Pembuatan Materi Product Branding, Digital Marketing, dan Manajemen Keuangan bagi Masyarakat Sasaran KKNbD.
- Oleh Ni Luh Gede Yastini
- Sunday 11/07/2021
- Kelompok 69, Kelompok, Kelompok
Pada senin, 5 Juli 2021 s/d Jumat, 9 Juli 2021 dilaksanakan persiapan materi sosialisasi bagi masyarakat sasaran KKNbD Undiksha tahun 2021 dengan pembuatan Power Point, yang nantinya dibuatkan video presentasi. Adapun materi yang dipersiapkan meliputi:
1. Product Branding
Pada topik ini, diawali dengan pembahasan alur dalam melaksanakan wirausaha, yang mana dalam empat proses tersebut di dalam pelaksanaan KKNbD ini akan difokuskan pada bagaimana cara mempertahankan dan mengembangkan usaha masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Dilanjutkan dengan pemaparan secara umum mengenai pengertian branding, jenis branding, pengertian product branding, memaparkan pentingnya branding, tujuan branding, serta bagaimana cara membangun brand yang kuat, positif dan melekat di hati masyarakat.
2. Digital Marketing
Topik ini memaparkan mengenai bagaimana melakukan kegiatan usaha dengan memanfaatkan media digital ataupun media elektronik, salah satunya adalah media sosial. Pemaparan materi diawali dengan penjelasan digital marketing, penjelasan mengenai pentingnya penggunaan digital marketing, contoh social media marketing, komponen penting di dalam social media marketing, dan diakhiri dengan pemaparan terkait strategi pemasaran melalui media sosial.
3. Manajemen Keuangan
Dalam topik ini difokuskan terhadap bagaimana melakukan manajemen keuangan yang efektif bagi bisnis kecil. Dimana dalam pemaparan materi ini dibahas mengenai pentingnya manajemen keuangan, tips sederhana manajemen keuangan, serta penjelasan terkait dengan aplikasi Buku Warung. Buku warung merupakan salah satu software aplikasi yang dapat digunakan dalam melaukan pencatatan keuangan dengan sederhana dan lengkap. Adapun alasan mengapa aplikasi yang digunakan daalam kegiatan ini, mengingat bahwa dari beberapa aplikasi yang ada Buku Warung memiliki kelebihan pada tampilannya yang user friendly, selain itu aplikasi buku warung memiliki banyak fitur yang dapat dengan mudah digunakan bagi masyarakat.
Materi yang dipaparkan tentunya diperoleh dari sumber-sumber yang jelas dan relevan, sumber referensi telah dicantumkan pada power point yang dibuat. Pemilihan materi juga disesuaikan dengan hasil observasi yang telah dilaksanakan sebelumnya, yaitu terkait dengan bagaimana membangun citra produk yang kuat di hati masyarakat, bagaimana melakukan promosi secara digital, dan bagaimaa cara mengatur keuangan usaha, sehingga usaha masyarakat sasaran dapat berkembang di tengah pandemi Covid-19.
Berikut merupakan link google drive terkait dengan Power Point yang digunakan sebagai rujukan dalam pembuatan video presentasi.
1. Product Branding:
https://drive.google.com/file/d/1l3gwqUk6ZoB8sRf3N0FT9mvVxtAuyXrz/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1jTbwY5MasTGFutZqzj5A7-ePCsIvqAqc/view?usp=sharing
3. Manajemen Keuangan:
https://drive.google.com/file/d/1Oa6jGxOMsnjNXUJr3zI7bqEP0JJ5DzZ3/view?usp=sharing
Berikut merupakan link pengunggahan video pada Youtube yang diberikan kepada masyarakat sasaran.
1. Product Branding: https://www.youtube.com/watch?v=QXqxuoiae5I
2. Digital Marketing: https://www.youtube.com/watch?v=RuHJbGnMyjc&t=8s
3. Manajemen Keuangan: https://www.youtube.com/watch?v=So6szz4lOcw&t=12s
Sekian dan Terima Kasih, Semoga Bermanfaat