

Pada hari Senin, 26 Juli 2021, pelaksana KKNbD membuat akun media sosial yaitu Facebook dan Instagram sesuai yang telah dijelaskan di atas serta memposting produk dari Minyak Kelapa Murni atau Minyak Kelapa Tandusan Zafar.  Berikut merupakan alamat link dari akun Instagramnya https://www.instagram.com/minyak_zafar/?r=nametag dan untuk alamat link akun facebooknya yaitu https://www.facebook.com/profile.php?id=100070785458737

            Pada hari Senin, 26 Juli 2021.  Pada hari ini juga,  sebelum melakukan pemasaran, tentu pelaksana dan masyarakat sasaran menentukan harga jual dan laba yang diperoleh. Oleh sebab itu, pelaksana KKNbD membuat suatu analisis ekonomi. Analisis ekonomi yang dibuat yaitu mengenai harga jual Minyak Kelapa Murni atau Minyak Kelapa Tandusan, menentukan laba produk dan analisis kelayakan usaha.  Dari perhitungan ini pelaksana dan masyarakat mengetahui berapa harga jual produk yang sesuai. Seperti dari hasil diskusi saat pelaksanaan pembuatan Minyak Kelapa Murni, bahwa masyarakat ingin mendapatkan laba sebesar 25%, sehingga pelaksana KKNbD membuat suatu analisis ekonomi dengan menentukan harga jualnya.  Harga jual dari minyak kelapa murni atau minyak kelapa tandusan ini yaitu Rp26.000. Berikut analisis ekonomi yang dibuat oleh pelaksana KKNbD Undiksha 2021 di Banjar Padpadan dalam bentuk link google drive. https://docs.google.com/document/d/1oB7ZyfDLOuSyJwmZNsNuxasun_5fHh7H/edit?usp=sharing&ouid=111156370670166989958&rtpof=true&sd=true

Setelah melakukan analisis ekonomi dan memasarkan produk, hari berikutnya yaitu pada hari  Selasa 27 Juli 2021, pelaksana KKNbD dan masyarakat sasaran memantau perkembangan dari kegiatan pemasaran yang telah dilakukan. Pada pemantauan ini pada akun Instagram terdapat satu orang pelanggan yang memesan satu botol minyak kelapa murni dan pada akun facebook terdapat satu orang yang memesan satu botol minyak kelapa murni atau minyak kelapa tandusan ini.

Berikut merupakan beberapa dokumentasi dari kegiatan program kerja ini dalam bentuk link google drive: https://drive.google.com/drive/folders/1o_4RL_8Y-3ov69dpAAespXnSBtIUrZLR?usp=sharing

 

 

 


Tentang Penulis